Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Akibat pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai, pemerintah menetapkan belajar di rumah diperpanjang sampai akhir tahun. Padahal kamu pasti sudah bosen banget belajar dari rumah. Sebagian dari kamu tentu pernah mencari cara menghilangan rasa bosan belajar di rumah kan?

Kamu pasti sudah kangen situasi belajar di kelas, tapi belum tahu kamu harus belajar dari rumah sampai kapan karena kondisi pandemi di negara kita masih belum usai.

Tips Belajar di Rumah Yang Menyenangkan

Tapi tenang, kamu jangan putus asa dulu. Mipi punya tips alias cara menghilangkan rasa bosan belajar dari rumah. Apa aja tipsnya? Yuk, kita bahas satu-persatu!

Banyak cara menghilangkan rasa bosan belajar di rumah yang bisa kamu lakukan.

Buat Kelompok Belajar Kecil

Salah satu penyebab rasa bosan belajar di rumah adalah karena kamu tidak bisa ketemu dengan teman-teman kamu. Nah, untuk mengatasi rasa bosan ini, ada baiknya kamu membuat kelompok belajar kecil bersama teman-temanmu.

Selain bisa saling bantu, kelompok belajar ini juga bisa membangkitkan mood dan motivasi belajar kamu lho. Interaksi bersama teman-teman kamu juga bisa menjaga kesehatan mental kamu lebih sehat dan bisa mengurangi rasa terisolasi selama belajar dari rumah pada masa pandemi ini. 

Ganti Suasana Belajar 

Belajar dari rumah memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah kamu bisa mengganti suasana belajar kamu di rumah, yang bisa membantu mengatasi rasa bosan kamu.

Misalnya kalau selama ini kamu belajar di kamar kamu atau di ruang keluarga, kamu bisa pindah belajar di teras atau halaman belakang rumah kamu. Suasana halaman depan atau belakang yang terbuka bisa membuat kamu menghirup udara yang lebih segar dan meningkatkan mood belajar kamu.

Tumbuhan hijau yang ada di halaman depan atau belakang rumah kamu juga bisa memanjakan mata kamu saat mata kamu lelah melihat layar laptop atau telepon genggam kamu.

Pahami dan  Promo Paket Belajar Online Pahamify, Diskon Hingga 75%

Kalau kamu tipe yang bisa tetap fokus belajar sambil mendengarkan musik, kamu juga bisa menyetel musik yang membuat suasana belajar kamu jadi makin asyik.

Lakukan Aktivitas Olahraga Ringan

Salah satu dampak belajar dari rumah adalah kamu jadi jarang bergerak. Kalau biasanya kamu perlu jalan kaki untuk sampai ke sekolah dan di sekolah juga kamu mesti berjalan ke kantin saat jam istirahat, kegiatan jalan kaki ini jadi jarang kamu lakukan selama belajar dari rumah.

Padahal dengan melakukan gerakan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berjalan santai bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh kamu dan membantu meningkatkan mood kamu. 

Makanya, saat kamu sudah merasa jenuh belajar, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti jalan santai di rumah, workout ringan, atau yoga. Dengan melakukan aktivitas olahraga, otak kamu akan melepaskan dopamin, serotonin, endorfin, dan adrenalin yang bisa membuat kamu bahagia.

Jadi, selain meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan saat kamu merasa jenuh belajar, kamu juga harus bisa meluangkan waktu untuk melakukan olahraga rutin selama belajar dari rumah minimal sehari dalam seminggu, ya, Pahamifren.

Kamu bisa melakukan aktivitas olahraga ini sambil berjemur di pagi hari biar kesehatan kamu terjaga dan imun kamu tetap kuat selama masa pandemi ini. 

Luangkan Waktu untuk Hobi Kamu

Melakukan hobi yang kamu sukai merupakan salah satu cara agar tidak bosan belajar dari rumah. Oleh karena itu, kamu harus bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu sukai.

Berkreasi membuat karya seni, membaca novel, menonton film yang belum sempat kamu tonton, mencoba resep masakan baru, atau berkebun pasti bisa membuat kamu lebih rileks dan bahagia.

Pahami dan  Tips Lulus SBMPTN: Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk UTBK 2021

Kalau kamu masih merasa bosan belajar setelah melakukan hobi kamu, kamu bisa mencoba kegiatan baru yang bisa menjadi hobi baru kamu. Misalnya, kalau sebelum pandemi kamu merasa kegiatan berkebun adalah kegiatan yang tidak menarik, kamu bisa mencoba melakukannya dan siapa tahu kamu bisa jadi mulai menemukan asyiknya berkebun dan mengenal berbagai tanaman hias, tanaman herbal, atau tanaman buah.

Ini bisa menjadi salah satu manfaat belajar dari rumah, Pahamifren. Tapi ingat, jangan sampai kegiatan hobi kamu malah membuat kamu lupa waktu dan malas belajar ya.

Temukan cara meghilangkan rasa bosan belajar di rumah hanya di Pahamify. Aplikasi belajar online terbaik yang bikin belajar jadi seru.

Gunakan Aplikasi Belajar Online yang Menyenangkan dan Mudah Dipahami

Belajar dengan aplikasi belajar online yang menyenangkan, punya banyak fitur pembelajaran yang mudah dipahami, dan punya berbagai tips belajar efektif pasti bisa membuat proses belajar kamu jadi tidak membosankan.

Untuk urusan yang satu ini, tantu saja, kamu bisa mengandalkan aplikasi belajar Pahamify. Apalagi aplikasi Pahamify memiliki berbagai fitur bermanfaat buat kamu, seperti fitur Belajar, fitur materi UTBK, fitur Try Out, fitur Persiapan Kuliah, fitur Konseling, fitur Tips & Motivasi, fitur Ekstrakurikuler, dan fitur Minat & Bakat. 

Kalau kamu pilih fitur Belajar, kamu bisa menemukan materi pelajaran yang mau kamu dalami. Setiap materi pelajaran di aplikasi Pahamify juga udah disusun sedemikian rupa agar kamu dapat memahami materi pelajaran dengan mudah.

Selain itu, materi pelajaran yang mau kamu dalami tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti video pembelajaran, quiz, rangkuman, dan flash card yang bikin proses belajar kamu makin seru dan mengasyikkan. Jadi dijamin kamu tidak bakalan bosen, deh, belajar dengan menggunakan aplikasi Pahamify!

Nah, itu dia tips dari Mipi supaya kamu tidak bosen belajar dari rumah, Pahamifren. Jangan lupa, kamu juga bisa menggunakan paket promo Pahamify. Mumpung ada diskon sampai 75% sampai akhir bulan Oktober 2020 lho. Yuk cek paket promo Pahamify di sini.

Pahami dan  Belajar Online Nggak Pake Mahal, Diskon 75% Untuk Semua Paket Pahamify

Penulis: Salman Hakim Darwadi 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog