Pahamifren, sebagian dari kamu tentu pernah mengalami kesulitan untuk konsentrasi kan? Sudah mencoba berkali-kali tapi masih gagal paham? Jangan risau, masalah ini juga sering dialami oleh sebagian besar pelajar kok. Sebenarnya, ada banyak cara meningkatkan konsentrasi belajar yang bisa kamu coba. Apa saja itu? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Sebelum membahas lebih luas tentang cara meningkatkan konsentrasi belajar, ada baiknya jika kamu mengetahui konsep dasar konsentrasi itu sendiri. Apa sih yang dimaksud konsentrasi? 

Secara umum, konsentrasi atau fokus adalah suatu kemampuan untuk memusatkan perhatian dan pikiran pada satu objek ataupun suatu kegiatan tertentu untuk waktu yang tertentu. Jika dilakukan secara benar, konsentrasi dapat menjadi modal utama, agar kamu lebih mudah mengikuti semua materi pelajaran.

Sudah belajar serius tapi masih gagal paham? Bisa jadi kamu kurang konsentrasi? Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar yang benar?

Konsentrasi belajar juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan prestasi. Namun beberapa orang kerap mengalami kesulitan konsentrasi saat belajar, mereka biasanya merasa sulit untuk memusatkan pikiran dan perhatianya selama belajar. Walhasil, kondisi ini kerap berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi atau pelajaran yang diberikan oleh guru. 

Penyebab Konsentrasi Belajar Menurun

Pahamifren, sebenarnya, apa sih yang menyebabkan konsentrasi belajar menurun? Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar yang mudah dan efektif? 

Nah, berikut ini merupakan beberapa penyebab yang membuat kamu sulit konsentrasi saat belajar, antara lain:

  • Terlalu banyak tugas yang diberikan oleh guru sehingga menyita waktu dan membuat kamu akhirnya mengalami kelelahan. 
  • Pengaruh adanya penggunaan gadget yang berlebihan.
  • Suasana belajar yang tidak kondusif, baik dirumah maupun di sekolah yang membuat kamu tidak merasa nyaman dalam belajar.
  • Pola tidur yang kurang berkualitas.
  • Kurangnya minat terhadap mata pelajaran tertentu.
  • Adanya paksaan atau tekanan dari lingkungan sekitar.
  • Rendahnya motivasi dari diri sendiri dalam menentukan target hasil belajar.
  • Pola makan yang kurang sehat dapat menyebabkan terhambatnya proses metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi kerja otak kurang optimal. 
Pahami dan  Hobi Main Game? Ini 7 Strategi Belajar yang Bisa Kamu Dapat dari Mobile Legends

Itulah beberapa penyebab yang mempengaruhi terganggunya konsentrasi saat belajar. Hal-hal di atas bisa membuat kamu memiliki mindset kalau belajar itu suatu kegiatan yang kurang menyenangkan dan bahkan merupakan beban buat kamu.

Tentunya hal tersebut harus segera diatasi agar mindset kamu berubah menjadi lebih baik mengenai proses belajar. Nah, berikut ada beberapa cara mudah dan efektif untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi kamu saat belajar.

Hindari Gangguan Selama Belajar 

Banyak sekali gangguan di sekitar kamu yang berpotensi mengalihkan perhatian kamu saat belajar. Misalnya, gangguan dari smartphone kamu yang berdering, bunyi pemberitahuan dari media sosial, tontonan Youtube yang lebih seru, serta hal-hal lainnya.

Nah, usahakan untuk menjauhkan diri dari faktor-faktor gangguan seperti itu, Pahamifren! Dengan demikian, kamu bisa berkonsentrasi penuh terhadap materi yang sedang kamu pelajari sehingga kamu materi pelajaran pun bisa kamu pahami secara maksimal.

Lakukan Persiapan Sebelum Belajar 

Melakukan persiapan sebelum belajar, menjadi satu di antara cara meningkatkan konsentrasi belajar yang efektif.

Mempersiapkan beberapa hal saat akan mulai belajar dapat membantu melancarkan proses belajar kamu, misalnya mempersiapkan fasilitas penunjang belajar berupa alat tulis atau media penunjang belajar lainya.

Kamu juga bisa mempersiapkan makanan dan minuman ringan sebagai pendamping saat kamu belajar sehingga kamu tidak perlu khawatir jika merasa kehausan atau kelaparan. Dengan begitu, kamu bisa konsentrasi penuh dalam belajar.

Membuat Jadwal Belajar Yang Konsisten

Buatlah jadwal belajar lalu terapkan secara konsisten. Dengan demikian, kamu akan terbiasa belajar pada waktu yang telah ditentukan. Namun, pastikan jadwal belajar tersebut sesuai dengan waktu kamu.

Usahakan waktu tersebut selaras dengan situasi mood kamu yang sedang bagus. Sebab, mood yang bagus dapat menumbuhkan semangat dan konsentrasi belajar yang tinggi.

Mengerjakan Pelajaran Yang Disukai Terlebih Dahulu 

Kamu bisa mengutamakan pelajaran yang kamu sukai saat belajar. Dengan begitu, kamu akan lebih semangat dalam mempelajarinya. Dengan semangat belajar yang tinggi, otomatis konsentrasi kamu akan bekerja lebih optimal sehingga dapat menangkap dan memahami pelajaran dengan mudah.

Pahami dan  Belajar Lebih Fokus Dengan Teknik Belajar Pomodoro

Jika perlu, berikanlah motivasi kepada diri sendiri untuk mencapai target belajar yang maksimal pada pelajaran yang kamu sukai agar mendapatkan prestasi yang lebih tinggi lagi.

Motivasi seperti itu bisa membuat semangat dan konsentrasi kamu  meningkatkan, karena kamu memiliki target dan tujuan yang jelas dari proses belajar yang kamu lakukan.

Memilih Metode Belajar Yang Tepat 

Setiap orang memiliki cara dan kebiasaan belajar yang berbeda. Tentukanlah metode belajar yang tepat untuk membantu kamu memberikan semangat dalam belajar.

Dengan metode belajar yang tepat maka kamu bisa mendapat konsentrasi yang penuh saat belajar sehingga kamu bisa menangkap dan memahami materi pelajaran yang sedang kamu hadapi dengan baik.

Istirahat Yang Cukup Dan Berkualitas 

Istirahat yang cukup sangat memengaruhi konsentrasi kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas belajar. Usahakan tidur yang cukup pada malam hari kurang lebih 8 jam waktu tidur.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, kamu akan lebih siap melakukan aktivitas apapun pada keesokan harinya. Kamu pun akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Membiasakan diri dengan mengatur pola makan yang sehat adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga otak kamu. Usahakan selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecerdasan otak. 

Saat tubuh kamu sehat, maka otak kamu pun lebih cerdas, sehingga konsentrasi belajar pun secara tidak langsung akan meningkat. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi seperti vitamin E, vitamin B, omega-3. Kandungan nutrisi tersebut baik untuk memperbaiki fungsi otak, terutama menambah daya ingat dan konsentrasi.

Olahraga Secara Teratur 

Cara menjaga konsentrasi selanjutnya adalah dengan olahraga secara teratur. Olahraga dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah dan metabolisme dalam tubuh sehingga membuat tubuh selalu dalam keadaan prima dan bugar.

Pahami dan  Tips Lulus SBMPTN: Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk UTBK 2021

Kondisi tubuh yang prima, berpengaruh pada fungsi otak yang lebih optimal, sehingga membantu untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Maka dari itu, melakukan olahraga rutin menjadi satu di antara cara meningkatkan konsentrasi belajar yang terbukti ampuh.

Bermain Game Untuk Meningkatkan Konsentrasi 

Dalam proses pembelajaran, kamu tidak harus berpatokan hanya pada satu metode belajar saja ya, Pahamifren. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat kamu bosan dan jenuh saat belajar.

Kini, kamu bisa mencari metode belajar yang dikombinasikan dengan permainan atau game layaknya game online yang biasa kamu mainkan, lho! 

Di antara Pahamifren, ada yang sudah pernah mendengar konsep gamifikasi dalam materi belajar? Metode pembelajaran ini menggunakan video atau animasi seperti game yang dipadupadankan dengan materi pembelajaran di sekolah.

Metode ini menggunakan konsep bermain digabungkan dengan sistem pembelajaran yang menyediakan animasi-animasi seru, audio, dan video yang menghibur. 

Metode gamifikasi ini, dirancang agar kamu merasakan sensasi bermain game saat sedang belajar. Jadi, kamu tidak akan bosan dan justru merasa ketagihan untuk belajar. Buat yang penasaran dengan metode gamifikasi, kamu bisa membaca artikel ini.

Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan konsentrasi belajar mudah yang bisa kamu praktikkan. Semoga dapat memotivasi kamu untuk lebih semangat belajar, ya, Pahamifren.

Buat kamu yang ingin meningkatkan nilai atau yang lagi ngambis ke PTN favorit, kamu bisa melatih kemampuanmu lewat aplikasi belajar online Pahamify.

Ada ratusan video pembelajaran seru yang lengkap dengan latihan soal dan pembahasan. Kamu juga bisa mencoba fitur try out online gratis dari Pahamify lho. Tunggu apalagi, download Pahamify sekarang!

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version