Pahamifren, adakah di antara kamu yang mengincar jurusan Soshum di SBMPTN 2021? Kalau ada, tentu kamu sudah mempersiapkan rencana khusus buat menghadapi UTBK SBMPTN tahun ini kan? Selain mempelajari materi dan memperbanyak latihan soal, kamu juga butuh tips mengerjakan soal SBMPTN Soshum agar nilai yang kamu peroleh semakin baik.

Khusus buat kamu, para pejuang PTN, Mipi sudah menyiapkan beberapa tips mengerjakan soal SBMPTN Soshum yang dijamin ampuh. Mudah-mudahan, lewat tips-tips ini, kamu bisa mendapatkan nilai UTBK bagus dan berpeluang lolos SBMPTN 2021. Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Soshum

Latihan Soal UTBK Ekonomi dan tips mengerjakan soal SBMPTN soshum

Mengerjakan soal UTBK SBMPTN 2021 tidak boleh dilakukan asal-asalan, lho! Setiap jawaban dari soal tersebut akan menentukan seberapa besar peluang kamu lolos SBMPTN dan diterima di jurusan impian. Maka dari itu, kamu perlu menemukan tips-tips berguna agar bisa mengerjakan soal UTBK tersebut secara baik dan benar.

Dalam mengerjakan soal UTBK SBMPTN Soshum, ada tiga tips utama yang perlu kamu perhatikan. Tips pertama, pastikan kamu memahami materi UTBK Soshum. Kedua, mengetahui model soalnya. Ketiga, menemukan strategi menjawab pertanyaan sesuai model soal UTBK Soshum. Biar kamu semakin paham, mari kita bahas tips-tipsnya satu per satu.

Pahami Materi UTBK 2021 

Agar kamu bisa mengerjakan semua soal Soshum, kamu perlu memahami materi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Soshum yang sering diujikan. Pada UTBK SBMPTN 2021, materi TKA Soshum terdiri dari empat mata pelajaran.

Mata pelajaran yang diujikan antara lain Geografi, Ekonomi, Sejarah, dan Sosiologi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tidak ada materi Matematika di TKA Soshum 2021. Adapun cakupan materi dalam tiap mata pelajaran adalah sebagai berikut:

Materi Geografi

Latihan soal UTBK lebih mudah lewat tips mengerjakan soal SBMPTN soshum ini.

Cakupan materi dalam pelajaran Geografi yang sering muncul di UTBK SBMPTN adalah materi Hidrosfer, Litosfer, Atmosfer, Interaksi Desa-Kota, Pengelolaan Sumber Daya Alam, dan Penginderaan Jauh. Beberapa materi Geografi lainnya, seperti Antroposfer, Biosfer, Konsep Wilayah dan Tata Ruang, serta Mitigasi Bencana Alam juga beberapa kali muncul dalam tes SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Materi Ekonomi

Materi Ekonomi yang hampir selalu muncul dalam tes UTBK SBMPTN meliputi Permintaan dan Penawaran, Ilmu Ekonomi, Badan Usaha dan Ketenagakerjaan, serta Siklus Akuntansi. Materi Bentuk dan Jenis Pasar, Kebijakan Moneter, Uang, Bank, dan Inflasi juga berpotensi diujikan dalam UTBK 2021 mendatang.

Materi Sejarah

Cakupan materi pelajaran Sejarah yang biasanya diujikan dalam tes UTBK, antara lain Orde Baru dan Reformasi, Politik Etis dan Pergerakan Nasional, Kerajaan Hindu-Buddha, Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Demokrasi Terpimpin dan Liberal, serta Sejarah Dunia.

Materi Sosiologi

Materi Sosiologi yang sering muncul saat ujian SBMPTN, antara lain Kelompok Sosial dan Masyarakat Multikultural, Konflik dan Integrasi Sosial, Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial, serta Diferensiasi dan Stratifikasi Sosial.

Di samping itu, ada juga beberapa materi yang beberapa kali diujikan, seperti Interaksi Sosial, Hakikat Perubahan Sosial, Modernisasi dan Globalisasi, Mobilitas Sosial, Sosialisasi dan Kepribadian, serta Hakikat Ilmu Sosiologi.

Cakupan materi di atas merupakan materi yang hampir selalu muncul maupun beberapa kali muncul di tes UTBK. Pastikan kamu mempelajari semua materi tersebut agar penguasaan materi UTBK kamu semakin optimal.

Ketahui Model Soal UTBK Soshum

Ketahui tips mengerjakan soal SBMPTN soshum, agar lancar saat ujian UTBK 2021.

Tips mengerjakan soal SBMPTN Soshum berikutnya yaitu mengetahui model soal UTBK. Mengetahui model soal UTBK Soshum sedini mungkin dapat membantu kamu menentukan strategi dalam menjawab pertanyaan. Secara umum, model soal TKA Soshum maupun TKA Saintek adalah sama, yakni terdiri dari tiga model soal, di antaranya:

Pilihan Ganda

Jenis soal ini pasti sudah tidak asing lagi kan, Pahamifren? Kamu pasti sudah sering menjumpai model soal ini saat belajar di sekolah. Pilihan ganda menjadi model soal “termudah” karena jawaban benar sudah pasti hanya ada satu dari lima pilihan yang tersedia.

Kamu tinggal mengeliminasi opsi jawaban hingga menyisakan satu opsi paling relevan dengan pertanyaan. Namun, cara tersebut tidak berlaku untuk soal angka, ya. Pada soal angka, kamu harus menghitungnya secara cermat supaya bisa menemukan jawaban benar.

Sebab-Akibat

Model soal ini berisi satu pernyataan dan satu alasan. Kemudian, kamu dituntut memahami pernyataan dan alasan yang disampaikan, apakah benar atau salah. Selain itu, kamu juga harus mengetahui apakah keduanya memiliki hubungan sebab akibat.

Setelah memahami pernyataan, alasan, dan hubungan sebab akibat dari soal, barulah kamu bisa memilih jawaban benar di antara semua opsi jawaban yang tersedia. Model soal ini cukup tricky, Pahamifren. Kamu harus mengandalkan kemampuan berpikir logis dan cermat untuk menjawabnya.

Benar-Salah

Pada soal benar salah, kamu akan disajikan dengan empat buah pernyataan. Dari empat pernyataan yang ada, kamu harus mengetahui pernyataan mana saja yang benar. Setelah itu, pilih opsi pilihan ganda yang menunjukkan nomor dengan pernyataan benar.

Temukan Strategi Menjawab Pertanyaan sesuai Model Soalnya

Banyak strategi yang bisa kamu rancang sebagai tips mengerjakan soal SBMPTN Soshum.

Tips mengerjakan soal SBMPTN Soshum yang terakhir yaitu menjawab soal sesuai modelnya. Selain memudahkan kamu dalam menjawab, tips ini juga sangat berguna untuk mengatur waktu ujian lebih efektif. Bagaimana cara menjawab pertanyaan sesuai model soalnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pilihan Ganda

Dalam mengerjakan soal pilihan ganda, ada baiknya kamu mengerjakan soal berbentuk teks atau logika terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu mengerjakan soal angka yang biasanya membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama. Kamu dapat mengerjakan soal teks atau logika pada materi pelajaran yang paling dikuasai. Misalnya, kamu jago Sejarah, maka kerjakan materi Sejarah di awal.

Untuk materi Ekonomi, sebaiknya dikerjakan di akhir karena materi itulah yang biasanya banyak mengandung soal hitungan. Namun, jika kamu memang jago hitung-hitungan Ekonomi, maka tidak ada salahnya mendahulukan materi ini.

Kuncinya, kerjakan soal pilihan ganda dari yang termudah hingga tersulit. Cara ini bisa membantumu menjawab soal lebih banyak dengan waktu yang lebih efektif.

Sebab-Akibat

Strategi mengerjakan soal sebab akibat bukan hanya dari seberapa hafal kamu terhadap materi soalnya, namun juga seberapa mampu kamu memahami konsep mata pelajaran Soshum dan menafsirkannya.

Untuk menjawab soal sebab akibat, kamu perlu mengasah kemampuan menalar dan berpikir logis dengan memperbanyak latihan soal. Biasakan membaca materi Soshum, lalu lanjut mengerjakan latihan soal agar kamu bisa mudah menganalisis sebab, akibat, serta korelasi pada tiap soal yang diujikan.

Benar-Salah

Pada model soal benar salah, biasanya pilihan ganda untuk jawabannya adalah sebagai berikut

A. jika (1), (2), (3) benar

B. jika (1) dan (3) benar

C. jika (2) dan (4) benar

D. jika hanya (4) yang benar

E. jika semuanya benar

Dari pilihan ganda tersebut, kamu bisa mengerjakan soal benar salah secara mudah dengan menerapkan trik berikut ini:

  • Perhatikan pilihan jawaban terlebih dahulu. Kamu pasti tahu, setiap ada jawab (1), maka ada jawaban (3). Artinya, jawaban (1) dan (3) adalah jawaban paralel. Jika, jawaban (1) benar, jawaban (3) otomatis benar, atau sebaliknya. Jadi, kamu hanya perlu mengecek satu pernyataan saja, antara (1) dan (3).
  • Jika (1) dan (3) benar, maka langsung periksa pernyataan (4).
  • Jika pernyataan (4) benar, maka jawabannya pasti E.
  • Jika pernyataan (4) salah, maka periksa pernyataan (2).
  • Jika jawaban (2) benar, maka jawabannya A. Tapi, jika jawaban (2) salah, maka jawabannya B.
  • Di sisi lain, jika (1) dan (3) salah, maka langsung periksa jawaban (2). Apabila pernyataan (2) benar, maka jawabannya C. Tapi, apabila pernyataan (2) salah, maka sudah pasti jawabannya D.

Contoh Soal SBMPTN Soshum

Mengetahui model soal UTBK Soshum saja tentu tidak cukup untuk menerapkan tips-tips yang telah dibahas sebelumnya. Maka dari itu, Mipi akan membagikan beberapa contoh soal SBMPTN Soshum yang bisa kamu jadikan gambaran dalam mengerjakan soal UTBK. Berikut contoh soalnya:

Contoh Soal Geografi (Pilihan Ganda)

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) telah dimiliki oleh kota Bogor. Akan tetapi, implementasi RTRW di kota Bogor kurang berjalan baik. Kawasan yang diperuntukkan secara komersial menyebar di sepanjang jalan utama kota Bogor sehingga sering menimbulkan kemacetan. Permasalahan tersebut dapat terjadi karena adanya hambatan penataan ruang berupa…

A. Lemahnya pengendalian pemanfaatan ruang.

B. Kuatnya koordinasi lembaga pemerintahan.

C. Lambatnya penyusunan rencana tata ruang kota.

D. Kurangnya dana untuk pembangunan infrastruktur kota.

E. Terbatasnya lahan untuk pembangunan ruang publik

Pembahasan:

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) semua wilayah di Indonesia harus memiliki pengendalian pemanfaatan ruang intensif agar tidak terjadi permasalahan-permasalahan yang bertentangan dengan tujuan awal penataan ruang. Dari soal di atas, dapat diketahui bahwa implementasi RTRW kota Bogor tidak sesuai dengan implementasinya. Berarti, RTRW kota Bogor termasuk memiliki pengendalian pemanfaatan ruang yang lemah. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

Contoh Soal Sejarah (Sebab-Akibat)

Dalam rangka melucuti bala tentara Jepang di wilayah Indonesia, pada tahun 1945 pihak Sekutu telah membentuk Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI).

SEBAB

Sebagai pihak yang kalah perang, maka Jepang harus menarik semua pasukan di wilayah kekuasaannya di Asia, termasuk Indonesia dan diatur oleh SEAC (South East Asia Command) yang dipimpin oleh Sir Philip Christison.

A. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya saling berhubungan.

B. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak saling berhubungan.

C. Pernyataan benar, alasan salah.

D. Pernyataan salah, alasan benar.

E. Keduanya salah.

Pembahasan

Pernyataan 1: Pelucutan senjata tentara Jepang di Indonesia dilakukan oleh AFNEI yang dibentuk oleh pasukan sekutu. Pasukan AFNEI yang akan melucuti senjata tentara Jepang di Indonesia dibagi menjadi 2, yaitu Pasukan AFNEI Inggris dipimpin oleh Sir Philip Christison dan Pasukan AFNEI Australia dipimpin oleh Albert Thomas Blarney. Jadi, pernyataan 1 adalah benar.

Pernyataan 2: Sebagai pihak yang kalah, Jepang harus menarik semua pasukan di wilayah kekuasaannya di Asia dan diatur oleh SEAC yang dipimpin oleh Lord Mountbatten. Jadi, pernyataan 2 adalah salah karena SEAC bukan dipimpin oleh Sir Philip Christison, melainkan dipimpin oleh Lord Mountbatten.

Soal tersebut memiliki pernyataan benar dan alasan salah. Jawaban yang paling tepat adalah C.

Contoh Soal Sosiologi (Benar-Salah)

Old Lex melakukan penelitian tentang para video blogger yang akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan di media massa. Ia meneliti mengutamakan kualitas penelitian dengan mengumpulkan data, informasi, dan keterangan secara rinci tentang objek yang akan diteliti.

Tujuan Lex adalah melihat gambaran terhadap fenomena tersebut dan mencari makna keterkaitan suatu masalah yang ingin dipecahkan. Metode yang paling tepat digunakan oleh Lex adalah…

(1) metode penelitian tindakan

(2) metode penelitian historis

(3) metode penelitian eksperimen

(4) metode penelitian deskriptif

Pilihannya:

A. jika (1), (2), (3) benar

B. jika (1) dan (3) benar

C. jika (2) dan (4) benar

D. jika hanya (4) yang benar

E. jika semuanya benar

Pembahasan:

Penelitian tindakan merupakan penelitian berbentuk refleksi diri yang dilakukan beberapa peneliti. Tujuannya meningkatkan kualitas individu atau kelompok yang melakukan penelitian. Tujuan ini berbeda dengan tujuan penelitian yang dilakukan Old Lex, maka pernyataan (1) salah. Otomatis, jawaban A, B, dan E salah karena memuat pernyataan (1).

Sementara, penelitian historis merupakan penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dari kejadian masa lampau. Metode ini tentu bertentangan dengan penelitian Old Lex, yang meneliti fenomena sosial saat ini. Jadi, pernyataan (2) salah dan jawaban C pun menjadi salah karena memuat pernyataan (2).

Jawaban tersisa hanya pernyataan 4, yaitu metode deskriptif. Metode penelitian deskriptif sendiri merupakan metode yang digunakan untuk menggambarkan fakta dan karakteristik objek penelitian secara tepat. Tujuan ini sama dengan penelitian yang akan dilakukan Old Lex. Jadi, jawaban benar adalah D.

Nah, Pahamifren, itulah ulasan mengenai tips mengerjakan soal SBMPTN Soshum, sekaligus materi dan contoh soalnya. Semoga informasi di atas berguna untuk persiapan UTBK SBMPTN masuk kampus impian, ya.

Buat kamu yang ingin mendapat latihan soal sebagai persiapan UTBK, kamu bisa mencobanya di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Cek informasi tentang Pahamify Tryout di link ini.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify di sini sekarang dan manfaatkan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

3 Comments on “Ingin Lancar Mengerjakan Soal UTBK SBMPTN Soshum? Ikuti 3 Tips Ini

Jeniati sinala basiang
February 19, 2021 at 7:30 am

Tips ini sangat membantu saya untuk mengikuti
SBMPTN 2021

Reply
lili saputri
March 24, 2021 at 12:11 pm

sangat membantu terimakasih

Reply
jesica
March 25, 2021 at 7:45 am

Terimakasih banyak!

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version