Keadaan dunia yang sedang  “tidak biasa” membuat LTMPT memutuskan hanya mengeluarkan ujian menggunakan soal berbentuk Tes Potensi Skolastik (TPS). Hal ini memunculkan pro kontra di kalangan calon peserta. Namun, hal ini membuat para calon peserta hanya fokus mengerjakan satu bentuk tes saja.

Salah satu jenis soal TPS yang akan muncul nanti adalah pengetahuan dan pemahaman umum. Soal ini serupa dengan soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang sering muncul di ujian sekolah ataupun UN. Kamu dituntut untuk memahami teks serta mencari sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD secara tepat.

Biar kamu tahu seperti apa kira-kira bentuk soalnya, langsung aja yuk kita pelajari bentuk soal pengetahuan dan pemahaman umum di bawah ini.


Bacalah artikel di bawah ini dengan saksama!

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini mengelola keuangan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Siapa pun, termasuk generasi milenial, dapat mulai menabung demi mempersiapkan berbagai tujuan pengelolaan keuangan untuk masa depan. Sudah banyak instrumen investasi yang dapat dibeli secara online. Ada berbagai instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan bahkan dengan modal yang minim sekalipun. Hal ini tentu akan sangat sesuai untuk dijalankan oleh siapa pun yang baru akan terjun ke dunia investasi, tidak terkecuali milenial. Sebelum mulai berinvestasi, tentu harus memperhatikan tipe investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Ada pula beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu jangka waktu, besar keuntungan yang bisa didapatkan, risiko yang dihadapi dan lain-lain.

Pertama, bagi seorang pemula dalam dunia investasi, reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan. Melalui investasi reksa dana, generasi muda dapat membeli unit penyertaan reksa dan mempercayakan seorang Manajer Investasi (MI) untuk mengelolanya. Bentuk investasi lainnya adalah saham. Saham sendiri dapat diartikan sebagai satuan nilai yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Saham merupakan produk investasi yang memiliki risiko cukup tinggi, namun sebanding dengan imbal hasil yang bisa didapatkan. Kemudian, bentuk investasi yang ketiga adalah deposito. Deposito merupakan produk simpanan yang umumnya disediakan oleh bank dengan ketentuan penarikan yang dapat dilakukan sesuai ketentuan yang sudah disepakati oleh nasabah dan bank. Deposito merupakan pilihan bagi masyarakat, termasuk anak muda yang masih pemula dalam berinvestasi. Meskipun keuntungannya tidak sebesar investasi saham, tabungan deposito berjangka cenderung berisiko rendah dan menghasilkan keuntungan yang relatif stabil.

(Sumber: https://tirto.id/cara-mengelola-keuangan-untuk-generasi-milenial-dengan-investasi-ehfk)

1. Gagasan utama dalam artikel di atas adalah…

a. Reksa dana menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi
b. Deposito memudahkan generasi muda untuk menabung
c. Mengelola keuangan dengan bentuk investasi
d. Saham adalah salah satu investasi terbaik
e. Keuntungan investasi untuk generasi milenial

2. Tujuan penulis dalam menulis artikel di atas adalah untuk…

a. Meyakinkan pembaca bahwa berinvestasi di usia muda harus dilakukan
b. Memberikan pernyataan bahwa teknologi memudahkan siapapun untuk berinvestasi
c. Memberikan informasi mengenai produk investasi yang dapat dikelola oleh pemula
d. Memberikan pernyataan bahwa saham adalah produk investasi yang paling populer dan mudah dikelola
e. Meyakinkan pembaca bahwa reksadana adalah produk investasi yang cocok untuk pemula

3. Simpulan yang paling tepat untuk artikel di atas adalah…

a. Sebaiknya generasi muda memilih produk investasi karena risikonya lebih kecil.
b. Dari ketiga jenis produk di atas, generasi muda dapat memilih berbagai produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan.
c. Generasi muda harus mempertimbangkan faktor jangka waktu, keuntungan, dan risiko sebelum berinvestasi.
d. Di antara reksa dana, saham, dan deposito, produk investasi yang paling menjanjikan adalah deposito.
e. Saat ini sudah banyak platform online yang memudahkan generasi muda untuk membeli produk investasi.

Pembahasan

1. Untuk menentukan gagasan utama, kita harus membaca seluruh paragraf dengan cermat. Dalam suatu paragraf, gagasan utama biasanya terletak di awal, di tengah, atau di akhir paragraf. Jika kita cermati, artikel di atas membahas tentang mengelola keuangan dengan bentuk investasi, seperti reksa dana, saham dan deposito. Pernyataan tersebut terdapat di awal paragraf. Sedangkan di akhir paragraf, merupakan penjelas dari paragraf pertama.

Jadi jawaban yang benar adalah C

2. Untuk menentukan tujuan penulis, kita harus memahami teks secara keseluruhan dan menyimpulkan topik utama dari teks tersebut. Artikel di atas berisi penjabaran mengenai produk investasi yang bisa dipertimbangkan bagi mereka yang baru mulai berinvestasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

3. Kita dapat mengambil kesimpulan berdasarkan gagasan utama dan penjelas pada artikel di atas. Gagasan utama artikel di atas adalah memilih produk investasi yang sesuai untuk generasi muda, dan gagasan penjelasnya adalah penjabaran mengenai produk-produk investasi.

Jadi, jawaban yang benar adalah B

Kamu bisa latihan soal TPS untuk Pengetahuan & Pemahaman Umum yang lebih banyak lagi loh! Kalau kamu ikutan Tryout Online UTBK Pahamify yang kali ini bakalan fokus ke soal-soal TPS. Yuk daftarin dirimu sekarang juga dan supaya semakin matang persiapan mu dalam menaklukan soal-soal UTBK 2020! 

Oh iya, dalam keadaan dunia yang seperti sekarang, kamu bisa tetap #BelajarSeruDiRumah dengan belajar lewat kelas online yang diadain sama Pahamify tiap jam 14.00-16.00. Tentunya hanya di aplikasi belajar Pahamify! Download sekarang juga!


Komentar

5 Comments on “Contoh Soal & Pembahasan TPS UTBK: Pengetahuan & Pemahaman Umum

mareta
May 6, 2020 at 1:56 pm

kak nomer 3 kan yang ditanya simpulannnnn,koko pembahasan dan jawabnnya gasesuai

Reply
Aditya Perdana Putra
May 7, 2020 at 7:21 am

Halo Mareta. Terima kasih banyak atas masukannya. Jawaban dan pembahasannya sudah kami perbaiki.

Reply
Aditya Perdana Putra
May 7, 2020 at 7:25 am

Waalaikumsalaam… Halo Rudin. Untuk menjawab pertanyaan kamu, coba pertimbangkan kembali rencana untuk ikut ujian lagi saat sudah lulus dan diterima lewat jalur SNMPTN karena kamu telah menyisihkan banyak pesaing dan apabila kamu tidak melanjutkan pilihan SNMPTN kamu, akan ada beberapa kompensasi dan sanksi. Sanksinya tidak hanya diterima oleh kamu, tapi oleh sekolah kamu saat ini. Terima kasih.

Reply
Vii
June 6, 2020 at 10:27 am

Simpulan sm kesimpulan beda atau sama ya?

Reply
Aditya Perdana Putra
June 9, 2020 at 10:40 am

Halo Viii

Sebenarnya, kesimpulan dan simpulan itu adalah istilah yang sama, kok. Kesimpulan/Simpulan adalah pendapat terakhir yang diambil/dibuat berdasarkan uraian sebelumnya.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog