Pejuang SIMAK UI 2021, bagaimana persiapan belajar kamu sejauh ini? Ingat, pelaksanaan SIMAK UI sudah makin dekat. Harus mulai menguasai materinya dan memperbanyak latihan soal agar pengerjaan SIMAK UI 2021 mendatang berjalan lancar. Daripada buang-buang waktu, bagaimana kalau kita latihan soal saja? Bagi kamu yang mengambil kelompok ujian Soshum, Mipi bakal membagikan 5 contoh soal SIMAK UI Ekonomi dan pembahasannya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai dan coba kerjakan soalnya!

Materi Soal SIMAK UI Ekonomi

Sebelum mengerjakan soal Ekonomi SIMAK UI, kamu perlu tahu terlebih dahulu materi yang biasa diujikan dalam SIMAK UI tahun-tahun sebelumnya. Adapun cakupan materi SIMAK UI Soshum Ekonomi yang sering keluar meliputi mekanisme pasar dan elastisitas, pendapatan nasional, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, serta konsep dasar dan masalah ekonomi. Topik siklus akuntansi, badan usaha dan ketenagakerjaan, kebijakan moneter dan fiskal juga beberapa kali muncul dalam soal SIMAK UI.

Saat belajar materi SIMAK UI Soshum Ekonomi, sebaiknya kamu menekankan pemahaman pada materi-materi tersebut. Jangan hanya fokus pada pemahaman satu konsep saja, kamu juga perlu mengaitkan hubungan antara satu konsep materi dengan materi lainnya secara tepat. Contohnya, materi kebijakan moneter dan fiskal memiliki kaitan dengan materi pertumbuhan ekonomi. Keputusan pemerintah mengenai kebijakan fiskal dapat mengubah output dalam perekonomian, bisa bertambah atau berkurang.

Pengertian Kebijakan Moneter

Tips mengerjakan soal SIMAK UI Ekonomi yang terpenting adalah kamu tahu rumus penyelesaian soal hitungan dan paham konsep materi yang ditanyakan. Strategi belajar yang menekankan pemahaman dan hubungan antarkonsep akan memudahkan kamu menjawab soal SIMAK UI 2021, khususnya soal yang membutuhkan penalaran. Namun, strategi belajar tersebut perlu diimbangi dengan latihan soal. Pastikan juga kamu sering mengikuti try out SIMAK UI agar terbiasa dengan situasi seperti ujian.

Pahami dan  Daya Tampung Vokasi SIMAK UI 2021, Jumlah Peminat, dan Keketatannya

Latihan Soal SIMAK UI Ekonomi dan Pembahasan

Kumpulan soal SIMAK UI yang akan Mipi ulas ini termasuk contoh soal SIMAK UI tahun-tahun sebelumnya dan biasa keluar dalam try out SIMAK UI. Tenang saja, contoh soalnya sudah dilengkapi dengan pembahasan. Jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai referensi belajar dan bahan diskusi bersama teman-temanmu. Ayo, kerjakan soalnya sekarang!

Soal 1

Barang X memiliki elastisitas silang negatif dengan barang Y. Ini berarti kedua barang tersebut bersifat ….

A. substitusi

B. inferior

C. normal

D. giffen

E. komplementer

Pembahasan:

Elastisitas silang adalah kepekaan jumlah permintaan suatu barang terhadap perubahan harga barang lainnya yang berhubungan. Apabila barang‐barang itu adalah barang substitusi satu sama lain, elastisitas silangnya positif. Sedangkan kalau barang‐barang itu komplementer satu sama lain, elastisitas silangnya negatif.

Jawaban yang benar adalah E.

Soal 2

Salah satu tujuan pembangunan ekonomi adalah terciptanya penurunan jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan dan pemerataan pendapatan.

SEBAB

Semakin jauh jarak garis Kurva Lorenz dari garis pemerataan sempurna, semakin timpang distribusi pendapatan sebuah negara, dan sebaliknya.

Pilihlah:

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Pembahasan:

Pernyataan benar. Pembangunan ekonomi adalah kenaikan GNP dalam jangka panjang disertai dengan perubahan struktur ke arah yang lebih baik dan memperhatikan pemerataan pendapatan. Penurunan jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan dan pemerataan pendapatan merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

Alasan benar. Kurva Lorenz menggambarkan distribusi kumulatif pendapatan nasional di kalangan lapisan‐lapisan penduduk. Kurva Lorenz yang semakin dekat ke diagonal (semakin lurus) menyiratkan distribusi pendapatan nasional semakin merata. Sebaliknya, semakin jauh dari diagonal (semakin lengkung), maka mencerminkan keadaan yang semakin timpang.

Pahami dan  Wajib Tahu! Persebaran Materi SIMAK UI dari Tahun ke Tahun (KD, KA, dan KS)

Keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. Kurva Lorenz hanya menjadi gambaran untuk menunjukkan pemerataan pendapatan nasional, bukan indikator tujuan pembangunan ekonomi.

Jawaban yang benar adalah B.

Daftar jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja hingga 5 sampai 10 tahun mendatang. Ada apa saja?

Soal 3

Data perusahaan PT. Babel mencakup:

1) Pendapatan usaha: Rp1.500.000,00

2) Beban gaji: Rp600.000,00

3) Beban sewa: Rp120.000,00

4) Beban listrik, air, dan telepon: Rp50.000,00

5) Iklan yang masih harus dibayar: Rp150.000,00

6) Prive setor: Rp150.000,00

7) Piutang pendapatan: Rp150.000,00

8) Pendapatan bunga: Rp150.000,00

Berdasarkan data di atas laba bersih yang diperoleh PT. Babel sebesar ….

A. Rp580.000,00

B. Rp730.000,00

C. Rp880.000,00

D. Rp1.030.000,00

E. Rp1.180.000,00

Pembahasan:

Konsep laba bersih = total pendapatan – total beban.

Pendapatan dalam soal di atas berupa pendapatan usaha dan pendapatan bunga. Beban perusahaan PT. Babel mencakup beban gaji, beban sewa, serta beban listrik, air, dan telepon.

Jadi, laba bersih = Rp1.500.000,00 + Rp150.000,00 – (Rp600.000,00 + Rp120.000,00 + Rp50.000,00) = Rp880.000,00.

Jawaban yang benar adalah C.

Soal 4

Ketika Bank Indonesia melakukan kebijakan moneter ekspansioner, maka ….

1) Money supply bertambah.

2) Inflasi meningkat.

3) Tingkat bunga turun.

4) Pendapatan nasional pada tingkat full employment.

Pilihlah:

A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar

B. Jika (1) dan (3) yang benar

C. Jika (2) dan (4) yang benar

D. Jika hanya (4) yang benar

E. Jika semuanya benar

Pembahasan:

Kebijakan moneter ekspansioner Bank Indonesia akan menambah uang beredar (money supply) di masyarakat bertambah. Semakin banyaknya uang beredar, maka dalam keseimbangan pasar uang, kebijakan moneter ini akan menggeser kurva penawaran uang ke kanan dan akan memotong kurva permintaan uang lebih ke kanan bawah.

Hal ini akan mengakibatkan tingkat suku bunga dan tabungan turun, namun investasi dan laju inflasi akan meningkat. Kebijakan moneter ekspansioner terjadi saat under employment bukan saat full employment. Jadi, pilihan 1, 2, dan 3 benar.

Pahami dan  Latihan Soal SIMAK UI 2021 Kemampuan IPS: Sosiologi

Jawaban yang benar adalah A.

Soal 5

Berikut ini yang bukan ciri pasar persaingan sempurna adalah ….

A. barang homogen

B. tidak terdapat hambatan keluar masuk pasar

C. jumlah penjual banyak sekali

D. tidak dapat menetapkan harga

E. terdapat campur tangan pemerintah

Pembahasan

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna yaitu:

  • Faktor produksi bebas bergerak.
  • Pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar.
  • Produsen bebas keluar masuk pasar.
  • Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
  • Jumlah penjual sangat banyak.
  • Penjual dan pembeli bebas mengambil keputusan, tanpa adanya campur tangan pemerintah.

Jawaban yang benar adalah E.

Nah, itu dia beberapa contoh soal SIMAK UI Ekonomi dan pembahasannya. Kamu juga bisa berlatih soal SIMAK UI lebih banyak lagi melalui aplikasi belajar online Pahamify, yang bisa kamu unduh di link ini.

Biar persiapan belajar intensif SIMAK UI 2021 makin maksimal, kamu bisa berlangganan Paket SIMAK UI 2021 dari Pahamify. Ada try out SIMAK UI, bank soal, rangkuman materi, study plan, grup belajar, hingga bimbel SIMAK UI eksklusif melalui kelas online via Zoom.

Gunakan semua fitur keren Pahamify untuk #TaklukkanSIMAKUI dan lolos Penerimaan Seleksi Masuk UI 2021. Jangan lupa, cek juga promo menarik untuk persiapan ujian lainnya di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version