Ketahui Keunggulan PTN dan PTS Sebelum Menentukan Pilihan Kuliah

Keunggulan PTN dan PTS yang perlu kamu ketahui

Dalam mempersiapkan diri masuk ke dunia perkuliahan, biasanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi pilihan utama setelah lulus SMA. Saat menjelang kelulusan SMA yang dijadikan diskusi selalu saja PTN favorit. Tapi apa hanya PTN yang berkualitas? Apa Perguruan Tinggi Swasta atau PTS bisa jadi pilihan yang tepat? Bagaimana keunggulan PTN dan PTS?

Sebelum kita bahas satu per satu kelebihan dan kekurangannya, kita bahas dulu apa itu universitas secara umum.

Universitas merupakan perguruan tinggi yang menyajikan pendidikan secara akademis dan praktek. Saat kamu menimba ilmu di universitas, kamu akan dipertemukan dengan pembelajaran yang isinya banyak teori tapi tetap ada prekteknyanya juga. Jadi kamu belajar secara lengkap saat di universitas nanti.

Universitas juga memberikan pendidikan dengan berbagai disiplin ilmu dan dikelompokan ke beberapa fakultas. Misalkan, Fakultas Ekonomi berisikan berbagai disiplin ilmu seperti Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Syariah yang masing-masing disiplin ilmu tersebut dikategorikan sebagai jurusan atau program studi.

Nah, universitas dibagi lagi menjadi dua: PTN dan PTS. Sekarang kita bahas yuk keunggulan di antara keduanya.

  • Perguruan Tinggi Negeri

Perguruan Tinggi Negeri itu biasanya jadi pilihan pertama anak-anak di Indonesia karena reputasinya yang sudah terbentuk di masyarakat. Sehingga dari situ timbul prestige yang akhirnya membuat orang berbondong-bondong ingin masuk PTN. 

Popularitas tersebut bukan terbentuk begitu saja. PTN yang ternama, memang kenyataannya, berkualitas dari segi akademik maupun non akademik. Terus, namanya kan Perguruan Tinggi Negeri, artinya universitas-universitas ini mendapatkan bantuan dana dari pemerintah dan akses beasiswa menuju PTN juga lebih mudah didapatkan. Jadi, biaya untuk kuliah di PTN itu cenderung lebih murah dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta.

Nah, tapi karena banyak kelebihannya dan banyak orang yang minat masuk PTN, jadinya persaingan masuknya jadi ketat banget karena kuota mahasiswanya terbatas. 

Contoh PTN ada Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, dan banyak lagi.

  • Perguruan Tinggi Swasta

Banyaknya PTN yang populer bukan berarti PTS itu gak ada yang bagus. Memang, popularitas beberapa PTN kadang bikin orang-orang silau mata, akhirnya PTS sering dipandang sebelah mata. Padahal kenyataannya, ada banyak PTS yang kualitas infrastrukturnya lebih maju dan lebih lengkap dari PTN. Dilihat dari akreditasinya pun, sudah banyak PTS yang terakreditasi A yang artinya bisa bersaing dengan PTN.

Akibat terlalu banyak yang pengen masuk PTN, persaingan untuk masuk PTS jadi ga begitu ketat. Selain itu, kuota yang dibuka sangat terbuka lebar. Jadi kamu akan lebih mudah diterima di PTS. Nah, sayangnya, karena hanya PTN yang mendapatkan bantuan dana dari pemerintah, jadinya biaya kuliah PTS biasanya lebih mahal.

Contoh PTS itu ada Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Telkom, Universitas Islam Bandung dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang kamu udah tau kan apa keunggulan PTN dan PTS? Sekarang saatnya kamu memilih dan balik lagi ke kamu kira kira perguruan tinggi mana yang bisa ngebantu kamu dalam meraih tujuan kamu kedepannya?

Kamu bisa cari tahu lebih lengkap tentang apa saja tujuan kamu setelah SMA di fitur Career Center yang ada di aplikasi Pahamify. Selain PTN dan PTS, kamu juga bisa cari tahu tentang institusi lainnya seperti Politeknik, Sekolah Tinggi dan Akademi. Kamu juga bisa cari tahu banyak tentang masalah perkuliahan di seri Perjalanan Menuju Kampus Impian. 

Kamu juga bisa curhat langsung sama psikolog kece Pahamify loh lewat fitur Curhat Langsung. Yuk download dan langganan Pahamify sekarang juga!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog