pfy-burger-btn Menu

Pahami Kampus

Ambis Persiapan SNMPTN Sejak Dini 

Kegiatan akademik tahun ajaran 2022/2023 baru saja dimulai, tapi Pahamifren merasa kok temen-temennya sudah pada ambis buat SNMPTN?! Atau jangan-jangan yang ambis malah Pahamifren sendiri? Menurut Mipi sih wajar, soalnya bulan Januari tinggal lima bulan lagi. Berkaca dari jadwal tahun lalu, pendaftaran SNMPTN dibuka di bulan Januari. Jadi wajar dong kalau Pahamifren sudah siap-siap gas persiapan SNMPTN.

Tapi persiapan SNMPTN bukanlah proses yang instan. Karena SNMPTN melihat progress belajar, kegiatan akademik, dan non-akademik kamu dari kelas X. Jadi, jangankan lihat teman-teman kelas 12 sudah ambis sejak dini, lihat siswa baru yang sudah mencari informasi tentang SNMPTN dari awal adalah hal yang wajar. 

Kenapa perlu ambis SNMPTN sejak dini?

Ambil nilai rapor

Pahamifren harus tau kalau nilai rapor jadi salah satu komponen yang diniai di SNMPTN. Konon yang dijadikan pertimbangan tidak hanya nilai rapor kelas 12, namun nilai rapor dari kelas 10. Jadi jangan heran kalau adik-adik kelas Pahamifren sudah ambis dapetin nilai bagus buat SNMPTN sejak dini.

Tapi walaupun nilai rapor jadi salah satu komponen yang dijadikan pertimbangan saat SNMPTN, nilai rapor bukan menjadi faktor satu-satunya, kok. Artinya, ada penilaian lain yang dijadikan dasar penilaian panitia SNMPTN untuk menerima Pahamifren di kampus impian. Eh, bukan berarti Pahamifren bisa lengah, ya!

Ga perlu ujian tulis lain

SNMPTN ini adalah jalur masuk perguruan tinggi melalui nilai rapor dan prestasi akademik. Sehingga Pahamifren ngga perlu lagi belajar dan deg-degan ekstra untuk menyiapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) setelah proses akademik di sekolah nanti berakhir.

Masuk PTN Impian sejak dini

Keuntungan lain yang bisa diterima melalui jalur SNMPTN adalah, Pahamifren bisa mengamankan bangku di PTN impian sejak awal. Kuota mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN biasanya lebih banyak ketimbang kuota mahasiswa baru di jalur  SBMPTN atau ujian mandiri. 

Dengan diterimanya Pahamifren sejak dini di bangku kuliah, Pahamifren tidak perlu lagi belajar bimbel ekstra atau overthinking takut tidak diterima di bangku kuliah selepas sekolah. Pahamifren bisa dengan tenang mengatur persiapan kuliah, dan bisa sambil jalan-jalan juga! 

Biaya Kuliah lebih murah. 

Keuntungan lain bisa masuk kuliah melalui jalur SNMPTN adalah biaya kuliah yang lebih murah. Lho, kok bisa? Soalnya, mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN akan dimasukkan ke dalam kelas reguler oleh pihak kampus. Kelas reguler ini biasanya mendapatkan kebijakan uang pangkal murah (bahkan Rp.0) dan uang semester lebih murah. 

Misalnya di Universitas Indonesia (UI). Mahasiswa SNMPTN otomatis masuk ke dalam kelas reguler. Di UI, mahasiswa baru kelas reguler tidak dibebankan uang pangkal sama sekali, alias gratis! Selain itu, mahasiswa baru dari jalur reguler UI bisa memilih skema BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) atau uang semesteran yang disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga masing-masing. 

Bagaimana Caranya lolos SNMPTN? 

Kalau Pahamifren mau berhasil masuk PTN melalui jalur SNMPTN, Pahamifren bisa coba beberapa cara di bawah ini:

Jaga performa akademis

Karena salah satu komponen yang dinilai saat SNMPTN adalah nilai rapor, maka Pahamifren wajib menjaga konsistensi nilai selama sekolah dari kelas 10. Maksudnya, usahakan nilai tiap semester Pahamifren stabil, tidak turun begitu jauh, dan akan lebih baik meningkat. Kalau Pahamifren bisa mendapatkan juara di kelas akan lebih baik walau hal ini bukan menjadi suatu hal yang mutlak ya.  

Kenapa sih nilai tiap semester Pahamifren harus stabil atau naik? Soalnya ini menunjukkan bahwa Pahamifren selama di sekolah ada progress yang baik pula. Tiap semester Pahamifren selalu berusaha menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya. 

Pahamifren bisa banget belajar bareng Mipi. Melalui video belajar bareng Rockstar Teacher Pahamify, dan latihan soal yang rutin dan menantang akan bikin Pahamifren lebih siap buat menaklukkan ujian-ujian di sekolah supaya ranking Pahamifren terus naik. 

Aktif lomba dan kegiatan organisasi

Selain nilai rapor yang stabil, Pahamifren akan lebih diuntungkan kalau punya prestasi akademik dan kegiatan organisasi. Prestasi akademik ini biasanya berupa lomba-lomba mata pelajaran, debat, atau bahkan olimpiade. Hal ini akan semakin menunjukkan kualitas Pahamifren ketika dibandingkan dengan siswa-siswa lain di luar sekolah. Selain itu, Pahamifren dapat menunjukkan minat dan bakat Pahamifren melalui prestasi-prestasi ini. 

Selain kegiatan lomba, juga ada kegiatan organisasi di dalam maupun luar sekolah. Misal, Pahamifren aktif sebagai pengurus OSIS. Atau, Pahamifren aktif di kegiatan sosial di luar sekolah. Kegiatan organisasi di luar sekolah ini menunjukkan karakter Pahamifren dalam dunia sosial. Semisal, cara berkomunikasi dan manajemen waktu. Karakter ini juga penting karena selama kuliah, Pahamifren tidak hanya belajar, tapi bersosialisasi dengan mahasiswa lain dari seluruh Indonesia.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Logo White Versi.02
Mobile version
Desktop version

Panduan

Ikuti Kami

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll