pfy-burger-btn Menu

Pahami Kampus

Jurusan Sastra Jepang Isinya Wibu Semua?

Sastra Jepang

Seiringnya berkembangnya zaman, saat ini jurusan sastra sudah beragam. Tidak hanya Sastra Indonesia saja, tetapi sudah mendunia seperti Sastra Belanda, Sastra Perancis, ataupun Sastra Jepang. Faktanya walaupun orang Indonesia asli, ternyata banyak testimoni yang menyatakan bahwa jurusan Sastra Indonesia saja sudah cukup rumit. So, kamu yang memilih jurusan Sastra jepang saat UTBK, maka akan belajar sastra yang bahasanya tidak diketahui oleh orang awam, hmmm kebayang bukan?

Tapi itulah yang bikin menarik, Pahamifren. Ketika kita mengetahui tentang seluk beluk Negara lain, itu akan lebih membuka wawasan secara luas.

Nah, jika kamu tertarik dengan Negara Matahari Terbit, kamu berada di artikel yang tepat. Di bawah ini Mipi jelaskan jurusan Sastra Jepang yang belum kamu ketahui. So, enjoyyyy!

Tentang Jurusan Sastra Jepang

“Jepang”, siapa sih yang ngga tahu tentang Negara ini? Eksistensi Negara ini cukup menggemparkan dunia akibat anime, budaya, ataupun drama-nya. So, banyak orang dari negara lain terutama Indonesia ingin sekali belajar lebih jauh tentang negara tersebut, bahkan banyak yang me-mimpikan suatu saat travelling kesana. Mipi aminkan dulu deeeeh.

Hal yang pertama kali kamu fikirkan ketika ingin mengambil jurusan Sastra Jepang pasti kehidupan akademiknya. Seperti belajarnya tentang apa, dll. Sebelum lebih jauh, kamu harus tahu terlebih dahulu pengertian-nya. Jurusan Sastra Jepang merupakan program studi yang mewajibkan mahasiswa/i-nya untuk belajar seluk beluk negara Jepang. Dimulai dari bahasa, karya sastra, sejarah, bahkan budaya-nya. Bakalan seru banget bukan???

Negara Jepang begitu mengangumkan, apalagi disertai keindahan bunga sakura yang mekar setiap musim semi. Belajar tentang negara tersebut pastinya bikin kamu betah banget!

Mata Kuliah dan Kehidupan Akademik Jurusan Sastra Jepang

Nah, pembahasan ini pasti yang kamu tunggu-tunggu. Kehidupan akademik anak Sastra Jepang ngga akan jauh dari buku. Jadi jangan heran deh, banyak mahaswa/i-nya ngedekem di perpustakaan.

Terkait belajar Bahasa, for your information ternyata Jepang menggunakan 5 jenis huruf untuk komunikasi-nya. Yaitu Hiragana, Katakana, Kanji, Romaji, dan Alphabet. Mungkin yang tidak asing adalah Kanji dan Alphabet, tapi nanti kamu akan mempelajari semuanya untuk komunikasi sehari-hari. Keren banget deh pokoknya! 

Kamu pasti tahu kan budaya orang Jepang membungkukkan badan 90 derajat sebagai tanda penghormatan kepada orang lain? Nah, kamu juga akan belajar memahami dari mana kebudayaan itu berasal, ataupun sejarah lainnya yang menarik. Sehingga kamu dapat mengambil sisi positif dan mengaplikasikannya di kehidupan saat ini. Intinya buat kamu yang wibu banget, pasti bakalan seneng bukan maen kuliah di jurusan ini.

Lanjut ke mata kuliah-nya, kamu akan dihadapakan untuk fokus di beberapa mata kuliah. So, apa saja itu? Check it dot!

  • Bahasa Jepang

Sebagai sastrawan Jepang, hal yang nantinya harus kamu kuasai adalah bahasa Jepang secara baik. Disini kamu akan dituntut untuk belajar bahasa secara mandalam. Ada 3 materi biasanya, yaitu pemahaman mendengar (Choukai), tata bahasa (Bunpou), dan juga percakapan (Kaiwa).

  • Kebudayaan & Sejarah Jepang

Sekilas sudah Mipi terangkan mengenai budaya jepang yaitu membungkukkan badan. Selain itu, kamu juga nanti akan mempelajari model pakaian, tradisi, ataupun kesenian-nya.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang

Kamu yang memilih jurusan Sastra Jepang saat UTBK 2022, ngga perlu bingung lagi mengenai karir. Jepang adalah salah satu Negara maju, yang otomatis perekonomian-nya juga cukup besar. Jadi bagi kamu yang belajar seluk beluk negaranya, kesempatan emas menananti lho! Karir-nya apa aja ya? Yuk intip di bawah!

Pemandu Wisata

Siapa disini yang hobi travelling dan senang interaksi dengan orang lain? Jika itu kamu, good! Karir ini bakalan cocok banget. Indonesia sering kedatangan turis Jepang, ini kesempatan untuk jadi pemandu wisata. Tugasnya adalah menceritakan mengenai objek wisaja serta sejarahnya yang bikin turis tertarik banget. Selain dari gaji, kamu pastinya bakal dikasih tips yang cukup besar lho.

Diplomat

Sebagai seorang yang belajar mengenai kebudayaan, sejarah, dan bahasa Jepang, tentu menjadi diplomat adalah salah satu lapangan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan ini. Hampir tiap tahun Kementerian Luar Negeri membuka lowongan diplomat untuk lulusan sastra Jepang. Keren, kan!

Translator Suara/Tulisan

Sebagai seorang translator, tentunya kemampuan tulisan serta berbicara bahasa Jepang harus kamu kuasai. Mata kuliah membaca & menulis akan sangat berguna di karir ini. Karir tulisan bisa sebagai penerjamah artikel, jurnal, dokumen, dll. Dan untuk karir suara, kamu bisa jadi penerjamah acara-acara tertentu yang meghadirkan orang Jepang. Pastinya seru banget!

Penulis

Sebagai lulusan Sastra Jepang, kemampuan tulisan kamu akan meningkat secara signifikan. Nah, dari kemampuan itulah kamu bisa memilih karir jadi penulis handal. Bisa sebagai copywriter, content writer, ux writer, ataupun penulis novel.

Leksikograf

Sebagai orang awam, karir tersebut tentunya tidak familiar bukan? Eittts tapi jangan salah, profesi sebagai Leksikograf tenyata cukup di butuhkan lho. Sederhanya-nya Leksikoggraf adalah orang yang menyusun kamus. Nah, kamu bisa jadi tim untuk menyusun kamus Jepang – Indonesia, atau sebaliknya.

Itulah penjelasan tantang kehidupan akademik dan juga karir jurusan Sastra Jepang. Kamu yang tertarik memilih jurusan tersebut saat UTBK, jangan berleha-leha yaa. Jurusan ini kelihatan-nya sih mudah, padahal aslinya kamu akan bersaing dengan ribuan orang lho.

Semua keseruan yang Mipi jelaskan tidak akan kamu dapatkan apabila tidak lulus, jadi kamu harus berjuang sebisa mungkin mengalahkan para persaing yang lain okeyyyyyy.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Logo White Versi.02
Mobile version
Desktop version

Panduan

Ikuti Kami

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll