Close

March 19, 2022

Kuliah Kehutanan Bisa Jadi Presiden?

Kehutanan

Buat kamu yang berpikir kalau jurusan kuliah menjanjikan itu hanya teknik, astitektur, ataupun kedokteran, hmm stop! don’t ever think like that! Ada satu jurusan yang mungkin kedengaran-nya asing, tapi ternyata karir-nya cukup cemerlang. Yap, jurusan Kehutanan.

Kok bisaaaaa????

Okeyyy for your information, Negara Indonesia itu termasuk kawasan tropis yang mendapatkan sinar matahari masuk sepanjang tahun melalui garis khatulistiwa. Dari hal tersebut-lah Indonesia memiliki banyak jenis hutan. Nah, hutan tersebut jika dimanfaatkan sebaik mungkin pastinya akan menciptkan lapangan pekerjaan yang mempuni.

Satu rahasia umum yang harus kamu ketahui, Presiden Indonesia Joko Widodo ternyata lulusan jurusan Kehutanan UGM, lho. Dan sebelum menjabat sebagai Presiden, beliau berprofesi sebagai pengusaha mebel & kayu yang sukses.

So, jika Jurusan Kehutanan masuk ke salah satu pilihan kamu untuk UTBK SBMPTN nanti, yuk simak ulasan berikut!

Mengenal Lebih Dalam Jurusan Kehutanan

Jurusan Kehutanan merupakan ilmu yang mempelajari tentang ekosistem hutan. Lebih spesifik-nya seperti fungsi dan penggunaan, hukum penebangan hutan, keanekaragaman hayati, teknologi kehutanan, konservasi lingkungan, dan juga cara memanfaatkan hasil hutan tanpa merusak ekosistem-nya.

Selain itu, kamu juga akan mengenal lebih dalam mengenai satwa, ekologi hutan, ilmu tanah, serta fisiologi tumbuhan.

Eittttssss tapi yang dipelajari sebenarnya ngga se-sederhana itu, kamu juga akan diberi bekal pengetahuan mengenai perlindungan dan pelestarian hutan, yang nantinya bersinggungan dengan permasalahan lingkungan yang terjadi.

Pokoknya buat kamu yang suka banget hiking, jurusan ini bisa cocok banget deh. Jadi selain menikmati keindahan alam, kamu bakal tahu cara memilihara hutan secara baik. 

Nah, yang harus diketahui, jurusan ini tidak hanya mengandalkan teori saja. Jadi buat kamu yang cocok belajar hapalan, harus persiapan yaa. Karena ternyata sebagian besar juga  mengandalkan teknologi sebagai alat untuk praktek di lapangan.

Kehidupan Akademik dan Mata Kuliah Jurusan Kehutanan

Kuliah di jurusan Kehutanan S1 itu ada 8 semester, dimana harus menyelesaikan 144 sks yang ditempuh dalam waktu normal 4 tahun. Waktu yang sebenarnya cukup lama. Maka dari itu, manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin ya, Pahamifren. Agar kamu bisa lulus dengan gelar Sarjana Kehutanan yang membanggakan.

Pada jurusan ini kamu akan diberi pilihan untuk fokus mendalami satu bidang nanti-nya. Biasa disebut konsentrasi atau peminatan. Di universitas pada umumnya kurang lebih ada 4 departemen, yaitu manajeman hutan, teknologi hasil hutan, konservasi sumber daya hutan, dan juga silvikultur. Nah, dari bidang itulah kamu harus memilih satu sebagai bekal. Intinya jangan asal yaa, yang kamu pilih akan mempengaruhi karir kamu kedepannya lho.

Seperti yang sudah Mipi singgung sebelumnya, jurusan Kehutanan memanfaatkan teknologi modern sebagai penunjang. Jadi buat kamu yang mikir anak hutan bakalan jadul banget, buang jauh – jauh deh pikiran tersebut.

Contoh di Institut Teknologi Bandung nih, ada jurusan Rekayasa Kehutanan. Nah jurusan tersebut kehidupan akademiknya tidak jauh dari mempergunakan teknologi sebagai alat untuk mengelola hutan secara efektif dan efisien. Keren banget bukan???

Selama perkuliahan, kamu akan menghadapi mata kuliah wajib, peminatan, dan juga pilihan. Tiap universitas sebenarnya berbeda, tapi tidak akan terlalu jauh. Sebagai gambaran untuk matkul wajib diantaranya sifat-sifat dasar kayu, pengolahan sekunder kayu, pengolahan primer kayu, anatomi identifikasi kayu, serta hasil hutan non kayu.

Sedangkan untuk mata kuliah pilihan ada identifikasi dan mikroteknik kayu, fisika dan mekanika kayu, teknologi pengolahan ekstraktif, teknologi pulp dan kertas, pegeringan kayu, energy biomassa, industri hasil hutan, serta komposit kayu.

Prospek Karir Jurusan Kehutanan

Indonesia merupakan Negara dengan sumber daya alam berupa hutan yang mempuni. Jadi saat kamu lulus nanti, ngga perlu bingung lagi deh soal karir. Akan ada banyak peluang yang dapat kamu ambil dengan gaji yang menggiurkan. Tapi tetap tergantung dari lokasi, pengalaman, serta posisi yaa. Berikut beberapa karir-nya:

BUMN atau Instansi Pemerintahan

Hmmm karir ini kelihatannya “Laku banget”, kayanya semua lulusan S1 pengen banget deh kerja di BUMN atau Instansi Pemerintahan. Ssssssst katanya gaji dan tunjangan-nya gede lho. Jika BUMN kamu bisa ditempatkan di Inhutani ataupun Perhutani. Sedangakan Pemerintahan, kamu bisa jadi ahli kehutanan yang dinaungi langsung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pengrajin/Pengusaha Mebel

Furniture yang ada di rumah berupa rak, kursi, meja, lemari, tempat tidur, dll tentu dibeli dengan harga yang tidak murah bukan? Nah fyi, itu semua dibuat oleh seorang pengrajin mebel. Dan biasanya mereka menggunakan tangan sendiri untuk membuatnya.

Mata kuliah yang Mipi sebutkan di atas salah satunya adalah kayu, dan bahan dasar pembuatan furniture kebanyakan dari kayu juga. So, karir ini tepat banget buat kamu yang ingin menggeluti kayu lebih detail. Jangan ditanya soal keuntungan deh, ini bakalan gede banget. Apalagi kalau sudah tahu pasar, kamu bakalan jadi pengusaha sukses lho. 

Teknisi Konservasi Lingkungan

Lingkungan sepertinya akan selalu menjadi isu yang ramai diperbincangkan. Dengan banyaknya kasus kebakaran hutan dll tentu menjadi hal yang harus ditanggulangi semaksimal mungkin. Nah, disinilah Teknisi Konservasi Lingkungan dibutuhkan. Kamu nanti akan memantau perkembangan lingkungan secara detail, menyajikan informasi, dan memberikan solusi yang tepat. Maka dari itu, karir ini membutuhkan lulusan Kehutanan yang kompeten.

NGO

Karir ini terdengarnya mungkin aneh, tapi ternyata memiliki tanggung jawab yang ngga main-main. NGO atau Non Government Organization adalah ahli kehutanan yang tugasnya sebagai perantara kepada masyarakat. Seperti yang kamu ketahui, hutan di Indonesia juga tidak sepenuhnya baik, akan ada bencana-bencana yang tidak bisa kita prediksi. Maka dari itu, tugas NGO adalah sebagai pendamping masyarakat untuk tetap waspada.

Alam dan lingkungan perlu kita semua hargai dan cintai yaa. So, dengan masuk jurusan Kehutanan kamu akan belajar lebih baik lagi untuk menjaga alam. Manusia dan alam memiliki kesinambungan yang erat. Jika bukan kita yang memelihara, tentu siapa lagi?

Hal yang akan kamu dapatkan setelah lulus nanti akan seimbang dengan susah payahnya belajar di perkuliahan. Bagaimana? Setelah mengenal jurusan dan juga karir-nya, apa kamu sudah yakin atau masih ragu?

Selagi berpikir, kamu harus persiapan juga untuk UTBK nanti ya. Jangan hanya mengandalkan keberuntungan saja, semua harus di setarakan dengan usaha dan juga doa. Semoga artikel ini membantu, Pahamifren.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *