pfy-burger-btn Menu

Lulusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Auto Tajir! 

Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Lulusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan digadang-gadang mendapatkan pekerjaan yang bergaji tinggi. Bener gak, yaa?

Teknik Pertambangan & Teknik Perminyakan adalah dua jurusan berbeda yang sama-sama mempelajari tentang proses pengelolaan sumber daya alam. Kalau Teknik Pertambangan berkutat dengan sumber daya mineral dan batubara. Sedangkan Teknik Perminyakan berkutat dengan minyak & gas bumi.

Nah, kalau Teknik Perminyakan ini bisa dibilang jurusan langka karena hanya ada di beberapa PTN, nggak banyak pilihannya. Otomatis sainganmu di UTBK nanti bakal super banyak mengingat jurusan ini termasuk favorit calon mahasiswa!

Sebaliknya, jurusan Teknik Pertambangan cukup banyak pilihannya di berbagai universitas, namun sedikit sekali yang akreditasinya A atau Unggul!

Bagaikan Kakak-Adik, Apa Bedanya Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan sering dikira sama karena sama-sama terlihat belajar mengenai penambangan atau pengelolaan sumber daya alam dari dalam bumi. Padahal, jelas berbeda!

Perbedaan yang paling utama adalah bahan yang dieksplorasi. Jika Teknik Pertambangan mempelajari penambangan benda padat, Teknik Perminyakan belajarnya penambangan fluida/cairan dan gas.

Yuk, kita bahas lebih dalam!

  • Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan mempelajari penambangan mineral atau benda padat seperti logam, batubara, besi, aluminium, emas, perak, platina, timah, dan berbagai jenis bahan tambang padat lainnya.

  • Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan adalah jurusan yang mempelajari cara menambang mineral berharga yang bersifat cair atau fluida kayak minyak bumi, gas alam dan panas bumi yang kemudian dimanfaatkan untuk menjadi sumber energi, contohnya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (Geothermal).

Di jurusan ini, nggak cuma belajar gimana cara nge-bor titik sumber minyak, tapi banyak juga tahapan lainnya akan didalami seperti Survey, Studi Kelayakan Investasi, Pengeboran, Completion, Produksi dan Well Intervention.

Rasa-rasa Semasa Kuliah

Teknik Perminyakan

Siapa, sih yang nggak tahu kalau migas alias minyak dan gas jadi salah satu sumber energi terbesar di dunia? Terus, produk hasil olahan minyak bumi tuh nggak main-main dan ada di berbagai sektor industri, contohnya bahan bakar gas, LPG, pupuk, aspal hingga serat pakaian! 

Terus, sumber si minyak & gas itu sendiri dari mana, sih? Ya tentu saja dari dalam perut bumi! Makanya, di jurusan ini kita bakal mendalami gimana cara “ngambil” minyak & gas dari dalam sana, dan gimana pengelolaannya dalam memenuhi kebutuhan energi di bumi.

Di jurusan ini, kamu bakal banyak banget belajar hal-hal yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Tapiii, yang pasti, bakal banyak juga yang berhubungan dengan mata pelajaran SMA seperti Fisika, Matematika, Kimia dan Geografi! Jadi, otomatis kamu harus menguasai setidaknya dasar-dasar materi tersebut.

Tapi jangan takut dulu, soalnya semua jurusan pasti punya mata kuliah pengantar, termasuk Teknik Perminyakan, kamu bakal ketemu dengan Pengantar Teknik Perminyakan dan Panas Bumi (PTPB) yang membahas dasar-dasar ilmu perminyakan seperti proses terbentuknya minyak dan gas bumi, klasifikasinya, cara produksinya, gambaran kondisi penambangan, dan lain-lain.

Perkuliahan Teknik Perminyakan bisa dibagi menjadi 3,

  • Teknik Reservoir → Mempelajari bagaimana aliran fluida (minyak, gas, dan air) tersimpan di dalam batuan atau di bawah permukaan bumi. Kamu juga nanti akan belajar menggunakan software sebagai simulasi!
  • Teknik Pemboran → Mempelajari cara mengebor sumur untuk bikin jalur keluarnya si minyak & gas bumi ke atas permukaan. Seru!
  • Teknik Produksi → Mempelajari cara untuk mengeluarkan minyak & gas bumi dari dalam sumur yang sudah dibuat ke atas permukaan bumi. Fluida ini awalnya bisa mengalir dengan sendirinya, namun dalam hitungan tahun, akan dibutuhkan alat untuk melancarkan agar minyak bisa terus mengalir.

Selain kuliah teori, kamu bakal bertemu juga dengan berbagai praktikum. Yaaa, kebayang kan capeknya. Tapi pastinya bakal seru banget juga!

Teknik Pertambangan

Di jurusan ini, kamu bakal belajar bermacam-macam proses terkait pertambangan. Nah, kamu bakal dekat banget sama kegiatan prospeksi (penyelidikan umum), eksplorasi, eksploitasi (pengolahan bahan tambang), pengangkutan, sampai pemasaran hasil bahan tambang.

Lebih detailnya, kamu akan kenalan dengan berbagai sifat-sifat mineral yang akan ditambang, manfaatnya, cara menambangnya, proses pengolahannya, sampai perhitungan budget dari proses penambangan itu agar tetap efektif & bermanfaat kegiatan penambangannya.

Seperti perminyakan, bahan tambang juga sangat melimpah di bumi, lho. Apalagi di Indonesia yang tersimpan banyak sekali logam mulia dan batu bara. Makanya bakal dibutuhkan banyak sekali ahli pertambangan supaya bisa mengelola sumber daya alam di Indonesia dengan baik & bertanggung jawab. Kayak kamu contohnya, si calon lulusan pertambangan hihi.

Di jurusan ini, kamu harus kuat di Matematika dan Fisika juga, ya. Terus yang paling utama dan banyak diperdalam adalah ilmu geologi, geofisika, metalurgi, dan ilmu pertambangan lainnya.

Mata kuliah Teknik Pertambangan yang akan kamu temui kira-kira:

  • Geologi Fisik
  • Kristal dan Mineral
  • Petrologi
  • Peralatan Tambang dan Penanganan Material
  • Termodinamika Tambang
  • Teknik Eksplorasi
  • Pemetaan Eksplorasi
  • Manajemen Eksplorasi
  • dan lain-lain.

Pokoknya, setelah lulus kamu akan menyabet gelar Sarjana Teknik! So cool!

Fakta Gaji & Karirnya Gimana?

Kira-kira setelah lulus salah satu jurusan di atas, bakal jadi apa ya? Bisa jadi Raja Minyak, atau juragan emas kali, ya? Hahaha!

Dilansir dari glints.com, dua bidang pekerjaan dengan gaji tertinggi yaitu Pertambangan dan Perminyakan & Gas, lho. Jadi, approved! Alias benar bahwa penghasilan kedua bidang ini cukup tinggi.

Ternyata, bidang pertambangan & perminyakan nggak selalu buka lowongan kerja secara rutin atau banyak layaknya bidang kerja lainnya. Pokoknya tergantung kebutuhan dan sikon di lapangan.

Kalau kamu minat bekerja di bidang ini, kamu harus siap mental untuk bekerja di lokasi yang jauh dari rumah karena site pertambangan dan perminyakan pasti di daerah tertentu yang jarang dekat dengan pemukiman dan kota besar.

Selain lokasi, kerjaannya juga memiliki risiko yang tinggi dan bermacam-macam. Makanya gajinya $$$$$

Buat fresh graduate, kira-kira gajinya berkisar di angka 8 juta. Tapi untuk seniornya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta!

Prospek Kerja Teknik Pertambangan

  • Ahli Tambang & Geologi
  • Ahli Pengeboran Bumi
  • Analis Ketenagalistrikan
  • Akademisi
  • Konsultan pertambangan
  • Staff Pemerintahan
  • Analis Pengembangan Infrastruktur
  • dll.

Prospek Kerja Teknik Perminyakan

  • Ahli Geologi
  • Petroleum Engineer
  • Petroleum accountant 
  • Engineering Technologist
  • Energy Economist 
  • Staff Pemerintahan
  • Perbankan/Asuransi
  • Akademisi
  • Pengusaha
  • Insinyur kimia 
  • dll.

Rekomendasi PTN

Mungkin kamu yang lagi berjuang menuju UTBK bertanya-tanya selangka apa sih jurusan Teknik Perminyakan di PTN? Jawabannya… langsung lihat aja deh dari list rekomendasi Mipi!

Teknik Perminyakan

  • Institut Teknologi Bandung (Bandung)
  • Universitas Jember (Jember)
  • UPN Veteran Yogyakarta (Yogyakarta)

Bener, kan? Nah, gantian deh kita ke PTN yang punya jurusan Teknik Pertambangan.

Walaupun nggak selangka Teknik Perminyakan, jurusan ini juga banyak banget peminatnya di UTBK dan faktanya, dari sekian kampus, terhitung jari deh Teknik Pertambangan yang akreditasinya A. Jadi jangan main-main! Simak yuk~

Teknik Pertambangan

  • Universitas Khairun (Ternate)
  • Universitas Hasanuddin (Makassar)
  • Universitas Lambung Mangkurat (Banjarmasin)
  • Universitas Tanjungpura (Pontianak)
  • Universitas Mulawarman (Samarinda)
  • Universitas Sriwijaya (Palembang)
  • Universitas Jambi (Jambi)
  • Universitas Negeri Padang (Padang)
  • UPN Veteran Yogyakarta (Yogyakarta)
  • Universitas Jember (Jember)
  • Institut Teknologi Bandung (Bandung)
  • Institut Teknologi Sumatera (Lampung)
  • Universitas Syiah Kuala  (Banda Aceh)
  • dll.

Nah, udah mantap & matang nih pengetahuanmu tentang kedua jurusan ini.

Hayooo, sudah siap mental lahir batin untuk belajar di Teknik Pertambangan & Perminyakan? Mipi tunggu kabar baiknya di UTBK, ya!

Penulis: Rienesa Darmawan


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll