Close

April 19, 2022

Teknik Boga, Masak Apa sih, Sampai Dikuliahin?! 

Teknik Boga

Kalau kamu dengar kata “boga” pasti yang terlintas di otak langsung masa, resep, dan makanan, kan. Betul sekali Pendidikan Teknik Boga adalah jurusan yang belajar soal memasak. Padahal, masak kan bisa belajar sama Ibu, kok sampai ada kuliahnya ya?

Apa benar kuliahnya masak-masak aja? Pasti isinya cewek-cewek tukang gosip?

Hmmm… Kayaknya kita perlu kenalan dulu nih, biar gak salah sangka! Plus, buat kamu yang hobi & tertarik di bidang kuliner bisa pilih jurusan ini di UTBK! Langsung kita bahas seluk-beluknya, yuk!

Pendidikan Teknik Boga tuh Apa, sih?

Dilansir dari laman resmi Pendidikan Teknik Boga UNY, prodi ini mempelajari tentang konsep teoretis dan mengembangkan keilmuan secara kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pendidikan tata boga dalam bidang patiseri, dan jasa boga yang ditunjang dengan penguasaan pengetahuan pangan, gizi dan seni kuliner.

Gini gini.. Jadi jurusan ini mendalami ilmu kependidikan serta tata boga. Mahasiswanya akan dekat dengan 

  • seni (pengolahan makanan dari proses persiapan, pengolahan, sampai cara menghidangkan makanan)
  • aspek kuliner (tekstur, mutu pangan, nilai gizi) dan 
  • bisnisnya (perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi bisnis)

Gak cuma masak apalagi makan doang, Pahamifren! Jadi, ya pasti nggak cuma perempuan isinya. Banyak kok laki-laki yang minat di jurusan ini, apalagi banyak juga chef terkenal yang merupakan laki-laki, kan!

Terus banyak juga ilmu yang nggak bisa didapatkan begitu saja jika hanya belajar masak di rumah atau nyontek Youtube. Jadi jangan underestimate dulu dooong~

Sudah kebayang? Saatnya kita bahas spesifik pembelajarannya di perkuliahan deh..

Selain Bikin Makanan, Belajar Apa?

Mahasiswa Pendidikan Teknik atau Tata Boga ini selain diajarkan memasak dengan tingkat kematangan yang tepat, juga belajar bagaimana memasak tanpa menghilangkan vitamin dan nutrisi yang ada dalam bahan makanan itu sendiri.

Oh, iya! Tampilan penyajian atau plating yang cantik nan menarik juga berperan penting untuk membuat konsumen membeli makanan yang kita jual. Makanya, di jurusan ini kamu pasti mendalami estetika makanan, kalau di acara masak-masak di TV sih, dipercantik dengan garnish.

Tapi kalau makanannya sudah enak dan cantik, gimana biar konsumen membelinya? Disinilah materi mengenai pemasaran dan pelayanan yang baik dipelajari. Biar pas kamu buka bisnis, nggak bingung lagi.

Kira-kira nanti pas kuliah gini, nih:

  • Belajar tata boga dengan memanfaatkan teknologi dan komunikasi
  • Belajar mengelola makanan di hotel, restoran, dan catering
  • Belajar mengelola roti & kue di cake shop sesuai zamannya 
  • Belajar membangun usaha bidang kuliner sesuai zamannya

Nah, kita ambil contoh Pendidikan Teknik Boga di Universitas Negeri Yogyakarta ya. Di sana terdapat fasilitas berupa laboratorium untuk praktikum yaitu:

  • Lab. Usaha Boga
  • Lab. Produksi Boga
  • Lab. Patiseri
  • Lab. Restaurant
  • Lab. Kimia
  • Lab Komputer dan CAD

Seru kan praktik masak-masak dan simulasi berkarir di hotel atau restoran bersama teman-teman kuliah!

5 Alasan Masuk Pendidikan Teknik Boga

Sudah tahu kan kalau bukan hanya belajar masak biasa di jurusan ini? Dan nggak banyak ilmu yang bisa didapatkan kalau hanya belajar sendiri atau lewat Youtube. Nih alasannya jurusan ini patut kamu jadikan opsi jurusan tujuanmu di UTBK!

  1. Kamu bakal jadi skillful, alias punya skill masak yang mumpuni!
  2. Makanan merupakan kebutuhan pokok, jadi bakat kamu dibutuhkan dimanapun.
  3. Jika membuka usaha, peluang berkembangnya besar karena gaya hidup masyarakat yang meningkat terus.
  4. Membantu kemajuan sektor pariwisata di Indonesia.
  5. Bidang yang tidak ada matinya, sehingga kamu bisa terus berinovasi di bidang kuliner.

Apa iya, Cuma Bisa Jadi Koki?

Ya nggak dong, lulusan Pendidikan Teknik atau Tata Boga bisa berkarir di beberapa bidang walaupun memang nggak melenceng jauh dari kuliner.

Misalnya, di bidang pendidikan sebagai Akademisi. Kamu bisa banget berkarir sebagai Guru SMK Jurusan Tata Boga, Guru Les/Kursus Tata Boga, hingga jadi Dosen kalau kamu melanjutkan pendidikan ke S2 dan sudah lulus,

Terus, kamu bisa berbisnis dengan membuka usaha sendiri. Misalnya jadi owner atau pengelola bakery, cakery, restoran, punya usaha catering atau buka coffee shop kekinian mungkin? Kamu bisa banget menjual makanan yang kamu kuasai!

Selain itu, kamu juga bisa banget bekerja di perusahaan sebagai ahli kuliner alias chef atau koki profesional. Kamu bisa berkarir di hotel bintang lima atau restoran. Nah, dengan skill spesifik yang kamu miliki, kamu punya kesempatan untuk berkarir hingga ke luar negeri lho!

Belum selesai, masih ada lagi bidang karir yang bisa kamu jalani, seperti pendemo masak, ahli gizi di restoran atau rumah sakit, food service manager di perusahaan catering, sampai jadi celebrity chef yang wara-wiri di TV~

Yaaa, kayak Chef Gordon Ramsay, Chef Arnold Poernomo, atau Chef Renatta Moeloek!

Banyak kan pilihan karirnya? Nggak melulu harus di dapur dan berurusan dengan makanannya langsung 100% kok. Kamu bisa jadi pengelola bisnis, pengatur keuangan bahkan akademisi. Gokil!

Rekomendasi PTN

Nah, daripada hobi kamu yang suka kuliner cuma dijalankan dengan nonton mukbang, mending diseriusin dengan kuliah di jurusan Pendidikan Teknik atau Tata Boga!

Banyak nih PTN yang punya jurusan ini, pun peminatnya nggak main-main. Nih, opsi buat kamu!

  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Negeri Medan
  • Universitas Negeri Semarang

Pilih yang mana nih, jadinya?

Sudah siap bersaing di UTBK dan bermimpi untuk kembangin skill & bisnismu sendiri di masa depan?

Penulis: Rienesa Darmawan


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *