Close

October 10, 2020

Tips Jago Matematika, Cara Belajar Matematika Yang Anti Gagal Paham

Cara mudah belajar matematika

Hai Pahamifren, apa kabar? Masih semangat kan belajar di rumah? Kalau dikelas, pasti kamu punya mata pelajaran favorit sampai mata pelajaran yang enggak kamu sukai. Beberapa di antara kamu pasti pernah merasa jenuh dengan matematika kan? Sudah mencoba berbagai cara belajar matematika tapi masih belum paham?

Nah, mulai sekarang ubah mindset-mu ya kawan. Mengapa? Jangan pernah anti dengan pelajaran matematika. Karena, semua yang kita lakukan sehari-hari sangat berhubungan dengan matematika. Bahkan, ponsel yang kamu gunakan dan media sosial (medsos) yang kamu mainkan setiap hari juga menggunakan rumus matematika.

Sebelum membahas tips jago matematika, sebenarnya kenapa sih matematika itu dianggap tidak menyenangkan? Kenapa matematika dianggap sulit?. Sebenarnya, matematika tidak semenyeramkan itu kok kawan. Kamu yang menganggap matematika sulit biasanya sudah terlanjur grogi aja saat melihat deretan angka dan rumus-rumus rumit.

Ada banyak cara belajar matematika yang mudah kamu lakukan. Salah satunya dengan aplikasi belajar online.

Cara Belajar Matematika Yang Mudah Dilakukan

Pemikiran seperti itu akan memunculkan rasa takut tidak bisa memahami pelajaran matematika dan memunculkan rasa malas. Belum lagi guru matematika yang terkadang terlihat killer, bukan?Nah, jadi bagaimana sih cara belajar matematika yang mudah dan menyenangkan?

Cari Suasana Baru Yang Tenang dan Menyenangkan

Cara belajar matematika yang satu ini bisa banget kamu terapkan untuk meningkatkan konsentrasi. Kamu bisa kok mencari suasana yang nyaman dan tenang untuk belajar, seperti di alam terbuka, di pinggir sungai atau sambil memandang persawahan yang hijau.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk bepergian, sesekali cobalah belajar di teras, balkon rumah, taman rumah, sambil minum teh, kopi atau minuman kesukaan kamu. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah bosan dalam belajar.

Pelajari Trik dan Rumus Mudahnya

Tidak semua cara menyelesaikan soal matematika itu sulit lho. Kamu juga bisa mencari tahu cara cepat menyelesaikan soal dengan rumus tertentu. Seiring berjalannya waktu, dengan terus mencoba hal baru, kamu akan makin penasaran dengan rumus lainnya dan belajar pun jadi lebih asyik. Enggak sulit untuk menemukan trik belajar matematika, kamu bisa mencarinya di berbagai aplikasi belajar online.

Ajak Temanmu Berdiskusi Tentang Soal Matematika

Cara ini cukup efektif buat kamu yang kebingungan pada soal matematika. Kamu bisa mengajak teman untuk belajar bersama dan saling membantu memecahkan soal yang dihadapi. Mengajak teman belajar bareng memang membuat suasana belajar menjadi lebih seru.

Setelah kamu banyak berlatih, kamu akan menemui cara memahami matematika dengan singkat. Sebenarnya kamu hanya perlu menghitung dengan menggunakan rumus yang tepat. Menghapalkan rumus juga tidak sulit kok jika kamu tahu cara-caranya.

Tips Jago Matematika Dalam Waktu Singkat

  • Teliti dan Pahami Soal Matematika Yang Kamu Kerjakan

Bacaan cerita yang panjang terkadang membuat mu terkecoh dengan soal. Maka dari itu, cobalah untuk tenang dan memahami setiap soal yang diberikan. Dengan memahami soal matematika, kamu memiliki kesempatan lebih baik untuk menemukan formula yang tepat dalam memecahkan soal tersebut.

  • Jangan Pernah Takut Salah

Salah adalah hal biasa dalam belajar. Sering salah menjawab soal membuat cara belajar matematika yang kamu lakukan semakin efektif. Sehingga, kamu akan lebih rajin mencari latihan soal baik dari buku paket, LKS, internet, maupun buku panduan lainnya.

  • Buat Catatan dan Ringkasan Rumus

Cara ini akan memudahkan kamu ketika menjawab soal, selain itu juga dapat memudahkan kamu cepat menghapal rumus. Nah, kamu juga bisa membuka beberapa situs belajar matematika yang dapat memudahkan pembelajaran.

Solusi Belajar Matematika Yang Mudah dan Menyenangkan

Pahamify, aplikasi belajar online terbaik yang memudahkan kamu menemukan cara belajar matematika termudah.

Beberapa materi pelajaran matematika seperti Persamaan Kuadrat dan Pertidaksamaan, Fungsi Kuadrat, Baris dan Deret, Eksponen (akar/pangkat), Statistika dan Logaritma adalah contoh beberapa materi pelajaran Matematika Dasar. Mulailah dari pondasi berhitung matematika dasar agar kamu lebih menguasai matematika.

Buat kamu yang ingin cara belajar matematika yang mudah dan menyenangkan, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify. Ada ribuan video belajar seru yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar online di rumah.

Tak hanya itu, Pahamify juga punya fitur Tanya Mipi untuk bantu cari jawaban Matematika lebih mudah dan cepat. Cukup foto soal melalui fitur Tanya Mipi, temukan cara penyelesaian dan pahami konsepnya. Keren kan? Yuk, download aplikasi Pahamify sekarang di sini.

Penulis : Alya Rizkia Zahra

One Comment on “Tips Jago Matematika, Cara Belajar Matematika Yang Anti Gagal Paham

Alfian
May 30, 2021 at 2:05 pm

Terimakasih atas bantuannya

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *