pfy-burger-btn Menu

Supaya PTM Sekolahmu Tidak Dihentikan 

Pahamifren sudah ada yang masuk kembali ke sekolah? Bagaimana rasanya belajar dan berkumpul langsung dengan teman-teman? Mipi yakin pasti seru banget bisa berkumpul lagi bersama teman-teman, ngambis bareng buat persiapan kuliah, dan yang ga kalah penting makan makanan kesukaan di kantin sekolah.

Bagi Pahamifren yang sudah merasakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tentu Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan! Maklum, soalnya dua tahun ke belakang pemerintah mengubah tata cara belajar menjadi jarak jauh untuk melindungi Pahamimfren semua dari penyebaran Covid 19. 

Eh, tapi kegiatan PTM sekolahmu bisa dihentikan, lho. Kok bisa? 

Kasus Covid yang Semakin Tinggi

Sejak pertengahan bulan Juni, kasus Covid di Indonesia terpantau merangkak naik. Sampai artikel ini ditulis, rata-rata terdapat 5.000 kasus tiap harinya di Indonesia. Padahal di tanggal 10 Mei lalu, kasus baru Covid di Indonesia sempat menyentuh angka 0, lho! Waduh, gawat!

Penambahan kasus ini disebabkan dengan adanya varian baru virus Covid yang ditemukan di Indonesia. Varian baru virus ini kabarnya lebih gampang menular. Selain itu, pelonggaran kebijakan penggunaan masker dan aplikasi protokol kesehatan yang semakin kendor juga jadi faktor lain. 

Karenanya, kegiatan belajar mengajar yang awalnya sudah mulai berjalan dengan tatap muka, kini terancam dikembalikan ke PJJ. Gunanya, supaya Pahamifren terhindar dari bahaya Covid 19. Untuk memastikan siswa-siswi di Indonesia bisa tetap sehat.

Tapi, perubahan PTM dan PJJ ini tidak langsung diberlakukan begitu saja ke semua sekolah Pahamifren. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan perubahan metode pembelajaran di sekolah menjadi PJJ. Apa aja, tuh? 

Aturan Menteri Pendidikan

Tanggal 29 Juli lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud-Ristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 3 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. 

Secara garis besar, dalam Surat Edaran Mendikbud-Ristek, ada tiga kondisi yang bisa menyebabkan perubahan metode belajar dari PTM kembali menjadi PJJ.
1. Pada sebuah rombongan belajar terdapat kasus konfirmasi Covid 19, dan/atau
2. Ada peserta didik yang terkonfirmasi Covid 19, dan/atau
3. Adanya peserta didik yang mengalami gejala Covid 19. 

Aturan penghentian PTM

Dalam Surat Edaran yang dikeluarkan Mendikbud Ristek tersebut, PTM baru akan dihentikan kalau memenuhi setidaknya satu dari tiga syarat tersebut Pahamifren. Lamanya masa PJJ setelah kondisi di atas juga beragam. Kalau ada klaster penularan Covid pada sebuah rombongan sekolah, maka PJJ akan dilaksanakan minimal tujuh hari. 

Sementara itu kalau ada Pahamifren di sekolah, atau teman-teman Pahamifren ada yang terkonfirmasi Covid atau diduga positif covid, maka minimal pelaksaan PJJ adalah lima hari. Baru setelah massa massa di atas, Pahamifren bisa kembali belajar di sekolah. 

Keterangan lengkapnya bisa Pahamifren lihat di sini, ya!

Supaya PTM Sekolahmu Tidak Dihentikan

Kunci supaya sekolahmu tidak berubah jadi PJJ adalah lingkungan sekolah yang bebas dari Covid-19. Maka dari itu ada beberapa hal yang bisa Pahamifren lakukan supaya terhindar dari Covid dan PTM di sekolah Pahamifren tetap bisa dilakukan. 

  1. Vaksin Lengkap
    Vaksin emang ngga bikin Pahamifren kebal dari Covid. Tapi vaksin bakal bikin kamu semakin kuat dan semakin tahan dalam menghadapi Covid. Maksudnya, kesempatan kamu terkena Covid jadi semakin kecil kalau sudah vaksin lengkap dibanding ngga pernah vaksin sama sekali.
  2. Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan
    Vaksin yang lengkap + Disiplin protokol kesehatan adalah koentji terhindar dari bahaya Covid-19. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak merupakan hal dasar yang harus Pahamifren terapkan dengan disiplin. 

Apakah ini maksudnya ngga boleh nongkrong?

Tentu tidak! Mipi ngga larang Pahamifren untuk nongkrong dan main kok. Tapi jangan lupa terapkan protokol kesehatan yang berlaku di manapun berada, ya

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, Pahamifren perlu dengan cerdik menentukkan kegiatan di luar rumah. Salah satunya dalam menentukan bimbingan belajar jarak jauh yang bisa jadi suplemen belajar yang seru dan efektif!

Di Pahamify, Pahamifren bakal dibimbing langsung sama Mipi dan rockstar teacher yang berpengalaman dan seru abis! Ini bikin proses belajar Pahamifren semakin menyenangkan dan materi yang disampaikan jadi cepat dimengerti. Selain itu, juga ada Try Out yang bisa jadi tempat Pahamifren buat latihan soal. Seru, kan? 

Makanya Pahamifren langsung aja download Pahamify dan langsung belajar bareng sama Mipi biar kegiatan PTM Pahamifren tetap aman dan lancar!

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll