Terlengkap! Informasi Seputar Pendaftaran KIP Kuliah 2021, Dari Jadwal, Syarat, Cara Daftar, Hingga Keunggulannya

Pusat UTBK 2021 yang disediakan LTMPT hampir penuh. Begini solusi dan penjelasan dari pihak LTMPT

Pahamifren, sudah tahu tentang KIP Kuliah, belum? Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah adalah satu di antara program bantuan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk siswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi.  Lewat KIP Kuliah, kamu bisa mendapatkan bantuan dana atau beasiswa kuliah buat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kalau kamu punya impian melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, namun terkendala secara ekonomi, KIP Kuliah ini bisa jadi solusinya, Pahamifren. Cobalah untuk mengikuti pendaftaran KIP Kuliah 2021 untuk bisa mencapai target pendidikanmu. Sebelum mendaftar, pastikan kamu mengetahui mekanisme pendaftarannya, ya.

Kali ini, Mipi mau memberikan informasi lengkap seputar pendaftaran KIP Kuliah 2021. Kamu simak artikel ini sampai selesai ya, biar proses pendaftaran yang kamu lakukan berjalan lancar.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 sudah dibuka sejak 8 Februari 2021 lalu sampai 31 Oktober 2021 mendatang. Untuk pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN sudah dibuka sejak 14 Februari 2021 hingga 23 Februari 2021. Sementara pendaftaran KIP Kuliah SNMPN Politeknik dibuka 12 Februari 2021 hingga 18 Maret 2021.

Meski dalam jadwal pendaftarannya hanya memuat SNMPTN dan SNMPN Politeknik, KIP Kuliah tersedia pada semua jalur seleksi (SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Mandiri). Kamu bisa memilih jalur seleksi ini saat proses pendaftaran.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pendaftaran secara mandiri di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, atau pendaftaran yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi untuk mahasiswa yang sudah diterima.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021, Bantu Kamu Raih PTN Impian Tanpa Terkendala Biaya Kuliah

Syarat Penerima KIP Kuliah

Lalu, apa saja sih persyaratan untuk penerima KIP Kuliah? Berikut adalah beberapa persyaratannya:

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/SMK/sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan, atau telah dinyatakan lulus 2 tahun sebelumnya. Untuk pendaftaran KIP Kuliah 2021, berarti yang berhak menerima adalah siswa SMA lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021.
  2. Memiliki potensi akademik yang baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.
Pahami dan  Ingin Kuliah D4 Politeknik? Ini Daftar Politeknik Negeri Yang Bisa Kamu Pilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah yang disyaratkan pada poin 2 bisa dibuktikan secara sah, melalui hal-hal sebagai berikut:

  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS); atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan; atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Apabila kamu tidak memenuhi satu di antara 5 kriteria di atas, kamu tetap bisa mendaftar KIP Kuliah kok. Asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4 juta per bulan, atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000 per bulan.

Keunggulan KIP Kuliah

Ada tiga keunggulan utama apabila kamu menjadi penerima KIP Kuliah, di antaranya:

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi. Hal ini termasuk pembebasan biaya pendaftaran UTBK, serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.
  2. Pembebasan biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke perguruan tinggi.
  3. Bantuan biaya hidup yang ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Durasi bantuan dana KIP kuliah yang disebutkan pada tiga keunggulan KIP Kuliah di atas tergantung jenjang kuliah yang kamu pilih. Adapun dana kuliah untuk jenjang S1 atau D4 durasinya selama 8 semester (4 tahun). Sementara D3 selama 6 semester (3 tahun), D2 4 semester (2 tahun), dan D1 hanya 2 semester (1 tahun). Bisa dibilang, jangka waktu ini disesuaikan dengan durasi normal untuk menyelesaikan perkuliahan pada masing-masing program.

Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Tata cara daftar KIP Kuliah 2021 untuk semua jalur masuk perguruan tinggi dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah, yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Selain melalui website, pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi KIP Kuliah yang tersedia di Play Store. Rincian tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2021 yang perlu kamu lalui adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pendaftaran akun di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah.
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, serta alamat email yang aktif.
  3. Sistem akan secara otomatis melakukan validasi data. Apabila validasi berhasil, kamu akan menerima email berisi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  4. Setelah itu, lakukan log in ke laman KIP Kuliah kembali, lalu pilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Mandiri) dan selesaikan proses pendaftaran.
  5. Perguruan tinggi akan melakukan verifikasi data calon penerima KIP yang lolos pada setiap jalur seleksi.
  6. Jika verifikasi berhasil, maka kamu berhak menerima bantuan KIP Kuliah.
Pahami dan  Pahamifren Wajib Tahu! Informasi Lengkap Seputar Portofolio SBMPTN 2021

Itulah informasi seputar pendaftaran KIP Kuliah 2021. Mudah-mudahan, informasi di atas bisa membuat kamu semakin lancar saat mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah, ya.

Nah, khusus buat kamu yang mau melakukan pendaftaran KIP Kuliah untuk SBMPTN 2021, pastikan kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2021 agar bisa lolos di perguruan tinggi impianmu.

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify sebagai persiapan UTBK. Ada ratusan latihan soal ter-update, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Cek informasi lengkapnya di link TryOut Pahamify ini, ya.

Biar makin percaya diri untuk #TaklukkanUTBK, kamu juga bisa berlangganan Paket SKS Pahamify untuk kebut persiapan belajar UTBK 1 bulan. Cek info lengkap Paket SKS di sini.

Buruan, download aplikasi Pahamify dan gunakan fitur-fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version