Pahamifren, sudah tahu tentang KIP Kuliah, belum? Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah adalah satu di antara program bantuan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk siswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi. Lewat KIP Kuliah, kamu bisa mendapatkan bantuan dana atau beasiswa kuliah buat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kalau kamu punya impian melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, namun terkendala secara ekonomi, KIP Kuliah ini bisa jadi solusinya, Pahamifren. Cobalah mengikuti pendaftaran KIP Kuliah 2021 untuk bisa mencapai target pendidikanmu. Sebelum mendaftar, pastikan kamu mengetahui mekanisme pendaftarannya, ya.

Kali ini, Mipi mau memberikan informasi lengkap seputar pendaftaran KIP Kuliah 2021. Kamu simak artikel ini sampai selesai ya, biar proses pendaftaran yang kamu lakukan berjalan lancar.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021

Pendaftaran akun KIP Kuliah 2021 sudah dibuka sejak 8 Februari 2021 lalu sampai 31 Oktober 2021 mendatang. Untuk pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN sudah dibuka sejak 14 Februari 2021 hingga 23 Februari 2021. Sementara pendaftaran KIP Kuliah SNMPN Politeknik dibuka 12 Februari 2021 hingga 18 Maret 2021.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah UTBK SBMPTN dibuka tanggal 14 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021. Sementara pendaftaran SBMPN dibuka pada tanggal 9 Mei 2021 sampai 9 Juni 2021. Kamu bisa memilih jalur seleksi ini saat pendaftaran.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pendaftaran secara mandiri di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, atau pendaftaran dilakukan oleh pihak perguruan tinggi untuk mahasiswa yang sudah diterima.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021, Bantu Kamu Raih PTN Impian Tanpa Terkendala Biaya Kuliah

Syarat Penerima KIP Kuliah

Lalu, apa saja sih persyaratan untuk penerima KIP Kuliah? Berikut adalah beberapa persyaratannya:

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/SMK/sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan, atau telah dinyatakan lulus 2 tahun sebelumnya. Untuk pendaftaran KIP Kuliah 2021, berarti yang berhak menerima adalah siswa SMA lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021.
  2. Memiliki potensi akademik yang baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen sah.
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah yang disyaratkan pada poin 2 bisa dibuktikan secara sah, melalui hal-hal sebagai berikut:

  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS); atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan; atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Apabila kamu tidak memenuhi satu di antara 5 kriteria di atas, kamu tetap bisa mendaftar KIP Kuliah kok. Asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4 juta per bulan, atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000 per bulan.

Keunggulan KIP Kuliah

Ada tiga keunggulan utama apabila kamu menjadi penerima KIP Kuliah, di antaranya:

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi. Hal ini termasuk pembebasan biaya pendaftaran UTBK, serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.
  2. Pembebasan biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke perguruan tinggi.
  3. Bantuan biaya hidup yang ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Durasi bantuan dana KIP kuliah yang disebutkan pada tiga keunggulan KIP Kuliah di atas tergantung jenjang kuliah. Adapun dana kuliah jenjang S1 atau D4 durasinya selama 8 semester (4 tahun). Sementara D3 selama 6 semester (3 tahun), D2 4 semester (2 tahun), dan D1 hanya 2 semester (1 tahun). Bisa dibilang, jangka waktu ini disesuaikan dengan durasi normal untuk menyelesaikan perkuliahan pada masing-masing program.

Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Tata cara daftar KIP Kuliah 2021 semua jalur masuk perguruan tinggi dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah, yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Selain melalui website, pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi KIP Kuliah yang tersedia di Play Store. Rincian tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2021 yang perlu kamu lalui adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pendaftaran akun di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah.
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, serta alamat email yang aktif.
  3. Sistem akan secara otomatis melakukan validasi data. Apabila validasi berhasil, kamu akan menerima email berisi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  4. Setelah itu, lakukan log in ke laman KIP Kuliah kembali, lalu pilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Mandiri) dan selesaikan proses pendaftaran.
  5. Perguruan tinggi akan melakukan verifikasi data calon penerima KIP yang lolos pada setiap jalur seleksi.
  6. Jika verifikasi berhasil, maka kamu berhak menerima bantuan KIP Kuliah.

Itulah informasi seputar pendaftaran KIP Kuliah 2021. Mudah-mudahan, informasi di atas bisa membuat kamu semakin lancar saat mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah, ya.

Nah, khusus buat kamu yang mau melakukan pendaftaran KIP Kuliah untuk SBMPTN 2021, pastikan kamu mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2021 agar bisa lolos di perguruan tinggi impianmu.

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify sebagai persiapan UTBK. Ada ratusan latihan soal ter-update, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Cek informasi lengkapnya di link Try Out Pahamify ini, ya.

Buruan download aplikasi Pahamify dan gunakan fitur-fitur kerennya untuk raih kampus impian.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

15 Comments on “Terlengkap! Informasi Seputar Pendaftaran KIP Kuliah 2021, Dari Jadwal, Syarat, Cara Daftar, Hingga Keunggulannya

Mahlail
April 29, 2021 at 10:07 pm

Bagus sekali
Apakah ada info bagi mahasiswa/ yg sedang kuliah?

Reply
Fitri Dewanty
April 30, 2021 at 2:06 am

Halo Mahlail, apabila info yang dimaksud terkait KIP-K, saat ini KIP-Kuliah masih dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.
Untuk info seputar kuliah lainnya, bisa kamu cek di blog Pahamify ya. Semoga membantu 🙂

Reply
Dinda
May 6, 2021 at 11:17 pm

Apakah kip bisa berlaku untuk calon mahasiswa PTS?

Reply
Fitri Dewanty
May 7, 2021 at 1:38 am

Halo dinda, tenang saja, ada beberapa PTS yang menerima KIP-K, contohnya Universitas Telkom, UPH, Binus. Untuk cek PTS yang kamu tuju penerima KIP-K atau tidak bisa cek di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ ya.
Jangan lupa lihat artikel Pahamify ini sebagai acuan memilih PTS yang tepat: https://pahamify.com/blog/cara-memilih-universitas-swasta-yang-bagus/
Semoga jawabannya membantu 🙂

Reply
Santoso
May 10, 2021 at 11:35 am

Halo… apakah KIP K berlaku juga di Universitas Terbuka prodi PGSD?
Terima kasih…..

Reply
Fitri Dewanty
May 10, 2021 at 1:48 pm

Halo Santoso, kabar baiknya, KIP-K berlaku di Universitas Terbuka prodi PGSD. Informasi lengkapnya silakan cek di laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ menu “Profil Perguruan Tinggi”, ya. Semoga jawaban ini bisa membantu 🙂

Reply
Sathya
May 24, 2021 at 11:14 am

Tolong dijawab kak, saya tamat 2019 mau pake kip k di pts tapi kok ga dikasi ya katanya hanya 2020 dan 2021 saja mohon bantuannya mohon dijawab

Reply
Fitri Dewanty
May 25, 2021 at 3:54 am

Halo Sathya, berdasarkan website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, penerima KIP-K adalah siswa SMA sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan (2021) atau telah dinyatakan lulus 2 tahun sebelumnya (2019, 2020). Mungkin dapat dikonfirmasi lagi ke PTS yang dipilih, bisa jadi ada kebijakan tersendiri dari PTS tersebut.
Semoga jawaban ini membantu. Terima kasih 🙂

Reply
Mepriana Pakpahan
May 28, 2021 at 3:11 am

Kak mohon bantuannya kak apakah bisa mendaftar 2 politeknik sbmpn di kip kuliah

Reply
Fitri Dewanty
May 29, 2021 at 11:27 am

Halo Mepriana, setau Mipi untuk di website KIP Kuliah, seleksi SBMPN hanya bisa mengisi 1 politeknik saja, ya. Semoga jawaban ini membantu 🙂

Reply
Ilmaf
May 28, 2021 at 11:56 am

Halo kak, mau tanya kalo pendaftar kipk sbmpn politeknik tetap bayar biaya pendaftaran tidak ya kak?

Reply
Fitri Dewanty
May 29, 2021 at 11:22 am

Halo Ilmaf, setau Mipi, itu tergantung kebijakan masing-masing politeknik ya. Sejauh ini yang biaya pendaftarannya gratis untuk KIP Kuliah adalah Politeknik Negeri Bandung. Untuk lebih jelasnya, silakan cek di politeknik yang kamu tuju.
Semoga jawaban ini membantu. Terima kasih 🙂

Reply
Desi Ratnasari
June 14, 2021 at 2:29 am

Halo kak, mau tanya saya kn sudah mendaftar di kip k jalur mandiri dan daftar di satu unvirsitas, apakah akan ada info jika kita diterima di kampus tersebut dan baru akan mendapat no ujiannya

Reply
Fitri Dewanty
June 15, 2021 at 1:12 am

Halo Desi, setelah mendaftar KIP-K, kamu harus menyelesaikan pendaftaran di portal universitas yg kamu tuju dan mengikuti tahapan seleksi yg ditetapkan. Jika kamu dinyatakan diterima di universitas tersebut, akan ada verifikasi KIP-K oleh pihak univ.
Pengumuman hasil seleksi maupun hasil verifikasi KIP-K setau Mipi biasanya akan diumumkan oleh universitas. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa konfirmasi ke universitas yang kamu pilih, ya. Semoga jawaban ini membantu 🙂

Reply
Dera puspita
July 9, 2021 at 2:17 pm

Hallo kak, izin bertanya .. 1 orang apa bisa ya kak mendaftar lebih dari 1 univ di seleksi mandiri??

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version