Pahamifren, tentunya banyak dari kamu yang ingin melanjutkan kuliah di PTN karena dikenal baik dan mutu pendidikannya terjamin. Semua jalur seleksi masuk PTN, mulai dari SNMPTN, UTBK SBMPTN, hingga Ujian Mandiri berusaha kamu coba. Mudah-mudahan, usaha keras tersebut membuahkan hasil, ya. Namun, apabila kamu belum berpeluang masuk PTN, jangan langsung berkecil hati. Kamu masih bisa mempertimbangkan universitas swasta yang bagus sebagai tempat kuliah. 

Kuliah di universitas swasta tidak berarti kamu bodoh dan susah mendapatkan pekerjaan. Banyak juga universitas swasta yang bagus dan kualitas pendidikannya enggak kalah keren sama universitas negeri. Bahkan, ada beberapa universitas swasta yang punya program menjanjikan untuk dunia kerja, lho. Mau tahu cara memilih universitas swasta yang bagus? Simak artikel ini sampai selesai.

Cara Memilih Universitas Swasta yang Bagus

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan universitas swasta yang bagus. Namun, kali ini Mipi hanya akan membahas 5 cara penting yang wajib kamu ketahui. Berikut cara-cara tersebut:

Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan yang Kamu Pilih

Kenapa mengecek akreditasi kampus dan jurusan penting dilakukan? Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kualitas pendidikan di tempat yang kamu tuju. Akreditasi kampus dan jurusan bisa dibilang seperti cerminan lembaga pendidikan. Suatu PTS maupun program studi yang memiliki akreditasi jelas dan bagus, pasti memiliki standar mutu pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Dalam artian, melalui akreditasi ini, mutu dan kualitas pendidikan universitas yang bagus sudah dijamin oleh pemerintah.

Untuk mengecek akreditasi ini, kamu enggak perlu jauh-jauh pergi ke PTS yang kamu pilih kok. Kamu bisa mengeceknya secara online di laman resmi Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Khusus untuk program studi bidang kesehatan, kamu juga bisa mengeceknya di Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Pahami dan  Paket UTBK Express: Lebih Maksimal Hadapi UTBK

Fasilitas Kampus

Universitas swasta yang bagus biasanya memiliki fasilitas yang memadai sehingga bisa mendukung proses pengembangan diri selama kuliah. Sebelum daftar kuliah di kampus swasta, cek fasilitas yang disediakan, baik fasilitas kampus, fakultas, maupun program studi. Contohnya, buat kamu yang mengambil jurusan Saintek, wajib banget cek kelengkapan ruang laboratorium di kampus tersebut.

Selain itu, cek juga program-program yang disediakan untuk mahasiswanya. Penting kamu ingat, masa-masa kuliah bukan sekadar mengejar nilai akademis saja. Universitas swasta bagus harus menyediakan wadah bagi mahasiswa agar mampu mengembangkan keterampilan yang berguna di dunia kerja.

Sebagai gambaran, di Universitas Telkom, fasilitas dikelompokkan menjadi kantin, book store, fasilitas keagamaan, fasilitas publik, dan fasilitas untuk minoritas. Universitas Telkom juga menyediakan fasilitas konseling, konsultasi beasiswa, hingga layanan pembimbingan akademik untuk mahasiswanya. Fasilitas semacam ini tentunya sangat bermanfaat untuk menunjang proses perkuliahan kamu, Pahamifren.

Rekam Jejak Alumni

Rekam jejak alumni kampus dan jurusan juga bisa menjadi salah satu pertimbangan menentukan universitas swasta yang bagus. Mulai cari tahu bagaimana prospek kerja alumni kampus tersebut? Apa bidang pekerjaan yang banyak dicari alumni? Seberapa banyak alumni yang sukses setelah lulus?

Cara seperti ini bisa memudahkanmu menilai hasil standar pendidikan di kampus yang kamu tuju. Selain itu, memilih PTN yang memiliki banyak alumni sukses bisa membuat kamu lebih mudah mengembangkan relasi saat memasuki dunia kerja. Maka dari itu, saat kuliah, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengenal banyak senior melalui kegiatan kampus, seperti UKM, webinar, maupun magang.

Biaya Kampus

Biaya kuliah di universitas swasta relatif lebih tinggi jika dibandingkan PTN. Namun, biasanya biaya tersebut sebanding dengan fasilitas, metode pembelajaran, serta program-program unggulan yang ditawarkan. Tapi, tidak semua kampus swasta memiliki biaya kuliah yang mahal kok. Sebelum daftar kuliah, sebaiknya kamu riset PTS terbaik yang sesuai dengan budget pendidikan kamu.

Pahami dan  Cara Taklukkan Blocking Time UTBK 2021, Ikuti 4 Tips Manajemen Waktu Ini

Sejumlah universitas swasta yang bagus juga menawarkan beasiswa pendidikan untuk mahasiswanya. Satu di antara program yang ditawarkan yaitu Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Beberapa contoh universitas swasta yang menerima KIP-K adalah Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Pelita Harapan. Kamu bisa cek daftar Perguruan Tinggi Swasta penerima KIP-K di laman resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id pada menu Profil Perguruan Tinggi.

Peringkat Kampus

Semakin tinggi peringkat Perguruan Tinggi Swasta, maka kualitas pendidikan dan popularitasnya juga semakin bagus. Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui peringkat PTS yang kamu tuju sebelum daftar kuliah. Saat ini, banyak lembaga pemeringkatan perguruan tinggi nasional maupun internasional yang bisa kamu kunjungi untuk mengecek peringkat ini. Kamu bisa mengunjungi laman resmi lembaga seperti Kemenristekdikti, Webometrics, QS World University Rankings, 4ICU, The World University Rankings, dan masih banyak lagi.

Peringkat kampus ini seringkali diabaikan calon mahasiswa baru. Padahal, ada beberapa universitas menjadikan peringkat kampus sebagai pertimbangan untuk pelamar beasiswa S2 ke luar negeri. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan hal ini ya, Pahamifren!

Rekomendasi Universitas Swasta yang Bagus di Indonesia

Dari beberapa cara di atas, kamu sudah tidak kebingungan lagi menentukan tempat kuliah dong. Biar kamu punya referensi, Mipi akan membagikan beberapa daftar universitas swasta yang bagus di Indonesia. Ada apa saja, ya?

  • Universitas Telkom
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Surabaya
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Ahmad Dahlan
  • Universitas Tarumanegara

Selain daftar di atas, tentunya masih banyak universitas swasta yang bagus di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan. Intinya, baik itu dalam memilih PTN atau PTS, kamu harus membuat riset terlebih dahulu agar menemukan yang paling baik, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga harus mempersiapkan diri agar punya prestasi yang baik dan lulus ujian di kampus pilihanmu.

Pahami dan  Ini Dia, 5 Tips Manajemen Emosi setelah Tes UTBK yang Wajib Kamu Tahu

Yuk, persiapkan diri masuk kampus impian bersama Pahamify! Dilengkapi video materi berkonsep gamifikasi, aplikasi belajar online Pahamify bisa membuat proses belajar online di rumah lebih seru dan bikin paham.

Buat kamu yang masih ingin berjuang dan ambis masuk PTN lewat jalur SBMPTN maupun Mandiri, kamu bisa mencoba latihan soal di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK dan Ujian Mandiri berkonsep HOTS yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Jangan lupa, upgrade ke Pahamify TryOut Premium biar bisa mendapatkan akses yang maksimal.

Tunggu apalagi? Download aplikasi Pahamify sekarang di link ini. Gunakan semua fiturnya untuk raih kampus impian.

Cek juga promo menarik Pahamify di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version