Pahamifren, sudah tahu belum, kalau tes UTBK 2021 menggunakan tipe soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Tes Kompetensi Akademik (TKA)? Karakteristik soal HOTS ini dikenal cukup menantang. Jadi, materi yang akan diujikan pada kelompok ujian Saintek dan Soshum bakal menggunakan tipe soal ini.

Yang harus kamu ketahui adalah, hampir semua soal tidak bisa dijawab hanya dari hafalan teori. Kamu harus mengandalkan pemahaman dan penalaran untuk menyelesaikannya. Intinya, soal HOTS dirancang agar kamu berpikir keras untuk mendapatkan jawaban yang benar.

Pengertian dan Karakteristik Soal HOTS

Apa itu soal HOTS? Apa sih karakteristik soal HOTS yang keluar pada UTBK SBMPTN 2021.

Daripada penasaran, cari tahu yuk soal HOTS itu seperti apa sih? Kali ini, Mipi sudah merangkum pembahasan mengenai pengertian dan karakteristik soal HOTS, sekaligus contoh soalnya. Simak pembahasannya sampai selesai, ya.

Apa itu Higher Order Thinking Skills?

HOTS atau Higher Order Thinking Skills diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk berpikir tingkat tinggi. Konsep HOTS ini sebenarnya berasal dari sebuah konsep pendidikan yang didasarkan pada Taksonomi Bloom.

Berdasarkan Taksonomi Bloom, dalam mempelajari suatu topik, setiap orang memiliki tingkatan kemampuan berpikirnya masing-masing, mulai dari tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills, disingkat LOTS), hingga tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills, disingkat HOTS).

Dari namanya saja, Pahamifren pasti sudah tahu, soal HOTS memerlukan kemampuan berpikir lebih untuk bisa menjawabnya daripada soal yang bukan HOTS. Eh, soal yang bukan HOTS ini biasanya disebut tipe soal LOTS, ya.

Tingkatan kemampuan berpikir HOTS maupun LOTS ini digambarkan dalam bentuk piramida. Dari tingkatan paling rendah yaitu remembering (mengingat), understanding (memahami), applying (menerapkan), analyzing  (menganalisis), evaluating (mengevaluasi), hingga creating (menciptakan).

Soal tipe LOTS hanya menguji 3 kemampuan di tingkat terendah, seperti kemampuan mengingat, memahami, dan menciptakan. Makanya, soal tipe LOTS ini bisa kamu jawab secara mudah hanya dari hafalan teori.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Soshum 2021 Sosiologi dan Pembahasannya

Sementara soal HOTS tidak berhenti di menguji 3 kemampuan itu saja, tetapi juga menuntut kamu untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan model/kesimpulan dari informasi yang disediakan. Itulah sebabnya soal HOTS ini terasa sulit dan begitu menantang, Pahamifren.

Karakteristik Soal HOTS

Kamu perlu mengetahui karakteristik soal HOTS untuk bisa membedakannya dengan soal LOTS. Beberapa karakteristik soal HOTS yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

Fokus pada Penalaran

Soal HOTS akan menitikberatkan pertanyaan yang bisa mengukur kemampuan menalar kamu. Artinya, dari soal tersebut kamu mampu menganalisis ide dan informasi secara kritis, melakukan transfer satu konsep ke konsep lainnya, hingga menggunakan analisis tersebut untuk menyelesaikan masalah dan menemukan jawaban yang benar.

Kalau soal LOTS, pertanyaannya biasanya berfokus pada “apa”, “siapa”, dan “kapan”. Sementara soal HOTS berfokus pada pertanyaan “bagaimana” dan “kenapa”. Untuk materi hitung-hitungan, soal HOTS tidak hanya membutuhkan rumus untuk bisa menjawabnya, tapi juga perlu pemahaman konsep yang mendalam.

Berkaitan dengan Fenomena Sehari-hari

Karakteristik soal HOTS selanjutnya yaitu banyak mengaitkan suatu materi dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, fenomena sosial media, resesi ekonomi, rantai makanan, adaptasi tumbuhan, rotasi bumi, virus, dan sebagainya.

Daripada cuma menanyakan tentang pengertian dan teori, soal yang berkaitan dengan fenomena sehari-hari tentu lebih seru dan menantang kan? Lewat pengaitan ke kehidupan sehari-hari ini, kamu jadi bisa melihat relevansi apa yang telah kamu pelajari dan penerapannya di kehidupan nyata. Kamu pun menjadi lebih penasaran menemukan jawabannya.

Soal Berupa Cerita, Tabel, dan Diagram

Saat mengerjakan soal HOTS, ada data yang diberikan dalam bentuk penggalan cerita, paragraf bacaan, gambar, tabel, maupun grafik. Jadi, Pahamifren dituntut untuk membaca dan memahami data-data tersebut terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Soshum 2021 Sosiologi dan Pembahasannya

Data yang disajikan tersebut bisa digunakan untuk beberapa pertanyaan. Misalnya, data berupa paragraf bacaan bisa digunakan untuk menjawab 3 pertanyaan, seperti gagasan utama, kesimpulan, dan sebagainya.

Dalam hal ini, Pahamifren harus mulai rajin mengerjakan latihan soal agar terbiasa membaca dan menganalisis data yang panjang dalam suatu soal. Jika sudah terbiasa, pasti lebih mudah untuk menjawab soal secara cepat dan tepat.

Bagaimana cara menjawab soal HOTS? Pahami karakteristik soal HOTS pada UTBK SBMPTN 2021.

Perbedaan Soal HOTS dengan Soal yang Bukan HOTS

Dari karakteristik soal HOTS, dapat disimpulkan bahwa soal HOTS lebih mengutamakan logika dan kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan tipe soal LOTS.

Pilihan kata yang digunakan pada tingkat HOTS berfokus pada analisis, membandingkan, menyimpulkan, menciptakan, mengombinasikan, dan merencanakan. Sementara pilihan kata pada tingkat LOTS hanya mengingat, menyusun, menduplikasi, memilih, dan merangkum.

Soal LOTS sekadar menuntut kamu untuk mengingat memori pengetahuan yang telah diajarkan. Sedangkan, soal HOTS lebih mengajak kamu untuk berpikir kritis sehingga kamu bisa mengaitkan satu materi ke materi lain untuk membangun sebuah cerita besar yang seru. Sampai sini, semakin terlihat jelas perbedaannya kan, Pahamifren?

Contoh Soal HOTS

Supaya kamu lebih paham, kita bahas saja beberapa contoh soal HOTS berikut ini:

Soal HOTS Kimia

Beberapa sel volta dibuat dengan katoda Cu dan beberapa logam lain sebagai anoda. Jika kedua elektroda dihubungkan dengan sebuah lampu yang dipasang sedemikian rupa, lampu akan menyala paling terang apabila digunakan anoda….

a. Ag

b. Al

c. Ni

d. Mg

e. Zn

Pembahasan:

Pada sel volta terjadi reaksi secara spontan karena energi potensial selnya (Esel​) bernilai positif. Selain itu, di dalam sel volta terjadi perubahan energi berupa energi kimia menjadi energi listrik. Sel volta menghasilkan nyala lampu paling terang diakibatkan perbedaan energi potensial yang besar antara katoda dengan anodanya.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Soshum 2021 Sosiologi dan Pembahasannya

Nilai potensial ini bisa dilihat dari deret volta berikut:

Li-Ba-Ca-Na-Mg-Al-Mn-H2O-Zn-Cr-Fe-Cd-Co-Ni-Sn-Pb-H’-Cu-Ag-Hg-Pt-Au

Nah, dari deret tersebut Cu berada paling jauh jaraknya sama Mg. Posisi Mg berada paling kiri dibandingkan dengan bahan anoda yang lain. Otomatis perbedaan potensialnya juga paling besar. Jadi, lampu akan menyala paling terang apabila anoda yang digunakan adalah Mg.

Jawaban yang benar adalah D.

Soal HOTS Ekonomi

Soal HOTS merupakan konsep yang berasal dari Taksonomi Bloom

Millen Ciyus memiliki salon di komplek dekat rumahnya. Salon kecantikan tersebut termasuk ke dalam badan usaha perseorangan. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan badan usaha perseorangan adalah….

1) Perkembangan usaha lebih cepat.

2) Cepat dalam mengambil keputusan.

3) Beban pajak penghasilan kecil.

4) Tidak banyak dibatasi geraknya oleh undang-undang dan peraturan.

Pilihlah:

a. 1, 2, dan 3

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 4 saja

e. 1, 2, 3, dan 4

Pembahasan:

Perusahaan perseorangan merupakan perusahaan yang dikelola oleh satu orang sehingga segala resiko ditanggung sendiri. Nah, yang menjadi kelebihan perusahaan perseorangan, di antaranya:

1) Cepat dalam mengambil keputusan.

2) Kebebasan bergerak.

3) Ongkos organisasi rendah.

4) Keuntungan jatah perorangan.

5) Pajak rendah.

Jawaban yang bena adalah C.

Nah, itu dia pembahasan singkat seputar karakteristik soal HOTS. Mau tahu contoh soal HOTS lainnya? Kamu bisa mengikuti Try Out Online Gratis dari Pahamify. Ada berbagai latihan soal UTBK yang bisa kamu pelajari untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2021.

Tunggu apalagi, download aplikasi belajar online Pahamify sekarang! Jadikan Pahamify #TemanPersiapanUTBK Kamu!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version