Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, bagaimana hasil SBMPTN kamu tahun ini? Apa pun hasilnya, Mipi percaya kamu sudah melakukan yang terbaik kok. Buat kamu yang lolos SBMPTN 2021, Mipi ucapkan selamat, ya! Kini, kamu bisa mulai mempersiapkan diri menjadi mahasiswa baru di kampus impianmu. Lakukan persiapan awal masuk kuliah secara matang agar hari pertamamu di kampus berjalan menyenangkan.

Masih banyak di antara kamu bertanya-tanya, apa saja sih yang dilakukan saat kuliah? Apa yang harus dilakukan mahasiswa baru? Nah, supaya dapat beradaptasi dengan kehidupan kampus, Mipi sudah merangkum hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan awal masuk kuliah. Yuk, simak info lengkapnya berikut ini!

Persiapan Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Tentunya, awal masuk kuliah menjadi momen baru di hidupmu. Memasuki kegiatan perkuliahan berarti kamu punya lingkungan baru, teman baru, sistem pembelajaran baru, bahkan tanggung jawab baru. Terkadang, hal-hal baru tersebut membuat kamu merasa tegang karena bingung harus bersikap seperti apa. Tapi, tenang saja, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan agar lebih siap menghadapi awal masuk kuliah. Apa saja itu?

Persiapan Mental

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat awal masuk kuliah yaitu mempersiapkan mental. Persiapan mental di sini maksudnya kamu harus bisa membedakan mental saat sekolah dengan kuliah. Kalau di sekolah dulu kamu sering diberi informasi dari guru, lain halnya dengan kuliah. Di bangku perkuliahan, kamu harus aktif mencari semua informasi yang ada di kampus, termasuk jadwal ujian dan kehadiran dosen.

Kamu dituntut menjadi mandiri saat kuliah. Selain harus menggali informasi sendiri, dosen juga tidak akan ‘menyuapi’ pembelajaran terus-menerus. Harus ada kesadaran penuh untuk mempelajari materi kuliah. Paham atau tidaknya kamu dengan materi ada di tanganmu sendiri. Jika tidak mempersiapkan mental yang kuat sejak awal, bukan tidak mungkin proses perkuliahan kamu akan terhambat. Enggak mau hal itu terjadi kan?

Ikuti Agenda Ospek

Umumnya, sebelum memulai kegiatan perkuliahan, kamu akan menghadapi kegiatan ospek atau pengenalan kehidupan kampus terlebih dahulu. Dalam kegiatan ini, kamu akan dibekali informasi seputar universitas, fakultas, jurusan, serta organisasi-organisasi yang ada di kampusmu. Kamu pun berkesempatan mendapatkan teman baru melalui kegiatan ini. Jadwal ospek biasanya berlangsung selama 3 sampai 7 hari, tergantung kebijakan kampus masing-masing.

Lantas, tujuan ospek ini apa sih? Tujuannya, agar kamu mengenal dan memahami lingkungan kampus serta mekanisme yang berlaku di dalamnya. Selain itu, menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal. Bisa dibilang, kegiatan ospek ini menjadi bekal penting untuk kegiatan perkuliahan nantinya. Maka dari itu, persiapkan dirimu sebaik mungkin, mulai dari kesehatan hingga berbagai perlengkapan, supaya dapat mengikuti seluruh agenda ospek.

Kenali Lingkungan Kampus

Setelah mengikuti ospek, kamu mungkin sudah memiliki beberapa informasi tentang kampusmu, seperti fasilitas, pembelajaran, atau dosen-dosen yang mengajar di jurusanmu. Namun, hal itu saja tidak cukup. Supaya persiapan awal masuk kuliah makin matang, kamu perlu mengenali kehidupan kampus lebih jauh.

Saat hari pertama masuk kuliah, ada baiknya kamu mempelajari sistem di kampusmu, terutama dalam hal akademik. Misalnya, cara mengurus KRS (Kartu Rencana Studi), cara membuat kartu perpustakaan, cara mengecek nilai, dan sebagainya. Jangan lewatkan juga aturan berpakaian di kampusmu, ketahui jenis pakaian yang boleh maupun tidak boleh dipakai.

Ada baiknya kamu pun mencari tahu kondisi di lingkungan sekitar kampus. Contohnya, transportasi, tempat makan, toko peralatan tulis, tempat fotokopi, dan sebagainya. Percaya deh, hal ini penting banget untuk mempermudah proses perkuliahan kamu.

Cari Relasi Sebanyak-banyaknya

Awal masuk kuliah merupakan saat yang tepat mencari relasi sebanyak-banyaknya. Tidak cuma teman satu jurusan atau satu angkatan saja, kamu bisa menjalin pertemanan dengan jurusan maupun angkatan lain. Jangan takut bergaul dengan kakak tingkat, Pahamifren! Justru mereka dapat membantumu beradaptasi terhadap dunia perkuliahan.

Sebagai mahasiswa baru, hal yang wajar kalau kamu belum terlalu mengerti seluk-beluk perkuliahan. Oleh karena itu, berkenalan dengan banyak orang bisa membantumu mengetahui hal-hal penting tentang dosen, mata kuliah, atau cara dan tips menjalankan kegiatan perkuliahan. Bahkan, kalau kamu bisa mempertahankan relasi yang baik dengan banyak orang, hal itu bisa berguna di dunia kerja setelah lulus nanti, lho! Jadi, mulai perbanyak relasi dan jangan takut memulai berkenalan duluan, ya.

Kenali Dosen, Jadwal Kuliah, dan Materi Pembelajarannya

Persiapan masuk kuliah berikutnya yaitu mengenali dosen, jadwal kuliah, dan materi pembelajarannya. Perlu kamu tahu, tidak semua dosen memiliki sikap atau cara mengajar sama. Kalau di sekolah kamu mungkin lebih sering berkutat dengan buku pelajaran, namun saat di kuliah ada banyak sekali cara pembelajaran yang diterapkan. Ada dosen yang suka menjelaskan melalui PPT, video, diskusi kelompok, atau bahkan ada yang lebih suka mahasiswanya membaca jurnal secara mandiri.

Selain itu, jadwal kuliah setiap dosen pun berbeda-beda. Terkadang juga dapat mengalami perubahan jadwal dan kelas secara mendadak. Sebagai antisipasi, sebaiknya kamu mengecek mading atau grup kelas untuk mengetahui perubahan yang mungkin terjadi. Cek selambat-lambatnya satu jam sebelum kelas dimulai. Jadi, kalau ada perubahan jadwal dan kelas, kamu tidak terlambat masuk.

Intinya, pastikan kamu mengenali dosen untuk setiap kelas yang kamu ambil. Beradaptasilah dengan cara pembelajaran yang digunakan. Seumpama kamu merasa tidak cocok dengan cara pembelajarannya, jika memungkinkan, sebaiknya kamu tidak memilih dosen yang sama di semester depan agar proses perkuliahnmu tetap berjalan lancar.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan awal masuk kuliah. Sudah siap jadi mahasiswa baru, Pahamifren? Oh iya, berhubung masih dalam suasana pengumuman SBMPTN 2021, Mipi punya traktiran seru nih untuk merayakan perjuanganmu.

Cukup ceritakan perjuangan SBMPTN dan isi survey guna membantu Pahamify menjadi lebih baik lagi, kamu berkesempatan mendapatkan traktiran boba, tumblr, helm, bahkan boneka Mipi eksklusif. Periode penawaran traktiran dari Mipi ini sangat terbatas, lho. Buruan ceritakan isi surveynya sekarang di link Aku mau dapat TRAKTIRAN MIPI.

Sementara itu, biar persiapan masuk kuliah lebih matang, jangan lupa unduh aplikasi Pahamify. Ada beragam info kuliah seputar jurusan, kampus, serta tips dan trik perkuliahan yang bisa kamu dapatkan. Ayo #LulusUTBKSiapKuliah bareng Pahamify!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan 5 Hal Ini sebagai Persiapan Awal Masuk Kuliah

inggrid yohanes
July 24, 2021 at 2:47 am

saya sangat berterimakasih, bagi saya ini sangat penting bagi kami calon mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri kejenjang selanjutnya

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll