Pahamifren, pernah nggak kamu berpikir kalau tes UTBK SBMPTN itu menegangkan? Wajar saja, saat tes berlangsung, kamu harus mengerjakan soal UTBK sekaligus berpacu dengan waktu ujian. Inilah mengapa kamu harus memiliki strategi manajemen waktu yang efektif untuk menjawab soal-soal UTBK.

Bayangkan saja, dalam waktu 195 menit, kamu harus mampu mengerjakan soal TPS dan TKA dalam jumlah yang banyak sekaligus. Artinya, untuk mengerjakan satu soal, kamu hanya diberikan waktu satu menit. Maka dari itu, kamu harus memiliki persiapan yang matang menghadapi UTBK SBMPTN ya, Pahamifren.

Tapi jangan khawatir, khusus buat Pahamifren, kali ini, Mipi akan membagikan strategi manajemen waktu yang efektif agar kamu bisa menjawab soal-soal UTBK 2021 secara cepat. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Strategi Manajemen Waktu Tes UTBK

Kemampuan mengatur waktu tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang memang suka merencanakan sesuatu saja, lho. Semua orang harus tahu cara mengatur waktu. Adapun manfaat mengatur waktu yaitu membantu kamu work smarter not harder, karena akan percuma jika kamu hanya bekerja keras tanpa strategi waktu yang pas.

Saat mengerjakan soal UTBK 2021, kamu harus memiliki strategi manajemen waktu yang efektif dan efisien.

Itulah sebabnya strategi manajemen waktu yang baik juga sangat dibutuhkan saat UTBK. Jadi, kamu lebih bisa mengerjakan banyak soal dalam waktu yang lebih efektif. Berikut beberapa strategi manajemen waktu yang bisa kamu terapkan saat mengerjakan soal UTBK 2021:

Kendalikan Diri

Mengelola atau mengendalikan diri sendiri merupakan langkah awal untuk memanajemen waktu ujian secara efektif. Gugup, grogi, atau deg-degan memang hal yang wajar saat ujian.

Namun, jangan sampai rasa gugup tersebut berhasil menguasai diri kamu. Rasa gugup yang tidak terkontrol bisa merusak konsentrasi dalam mengerjakan soal. Akibatnya, pengerjaan soal terhambat dan waktu ujian terbuang sia-sia.

Kelola diri dengan cara mengatur nafas, menenangkan diri, dan meningkatkan rasa percaya terhadap diri sendiri. Kamu bisa mengucapkan kata-kata semangat, seperti “Kamu pasti bisa!” tiap kali kamu merasa gugup. Cara ini bisa meyakinkan kamu untuk mampu menyelesaikan semua soal UTBK semaksimal mungkin.

Pahami dan  Dijamin Ampuh, Ikuti Latihan Soal UTBK #1Hari1Soal Dari Pahamify

Kerjakan Dari Yang Mudah

Bagaimana cara mengetahui soal tersebut mudah atau tidak? Sebelum mulai mengerjakan soal UTBK, jika mungkin, baca dulu semua pertanyaan. Cari soal yang kamu merasa bisa, mudah, dan cepat dikerjakan.

Kalau ternyata soal yang kamu pilih memiliki cara penyelesaian yang lebih kompleks dan butuh waktu pengerjaan yang lama, jangan ragu untuk melewatinya. Kuncinya, kerjakan soal mudah lebih dulu, barulah kembali pada soal yang sulit ketika semua soal mudah sudah terselesaikan.

Agar waktu ujian lebih efisien, kamu juga bisa mengosongi jawaban dari soal yang memang terlalu sulit untuk kamu kerjakan, lho. Perlu diingat, jawaban yang salah bisa mengurangi nilai UTBK kamu, tepatnya nilai -1 untuk setiap jawaban yang salah dan 0 untuk jawaban kosong. Jadi, nggak masalah tuh kalau kamu mengosongi jawaban, asalkan tidak terlalu banyak saja, ya.

Namun, ada baiknya kamu menguasai materi UTBK dan memperbanyak latihan soal UTBK terlebih dahulu agar bisa menjawab semua soal benar dan mendapatkan skor UTBK tertinggi. Selagi masih ada waktu, kamu masih bisa menguasai materi UTBK dan mempersiapkan diri agar lebih matang menghadapi UTBK SBMPTN 2021 nanti, Pahamifren.

Baca Langsung Jawab

Saat membaca soal, upayakan kamu langsung tahu apa yang ditanyakan dan tahu cara mengerjakannya. Tentu upaya ini akan sangat menghemat waktu dan membantumu menjawab soal secara cepat. Namun, untuk melakukan upaya ini dibutuhkan kecermatan dan ketelitian agar jawaban yang kamu temukan secara cepat tersebut adalah jawaban yang benar. Kamu perlu berhati-hati dengan soal yang mengandung kata-kata negatif, seperti kata kecuali.

Selain itu, kamu pun perlu memperbanyak latihan soal UTBK atau mengikuti try out online UTBK SBMPTN 2021 agar terbiasa memahami konsep-konsep soal yang biasa diujikan. Saat tahu konsepnya, kamu akan lebih mudah menemukan cara pengerjaan soal tersebut.

Membatasi Waktu 

Cara mudah mengatur waktu saat ujian yaitu membagi waktu pengerjaan tiap sesi dan jumlah soal. Misalnya, kamu bisa membatasi waktu pengerjaan satu menit per soal, atau 40-50 menit per sesi materi. Jadi, kalau durasinya melebihi waktu yang ditentukan, kamu harus berganti dengan soal yang lain terlebih dahulu agar tidak terjebak dalam satu soal.

Pahami dan  Mengenal Passing Grade, Keketatan Persaingan dan Daya Tampung SBMPTN

Untuk pembagian waktu pengerjaan tiap soal ini, harus kamu sesuaikan dengan batas kemampuanmu mengerjakan soal, ya. Kalau kamu biasanya mengerjakan soal yang mudah dalam waktu 2 menit dan 5 menit untuk soal sulit, ya berarti 2-5 menit itulah yang menjadi batas waktunya. Kamu bisa menggunakan stopwatch atau timer saat mengerjakan latihan soal UTBK untuk mengukur lama waktu pengerjaan satu soal yang kamu butuhkan.

Memantau Waktu

Terlalu fokus mengerjakan soal bisa membuat kamu lupa dengan waktu yang tersisa. Akibatnya, kamu jadi terburu-buru kalau waktu ujian tinggal sedikit, hingga akhirnya manajemen waktu berantakan deh. Solusi untuk mengatasinya, lihatlah timer pada layar komputer atau bawalah jam tangan ke ruang ujian agar kamu bisa memantau waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal. Tapi, jangan terlalu sering melakukannya ya, bisa-bisa waktu habis hanya untuk memantau waktu, Pahamifren.

Menemukan Trik Menghadapi Soal Cerita

Pada soal TPS UTBK, biasanya terdapat soal bentuk bacaan yang panjang atau soal cerita. Tips mengerjakan soal TPS UTBK yang berbentuk soal cerita yaitu membaca terlebih dahulu pertanyaannya. Dari membaca pertanyaannya terlebih dahulu, kamu bisa tahu, apakah perlu membaca semua bacaan atau tidak.

Contohnya, soalnya menanyakan gagasan paragraf ketiga, nah, kamu nggak perlu baca teks semuanya, kamu bisa langsung loncat membaca paragraf ketiga saja. Lewat trik ini, kamu akan lebih menghemat waktu ujian.

Mengetahui Trik Menghitung

Satu cara mengatur waktu ujian lebih efisien yaitu mengerjakan soal hitungan dengan menguasai triknya. Trik menguasai soal hitungan yaitu bukan dengan hafalan rumus-rumus hitung cepat, melainkan trik mengubah bentuk, menyederhanakan, atau memodifikasi perhitungan tersebut.

Trik ini bisa kamu temukan lewat latihan soal UTBK atau dengan mengikuti kelas online khusus persiapan UTBK SBMPTN 2021. Trik-trik itu akan sangat membantu dalam menyelesaikan hitungan lebih efektif dan efisien.

Pahami dan  Kelas Online UTBK Pahamify, Membantu Maksimalkan Peluang Taklukkan UTBK

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mengoptimalkan Strategi Manajemen Waktu

Nah, sebelum masuk ke ujiannya sendiri, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk mengoptimalkan strategi manajemen waktu, di antaranya:

  • Membiasakan diri dengan bentuk-bentuk soal TKA dan TPS lewat latihan soal UTBK online, try out online UTBK, atau dengan mengikuti kelas online khusus persiapan UTBK SBMPTN 2021.
  • Selalu mengukur waktu saat selesai mengerjakan latihan soal. Kamu bisa mencatat total waktu dan hasilnya. Lalu, bandingkan catatan waktu dan nilai tersebut dengan latihan soal berikutnya. Kalau waktunya lebih sedikit dan hasil nilainya lebih tinggi, berarti kemampuan mengatur waktu kamu pun meningkat.
  • Menjelang beberapa hari pelaksanaan tes UTBK SBMPTN 2021, baca ulang secara singkat materi-materi UTBK yang telah kamu pelajari. Perbanyak riset dan membaca hal-hal yang berhubungan dengan topik-topik teks bacaan yang sering diujikan agar kamu lebih mudah memahami maksud dari pertanyaan.
Sebelum menghadapi UTBK 2021, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan strategi manajemen waktu yang baik.

Itu dia ulasan mengenai strategi manajemen waktu untuk mengerjakan tes UTBK SBMPTN 2021. Semoga ulasan di atas bisa menjadi bekal informasi untuk menghadapi UTBK SBMPTN nanti, ya.

Buat kamu yang ngambis masuk kampus favorit lewat UTBK SBMPTN 2021, Pahamify punya Try Out Online Gratis yang bisa kamu coba sebagai persiapan UTBK. Try Out Pahamify dilengkapi dengan latihan soal HOTS ter-update dan pembasan yang akurat.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa mencoba latihan soal UTBK lewat tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangannya, lho.

Tunggu apalagi, yuk unduh aplikasi Pahamify di link ini, dan manfaatkan semua fitur kerennya! Jangan lupa, cek promo menarik lainnya dari Pahamify di sini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

2 Comments on “Dijamin Ampuh, Ini 7 Strategi Jawab Cepat Soal UTBK

Fendy Aji Wicaksono
February 12, 2021 at 11:58 am

Maaf, apakah sistem IRT yang digunakan sekarang masih menggunakan -1 jika salah menjawab ? Setau saya sekarang menggunakan pembobotan nilai tanpa minus

Reply
rizaldi abror
February 17, 2021 at 2:34 am

Sistem penilaian IRT mengutamakan pendekatan teori respons butir, setiap soal yang benar akan dianalisis kembali karakteristiknya, misalnya dengan melihat tingkat kesulitan dibanding soal lainnya. Namun, terkait tahapan penilain skor soal -1 jika salah, hingga saat ini, LTMPT belum memberi penjelasan yang lebih spesifik mengenai detil implementasi item response theori (IRT) ini.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version