Pahamifren, pernah enggak sih kamu merasa terlalu memforsir diri saat belajar? Awalnya sih terlihat produktif, tapi lama-lama tubuh kamu tremor hingga berujung sakit karena stres dan kelelahan. Kondisi seperti itulah yang disebut burn out dalam proses belajar. Jangan panik, kali ini Mipi akan berbagi cara mengatasi burn out yang bisa kamu terapkan.

Cara mengatasi burn out yang akan Mipi ulas ini dirangkum berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 4 Oktober 2020. Sebelum itu, Mipi akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu burn out dan ciri-ciri burn out dalam proses belajar. Biar semakin paham, kamu simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Burn Out?

Burn out adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kelelahan atau stres berat dipicu oleh aktivitas yang sedang kamu lakukan. Jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental kamu. Biasanya, penyebab burn out terjadi karena kamu terlalu memaksa diri terus melakukan aktivitas tersebut, misalnya belajar.

Seperti yang Kak Fikri bilang dalam cuitannya, kamu mungkin sedang berada di momen ingin belajar dengan gila. Entah mengejar target, berkompetisi, atau memang sedang ketagihan belajar saja. Secara tidak langsung, belajar jadi semacam adrenaline junkie. Hingga akhirnya, kamu kesulitan untuk mengendalikannya. Kamu tidak menyadari tubuh kamu kelelahan dan berujung burn out.

Ciri-Ciri Burn Out dalam Proses Belajar

Kelelahan dalam proses belajar wajar terjadi. Akan tetapi, seseorang yang mengalami burn out saat belajar cenderung akan merasakan atau memperlihatkan ciri-ciri berikut ini:

Hilangnya Motivasi Belajar

Saat mengalami burn out, kamu akan cenderung malas dan kehilangan minat dalam belajar. Kamu mungkin tetap belajar sesuai jadwal yang kamu buat. Namun, tanpa adanya motivasi belajar, cara belajar yang kamu lakukan tidak akan berjalan efektif dan hanya menguras energi sehingga memicu kelelahan dalam belajar.

Performa Belajar Menurun

Burn out bisa membuatmu kehilangan kesenangan dalam belajar. Meskipun kamu belajar terus menerus hingga berjam-jam, kalau kamu tidak memiliki minat dengan apa yang kamu pelajari, hasil belajar kamu tidak akan memuaskan. Performa belajar kamu pun cenderung menurun.

Mudah Sakit

Burn out yang terjadi terus-menerus dan tidak diatasi dengan baik dapat membuat sistem imunitas tubuh menurun. Bukan tidak mungkin, kamu akan rentan terserang penyakit, seperti flu, sakit kepala, diare, demam, dan sebagainya. Selain itu, risiko lainnya yang mungkin terjadi saat burn out yaitu kamu mengalami gangguan tidur, gangguan kecemasan, atau bahkan depresi meningkat.

Cara Mengatasi Burn Out dalam Proses Belajar

Dalam cuitannya, Kak Fikri menekankan 3 cara mengatasi burn out dalam belajar. Adapun caranya yaitu tahu kendali atas diri sendiri, menentukan prioritas, dan melakukan hobi yang disenangi. Mari kita bahas satu per satu aspek tersebut.

Tahu Kendali atas Diri Sendiri

Menurut Kak Fikri, kita mungkin sedang berada di tengah dunia yang makin menantang dengan iklim kompetisinya. Akibatnya, banyak di antara kita yang terlalu memforsir diri untuk mencapai target dan memenangkan sebuah kompetisi. Hal seperti itu sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan, asalkan kamu tahu kendali atas diri sendiri. Kamu tahu waktu yang tepat untuk berjuang dan beristirahat.

Don’t push yourself too hard. Mungkin saat kamu lagi semangat-semangatnya mengejar impian, kalimat tersebut bakal menjadi angin lalu. Tapi perlu kamu ingat, tubuh tidak pernah berbohong. Ketika kamu sudah belajar terus-menerus, sampai kepala kamu pusing atau tubuh kamu tremor, itu berarti kamu butuh istirahat, Pahamifren. Jika dibiarkan, tubuh akan kelelahan dan berakhir burn out.

Jangan takut kalah keren sama orang lain. Kamu sendiri yang tahu batas kemampuan kamu. Kendalikan diri kamu sendiri dan tidak perlu membandingkan dengan kemampuan orang lain. Alangkah baiknya kamu fokus belajar dengan strategi belajar efektif versi kamu sendiri. Itu bisa membuatmu jauh lebih produktif dan terhindar dari burn out.

Menentukan Prioritas

Cara mengatasi burn out berikutnya yaitu membuat prioritas. Buatlah prioritas kegiatan harian dari yang penting ke yang kurang penting. Dalam proses belajar, kamu juga perlu menyusun materi pelajaran mana yang harus dipelajari terlebih dahulu. Lewat cara ini, kamu jadi lebih tahu mana yang lebih perlu dikerjakan sehingga energi yang terkuras tidak terlalu banyak.

Perlu kamu ketahui, prioritas kamu bukan hanya dari pekerjaan atau kegiatan belajar yang kamu lakukan saja, lho. Kesehatan, keluarga, teman, dan integritas juga bisa menjadi prioritas dalam hidupmu. Kalau kata Kak Fikri, kerja keras sampai burn out bukanlah solusi atas permasalahan hidup kita.

Pekerjaan dan pelajaran sebenarnya menjadi sesuatu yang ketika kamu tertinggal, kamu bisa mengejar atau menyusulnya. Berbeda dengan kesehatan, keluarga, teman, dan integritas, kalau kamu lewatkan, hal itu susah untuk dibenahi lagi. Jadi, sebaiknya kamu juga menentukan prioritas dalam segala aspek hidup kamu agar semua hal, baik dalam hal belajar atau di luar belajar dapat berjalan optimal.

Lakukan Hobi yang Disenangi

Melakukan hobi yang disenangi dapat menjadi satu di antara cara mengatasi burn out. Kamu harus punya hobi yang bisa membuat kamu merasakan kesenangan-kesenangan kecil dari waktu ke waktu. Walaupun jadwal belajarmu sangatlah padat, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk refreshing. Jangan lupa lakukan sesuatu yang baik untuk kesehatan mental kamu, Pahamifren!

Ada waktunya kamu harus gas pol dalam belajar. Namun, ada juga waktunya kamu istirahat dan melakukan hal-hal kecil untuk kesenangan kamu. Kalau kamu sudah burn out apalagi depresi, hobi-hobi itu berasa enggak ada artinya. Kamu bahkan enggak bisa merasakan kesenangan lagi dari hal-hal yang tadinya membuatmu senang. Enggak mau itu terjadi kan? Selagi masih ada waktu, jaga keseimbangan aktivitas atau work-life balance kamu dari sekarang.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi burn out yang bisa kamu terapkan. Mudah-mudahan, ulasan dari Mipi ini bisa membantumu menemukan strategi belajar efektif untuk meraih impian di masa depan, ya.

Buat kamu yang salah satu impiannya masuk PTN lewat jalur UTBK SBMPTN. Jangan lupa, perbanyak latihan soal agar persiapan UTBK semakin matang. Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur TryOut Pahamify Premium. Ada ratusan latihan soal UTBK yang bisa kamu coba, lengkap dengan pembahasan menarik. Video pembahasan TryOut Pahamify berkonsep gamifikasi sehingga enggak bakal bikin kamu bosan dan burn out selama belajar.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify di link ini sekarang dan ikuti TryOut Pahamify Premium agar lebih siap taklukkan UTBK 2021.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version