UTBK SBMPTN 2021 tinggal sebentar lagi nih. Berapa banyak soal-soal UTBK sudah kamu kuasai Pahamifren? Buat kamu, para pejuang PTN yang ingin masuk jurusan Soshum, kali ini Mipi mau mengajak kamu membahas latihan soal UTBK Sosiologi. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Tapi, sebelum lebih jauh, Mipi mau menjelaskan dulu nih, apa saja cakupan materi yang diprediksi bakal keluar di soal UTBK Sosiologi tahun ini. Agar persiapanmu lebih efektif, ada beberapa cakupan materi yang bisa kamu pelajari.

Materi Sosiologi SMA yang harus kamu kuasai antara lain, Konflik dan Integrasi Sosial, Stratifikasi Sosial, Kelompok dan Dinamika Sosial, Interaksi Sosial, Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial, Perubahan Sosial, Modernisasi dan Globalisasi, Mobilitas Sosial, Penelitian Sosial, serta Nilai dan Norma Sosial.

Konsep Materi Soal UTBK Sosiologi

Dari cakupan materi tadi, ada tiga konsep yang paling penting untuk kamu pahami, antara lain materi Interaksi Sosial, Nilai Sosial, dan Norma Sosial. Mengapa tiga konsep ini penting?

Seperti mata pelajaran SMA lainnya, materi SMA Sosiologi juga saling berkaitan. Secara umum, materi Sosiologi SMA tidak pernah terlepas dari tiga konsep tersebut. Contohnya, materi Konflik dan Integrasi Sosial. Materi ini termasuk bentuk dari interaksi yang terjadi di masyarakat, kan?

Pelajari cakupan materi Sosiologi SMA, sebagai latihan soal UTBK Sosiologi. Kini, persiapan UTBK SBMPTN 2021 makin mudah dengan try out online gratis.

Meskipun tiga konsep itu penting, bukan berarti kamu perlu belajar tiga konsep itu saja ya, Pahamifren. Anggaplah tiga konsep Sosiologi ini sebagai langkah awal untuk belajar materi UTBK Sosiologi lainnya.

Nah, karena materi Sosiologi saling berkaitan, strategi utama untuk mengerjakan soal UTBK Sosiologi yaitu harus paham konsepnya dan mengetahui hubungan antarkonsep. Misalnya, kamu harus tahu hubungan antara perubahan sosial dan globalisasi, seperti globalisasi menjadi satu di antara faktor perubahan sosial budaya di masyarakat.

Selain memahami konsepnya, kamu juga perlu fokus dengan konteks pertanyaan dari soal. Terkadang, soal UTBK Sosiologi menggunakan teks bacaan dari contoh sosial yang kurang umum sehingga membuat peserta UTBK bingung. Untuk mengatasinya, kamu fokus dengan pertanyaan saja terlebih dahulu. Setelah paham maksud pertanyaannya, barulah kamu membaca teks bacaan yang disajikan. 

Pahami dan  Cara Taklukkan Blocking Time UTBK 2021, Ikuti 4 Tips Manajemen Waktu Ini

Contoh Soal UTBK Sosiologi dan Pembahasannya

Sampai di sini, kamu sudah paham materi UTBK Sosiologi, kan? Untuk mengukur sejauh mana pemahaman kamu, yuk coba kerjakan contoh soal HOTS UTBK Sosiologi berikut ini. Khusus buat Pahamifren, contoh soal ini sudah dilengkapi pembahasan yang bisa kamu jadikan referensi belajarmu.

Soal 1 (Interaksi Sosial)

Musik dan penyanyi merupakan dua hal yang sangat akrab dengan kehidupan kita. Adanya dua hal tersebut membuat nuansa permusikan semakin beragam, misalnya perpaduan musik tradisional dengan musik Barat, yakni musik Jawa dengan musik rap atau hip-hop yang melahirkan sebuah grup musik Jogja Hiphop Foundation. Munculnya grup musik ini merupakan bentuk dari interaksi ….

A. Akulturasi

B. Asimilasi

C. Akomodasi

D. Kerja sama

E. Empati

Pembahasan:

Akulturasi merupakan suatu proses sosial yang timbul akibat suatu kelompok manusia atau masyarakat dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Dalam hal ini musik hip hop adalah musik dari negara Barat, namun saat masuk ke Indonesia musik tersebut melebur dengan unsur budaya Jawa dengan menggunakan lirik-lirik bahasa Jawa dan lahirnya sebuah grup musik hip hop Jawa. Campuran dua kebudayaan ini disebut sebagai akulturasi.

Jawaban yang benar adalah A.

Soal 2 (Nilai dan Norma Sosial)

Fenomena naik haji setiap tahunnya menunjukkan adanya nilai dominan di kalangan masyarakat Islam.

SEBAB

Nilai yang dominan merupakan nilai yang dianggap penting daripada nilai-nilai lainnya.

Pilihannya:

A. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya saling berhubungan

B. Pernyataan benar, alasan benar, tapi keduanya tidak saling berhubungan

C. Pernyataan benar, alasannya salah

D. Pernyataan salah, alasannya benar

E. Keduanya salah

Pembahasan:

Fenomena naik haji setiap tahunnya merupakan bagian dari rukun islam yang memiliki sifat fundamental atau dasar penting bagi masyarakat muslim. Karena naik haji memiliki sifat fundamental, maka dari itu naik haji memiliki nilai-nilai lebih penting dibandingkan nilai-nilai lainnya. Jadi, pernyataan dan alasan soal di atas adalah benar, dan keduanya saling berhubungan.

Pahami dan  Lolos SBMPTN 2021 Bersama Pahamify Accelerator Program (PAP), Teman Persiapan UTBK Terbaik!

Jawaban yang paling tepat adalah A.

Soal 3 (Konflik dan Integrasi Sosial)

Penggusuran pedagang kaki lima (PKL) oleh petugas satpol PP di pinggiran kota besar merupakan bentuk dari integrasi….

A. Ideologi

B. Koersif

C. Normatif

D. Fungsional

E. Sosial

Pembahasan:

Integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi.

Terdapat 3 bentuk integrasi, antara lain koersif, normatif, dan fungsional. Integrasi koersif merupakan integrasi yang dilakukan secara paksa, seperti yang dilakukan satpol PP kepada pedagang kaki lima. Sementa integrasi secara normatif adalah integrasi sosial berdasarkan nilai-nilai, seperti ajaran agama. Integrasi sosial fungsional merupakan integrasi yang saling memenuhi peranannya masing-masing, seperti dalam anggota keluarga.

Jawaban yang benar untuk soal di atas adalah B.

Soal 4 (Modernisasi dan Globalisasi)

Saat memasuki era post industri sekarang ini, informasi dan kemajuan teknologi berkembang dengan cepat. Tidak hanya di bidang teknologi saja, tetapi manusia dan masyarakat ikut mengalami perkembangan dan menjadi masyarakat modern. Menurut Max Weber masyarakat modern memiliki ciri-ciri berikut ini, kecuali….

A. Berpikir rasional

B. Bersifat sekuler

C. Adanya sistem pengumpulan data yang baik

D. Berpikir irasional

E. Orientasi jauh kedepan

Pembahasan:

Menurut Max Weber, masyarakat akan selalu berubah kearah yang modern karena adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Weber membagi karakteristik masyarakat modern menjadi 4 hal. Pertama,  berpikir rasional dengan berbasis ilmu pengetahuan. Kedua, bersifat sekuler, yaitu memisahkan kepentingan agama dan pemerintahan. 

Sudah siap menghadapi UTBK SBMPTN 2021? Temukan latihan soal UTBK Sosiologi beserta pembahasannya di sini.

Ketiga, adanya sistem pengumpulan data yang baik karena adanya teknologi. Keempat, memiliki orientasi jauh kedepan karena masyarakat modern cenderung visioner. Jadi, berpikir irasional tidak termasuk ciri-ciri masyarakat modern menurut Max Weber.

Pahami dan  Intip 5 Tips Belajar UTBK secara Maksimal untuk Kamu yang Gap Year

Jawaban yang benar untuk soal di atas adalah D

Soal 5 (Perubahan Sosial)

Perubahan tata kelola pemerintahan Indonesia dari sentralisasi ke desentralisasi membawa banyak perubahan dalam masyarakat.

SEBAB

Pemerintah daerah semakin leluasa merencanakan dan menetapkan program-program pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pilihannya:

A. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya saling berhubungan

B. Pernyataan benar, alasan benar, tapi keduanya tidak saling berhubungan

C. Pernyataan benar, alasan salah

D. Pernyataan salah, alasan benar

E. Keduanya salah

Pembahasan:

Sentralisasi merupakan penyatuan segala sesuatu ke tempat yang dianggap pusat. Sementara desentralisasi merupakan lawan dari sentralisasi, yaitu  penyerahan kewenangan dari pemerintah pusat, baik kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang ditugaskan di daerah. Desentralisasi dapat mengakibatkan perubahan tata kelola sistem pemerintahan, sekaligus memicu pemerataan daerah yang membawa perubahan di masyarakat.

Jika dikaitkan dengan soal di atas, maka pernyataan dan alasannya benar, dan keduanya saling berhubungan.

Jawaban yang paling tepat adalah A.

Nah, itu dia beberapa latihan soal UTBK Sosiologi dan pembahasannya. Kira-kira, bagian materi mana nih yang perlu ditingkatkan lagi, Pahamifren?

Jangan khawatir, kamu bisa meningkatkan pemahaman materi UTBK Sosiologi lewat latihan soal di fitur Try Out Online Pahamify. Fitur yang dirancang khusus sebagai persiapan SBMPTN 2021 ini, dilengkapi video pembahasan menarik yang mendukung proses belajar lebih maksimal.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify sebagai persiapan ringan untuk #TaklukkanUTBK. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangannya, lho. Cek informasi lengkapnya di link Pahamify Try Out ini.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify di link ini sekarang, dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik! Temukan juga materi latihan soal UTBK lainnya di page https://pahamify.com/blog/ ini ya.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version