Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, sesuai kalender akademik 2021, Penilaian Akhir Semester (PAS) akan dilaksanakan sebentar lagi. Nah, sebelum berhadapan dengan ujian akhir semester 2021 yang satu ini, kamu tentunya sudah mulai mencari tips menghadapi ujian secara matang dong! Apalagi, nilai PAS ini sangat berpengaruh terhadap nilai rapor dan syarat kenaikan kelas.

Bagi kelas 10 dan 11, nilai PAS di rapor SMA kamu juga bisa memengaruhi keikutsertaan dan peluang lolos kamu di SNMPTN mendatang, lho. Jadi, jangan anggap sepele PAS ini. Kamu bisa menerapkan tips menghadapi ujian semester UAS/PAS berikut ini agar nilai rapor kamu semakin meningkat. Kira-kira, apa saja tipsnya?

Tips Belajar Efektif Menghadapi Ujian Semester PAS

Perlu kamu tahu, mata pelajaran yang diujikan dalam UAS/PAS lebih banyak daripada saat Asesmen Nasional atau UTBK SBMPTN. Hampir seluruh mata pelajaran SMA diujikan dalam Penilaian Akhir Semester. Meski demikian, materi yang diberikan sebenarnya lebih sedikit. Materi yang keluar dalam ujian hanya materi-materi yang telah diajarkan di semester tersebut.

Namun, bukan berarti soal PAS jauh lebih mudah, ya. Kamu tetap harus belajar persiapan UAS/PAS secara efektif agar bisa mendapatkan nilai yang sempurna. Untuk membantumu menemukan cara belajar yang efektif persiapan UAS/PAS, ada 5 tips yang bisa kamu ikuti, yaitu:

Catat Kisi-Kisi Materi

Tips menghadapi ujian semester yang satu ini wajib banget kamu pegang sebagai acuan belajar kamu. Lewat kisi-kisi materi PAS, kamu enggak perlu bingung lagi harus belajar materi apa saja dan mulai belajar dari mana. Biasanya, guru tiap mata pelajaran akan memberikan kisi-kisi kepada siswanya beberapa minggu sebelum Penilaian Akhir Semester tiba. Jika kisi-kisi tersebut belum diberikan, enggak ada salahnya untuk meminta pada guru terkait.

Kisi-kisi materi PAS ini bisa berupa gambaran besar materi yang keluar, atau bahkan rincian topik yang keluar pada tiap nomor soalnya. Hal itu tergantung pada kebijakan dari guru masing-masing mata pelajaran. Secara keseluruhan, kisi-kisi materi PAS yang diberikan umumnya telah sesuai kurikulum, jelas, dan mudah dipahami. Catat baik-baik setiap kisi-kisi yang diberikan agar kamu lebih fokus belajarnya.

Setelah mendapatkan kisi-kisi dari guru di sekolah, kamu bisa belajar materi dan mengerjakan kumpulan soal PAS yang tersedia di aplikasi Pahamify. Kumpulan soal di Pahamify akan membuat belajar kamu lebih maksimal dibanding sebelumnya.

Hindari Sistem Kebut Semalam

Hayo ngaku, siapa yang masih suka belajar mepet-mepet? Semua materinya berusaha kamu kejar dalam waktu semalam dengan harapan kamu bisa ingat dan mengerjakan soal dengan lancar. Padahal, cara belajar seperti ini justru bisa membuat kamu kelelahan dan burn out, Pahamifren. Yang ada tubuh kamu justru tidak prima dan kamu enggak fokus pada saat ujian tiba.

Maka dari itu, lebih baik kamu menghindari Sistem Kebut Semalam atau SKS dan mulai mencicil materi PAS dari sekarang. Belajar materi sedikit demi sedikit asal berprogres jauh lebih optimal daripada harus menuntaskan semuanya dalam satu waktu sekaligus. Temukan waktu belajar efektif versi kamu, baik di pagi hari atau malam hari, lalu mulai biasakan belajar persiapan PAS rutin agar materinya bisa terserap maksimal.

Jika perlu, buatlah jadwal belajar khusus persiapan PAS. Sekarang, ada fitur Jadwal Belajar terbaru dari Pahamify, lho. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyusun jadwal belajar dan membagi porsi waktu belajar selama 30 menit pada setiap materi. Fitur Jadwal Belajar juga akan memberikan notifikasi pengingat waktu belajar. Jadi, kamu bisa mencicil pemahaman materi PAS tepat waktu!

Bertanya kepada Guru Materi yang Kurang Dipahami

Bertanya kepada guru saat kegiatan pembelajaran adalah hal yang wajar kok. Daripada kamu kebingungan belajarnya bagaimana, enggak ada salahnya buat bertanya kepada guru mengenai materi yang kurang kamu pahami. Pada beberapa mata pelajaran SMA, ada beberapa materi yang memang harus dijelaskan oleh guru untuk bisa memahami konsepnya secara maksimal. Contohnya, rumus-rumus perhitungan.

Kalau kamu belum paham penggunaan rumus-rumus tersebut untuk soal seperti apa, lebih baik bertanyalah kepada guru terkait. Tentunya, hal ini harus kamu lakukan dengan mempertimbangkan waktu luang guru tersebut, ya. Jangan sampai kamu mendadak bertanya materi pelajaran saat guru kamu sedang rapat atau saat jam istirahat karena hal itu dinilai kurang sopan.

Khusus untuk soal Matematika, Fisika, dan Kimia, kamu juga bisa mencari cara penyelesaiannya di fitur Tanya Mipi. Dirancang menggunakan teknologi AI, Tanya Mipi membantumu mencari jawaban Matematika, Kimia, dan Fisika dengan cara difoto. Jadi, kamu enggak perlu bertanya teman atau guru terlalu sering saat kesulitan menjawab soal!

Belajar Kelompok Persiapan UAS/PAS

Jika kamu termasuk tipe siswa yang gampang bosan saat belajar sendirian, coba deh ajak teman-teman kamu buat belajar kelompok persiapan UAS/PAS. Lewat belajar bersama teman, kamu bisa bertanya materi tertentu yang tidak kamu pahami kepada mereka. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi latihan soal PAS dan pembahasannya bersama teman-teman kamu sehingga bisa mendapatkan sudut pandang baru terkait soal tersebut.

Enggak hanya teman sekolah saja, selama belajar di rumah pun kamu tetap bisa mendapatkan teman ambis persiapan PAS dengan bergabung Pahamify Community. Kamu bisa berdiskusi soal sepuasnya via Discord kepada tutor maupun teman dari seluruh Indonesia.

Ikuti Try Out PAS SMA

Mengikuti Try Out PAS SMA juga bisa menjadi alternatif tips menghadapi ujian semester lainnya. Try Out PAS bisa membantumu mengukur pemahaman materi dan kesiapan belajar kamu. Hasil try out bisa menjadi acuan seberapa paham kamu dengan materi yang telah dipelajari. Semakin banyak kamu mengerjakan soal try out PAS, maka semakin banyak variasi soal yang kamu tahu. Jadi, kamu lebih siap menghadapi berbagai tipe soal yang muncul saat Penilaian Akhir Semester 2021 nanti.

Tips Lancar Menghadapi Ujian Semester PAS di Rumah

Mengingat masih banyak sekolah yang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi, ada kemungkinan besar PAS juga dilakukan secara online di rumah. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar lancar menghadapi PAS selama PJJ:

  • Jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.
  • Baca secara seksama aturan PAS yang diterapkan sekolah kamu.
  • Persiapkan perangkat yang dibutuhkan untuk mengikuti PAS secara online, seperti laptop, koneksi internet yang stabil, Google Classroom, dan sebagainya. Lakukan pengecekan sebelum ujian agar tidak terjadi kendala teknik.
  • Ciptakan ruang ujian yang nyaman dan tenang di rumah. Jangan lupa beri tahu orang di rumah kalau kamu sedang mengikuti PAS secara online untuk mengurangi gangguan.
  • Berdoa dan jangan panik dalam mengerjakan soalnya.

Sudah siap menerapkan tips-tips di atas, Pahamifren? Supaya belajarnya makin maksimal, download aplikasi Pahamify di link ini dan tonton video materi belajar SMA dari kakak Rockstar Teacher Pahamify, ya. Jangan lupa berlangganan Paket Belajar dan ikuti Try Out PAS dari Pahamify agar lebih maksimal #TaklukkanPAS.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll