Pahamifren, adakah di antara kamu yang pernah membaca teks biografi? Membaca teks biografi memang menarik, apalagi kamu juga bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga dari tokoh yang diceritakan. Nah, pada Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 ini, Mipi mau mengajak kamu mengenal struktur teks biografi, lengkap dengan contoh dan kaidah kebahasaannya. Baca artikel ini sampai selesai ya!

Pengertian Teks Biografi

Secara umum, teks biografi dibuat untuk mengisahkan riwayat hidup seorang tokoh ternama. Dalam struktur teks biografi, kamu akan menemukan sejarah hidup, pengalaman hingga kisah sukses dari tokoh yang dikisahkan. Adakah di antara kamu yang sering bingung membedakan teks biografi dengan autobiografi?

Pernah membaca teks biografi? Apa saja struktur teks biografi yang kamu ketahui?

Sebenarnya, antara teks biografi dan autobiografi itu berbeda, Pahamifren. Struktur teks biografi ditulis oleh orang lain, sementara teks autobiografi ditulis oleh orang atau tokoh itu sendiri. Sebuah teks biografi dikatakan faktual jika berdasarkan fakta atau kenyataan hidup tokoh yang dibahas dalam teks tersebut.

Hal-Hal yang Dimuat dalam Teks Biografi

Ada beberapa poin penting yang umumnya dibahas pada struktur teks biografi, antara lain:

  • Latar belakang keluarga tokoh.
  • Riwayat pendidikan tokoh.
  • Riwayat pekerjaan tokoh.
  • Prestasi tokoh.
  • Informasi lain yang mendukung biografi tokoh.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Berikut merupakan ciri-ciri dari teks biografi, di antaranya:

  • Berisi fakta kisah hidup tokoh yang ditulis.
  • Berbentuk narasi yang ditulis dengan gaya penulisan yang semenarik mungkin.
  • Bersifat inspiratif sehingga dapat mempengaruhi pembaca.
  • Berisi motivasi sehingga dapat dicontoh pembaca.
  • Memiliki kesan dan pesan dari tokoh yang ditulis.
  • Memiliki struktur baku yang meliputi orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi.

Jenis-Jenis Teks Biografi

Jenis teks biografi dibagi menjadi lima, yaitu:

Berdasarkan Penulisnya

Berdasarkan penulisnya, teks biografi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Biografi, bila kisah hidup seseorang tersebut ditulis oleh orang lain.
  • Autobiografi, bila kisah hidup seseorang tersebut ditulis oleh orang itu sendiri.
Pahami dan  Sejarah Peminatan Kelas 11: Respon Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme

Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, teks biografi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Biografi perjalanan hidup, bila dalam teks biografi dikisahkan perjalanan hidup atau bagian-bagian perjalanan hidup yang berkesan mengenai tokoh tersebut.
  • Biografi karir, bila dalam teks biografi hanya membahas perjalanan karir tokoh tersebut hingga mencapai sukses.

Berdasarkan Izinnya

Berdasarkan izinnya, teks biografi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Authorized biography, bila teks biografi tersebut penulisannya mendapatkan izin atau dengan sepengetahuan tokoh yang dikisahkan perjalanan hidupnya.
  • Unauthorized biography, bila teks biografi tersebut penulisannya tanpa seizin atau tanpa sepengetahuan tokoh yang dikisahkan perjalanan hidupnya. Jenis teks biografi ini biasanya terjadi bila tokoh yang dituliskan telah wafat dan tidak ada anggota keluarga tersebut yang dapat dimintai izin.

Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan. Banyak tokoh penting yang dikisahkan dalam struktur teks biografi.

Berdasarkan persoalan yang dibahas, teks biografi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Biografi Intelektual 

Teks biografi ini dibuat melalui berbagai riset, untuk mengumpulkan bahan tulisannya. Teks biografi jenis ini juga disajikan dalam gaya bahasa yang ilmiah. Contoh teks biografi intelektual adalah, Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif: Sebuah Biografi Intelektual, yang ditulis oleh Syamsul Arif.

Biografi Politik

Biografi jenis ini mengisahkan pengalaman hidup seorang tokoh negara dari sudut pandang politik. Sama seperti biografi intelektual, teks biografi politik dilakukan dengan berbagai riset untuk mengumpulkan bahan tulisannya. Terkadang, teks biografi politik ini dibuat berdasarkan kepentingan tokoh yang diceritakan. Contoh teks biografi politik adalah, Biografi Politik – Mohammad Hatta yang ditulis oleh Deliar Noer.

Biografi Jurnalistik

Biografi jenis ini umumnya ditulis berdasarkan hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis, atau tokoh-tokoh yang menjadi informan bahan pendukung teks tersebut.

Berdasarkan Penerbitnya

Berdasarkan penerbitnya, teks biografi dibagi menjadi dua, yaitu:

Buku Sendiri

Sesuai namanya, biografi jenis ini dibukukan dengan biaya produksi yang ditanggung sendiri oleh penerbit atau penulisnya. Biasanya buku biografi yang diterbitkan sendiri memiliki nilai komersial dan diprediksi laku di pasaran.

Pahami dan  Jadi Guru yang Baik dan Disukai Siswa, Apa Saja Karakteristiknya?

Buku Subsidi

Berbeda dengan buku sendiri, biaya produksi biografi ini umumnya ditanggung oleh pihak sponsor, baik secara keseluruhan atau sebagian. Biasanya, biografi yang ditulis memiliki tema spesifik yang ditujukan untuk kalangan terbatas, sehingga kurang komersial. Atau jika biografi yang ditulis memiliki harga yang terlampau tinggi dan diprediksi tidak dijangkau oleh pembeli.

Struktur Teks Biografi

Karena teks biografi termasuk teks narasi, struktur teks biografi ini memiliki struktur yang sama dengan teks narasi lainnya, seperti cerpen dan hikayat. Struktur teks biografi umumnya terdiri dari orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi. Biar kamu makin paham dengan struktur teks biografi ini, yuk kita bahas satu-persatu.

Orientasi atau Setting (Aim)

Pada bagian ini, penulis akan memaparkan pengenalan tokoh dan tokoh-tokoh lainnya yang berperan penting dalam hidup tokoh yang dikisahkan dalam teks biografi.

Peristiwa Penting (Important Event, Record of Events

Pada bagian ini, penulis memaparkan peristiwa-peristiwa penting yang dialami oleh tokoh dalam teks biografi. Peristiwa=peristiwa penting ini biasanya berkitan dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh tokoh dalam meraih mimpi dan cita-citanya serta pemecahan masalah yang dilakukan oleh tokoh tersebut sampai ia berhasil menggapai mimpi dan cita-citanya tersebut.

Reorientasi

Pada bagian ini, penulis akan menyampaikan komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang sudah dikisahkan dalam bagian sebelumnya. Reorientasi ini bersifat opsional, bisa ada atau tidak ada di teks biografi.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi memiliki kaidah kebahasaan sebagai berikut:

  • Menggunakan kata ganti (pronomina) orang ketiga tunggal, seperti “dia” atau “ia” atau “beliau”. Pronomina ini biasanya digunakan secara bergantian dengan penyebutan nama tokoh atau nama panggilan tokoh yang dikisahkan.
  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa atau perbuatan yang dilakukan oleh tokoh. Misalnya, “berjalan”, “berbicara”, “belajar”, “membaca”, “menulis”, “melempar”.
  • Banyak menggunakan kata adjektiva untuk memberikan informasi mengenai sifat-sifat tokoh secara rinci. Misalnya untuk mendeskripsikan watak tokoh, akan digunakan kata-kata seperti “pintar”, “ulet”, “rajin”, “giat”. Selain itu, dalam melakukan deskripsi teks biografi biasanya menggunakan kata kopulatif sebelum kata sifat, seperti “adalah” atau “merupakan”.
  • Banyak menggunakan kata kerja pasif dalam menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh. Misalnya, “dipilih”, “disuruh”, “ditugaskan”, “diberi”.
  • Banyak menggunakan kata sambung, kata depan, atau nomina yang berkaitan dengan urutan waktu. Misalnya, “sesudah”, “sampai”, “setelah”, “pada saat”, “kemudian”, “selanjutnya”, “selama”, “saat itu”.
  • Banyak menggunakan kata kerja yang berkaitan dengan aktivitas mental untuk menggambarkan peran tokoh. Misalnya, “menyetujui”, “menginspirasi”, “memahami”, “mencintai”.

Nah, itulah pembahasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 mengenai Struktur Teks Biografi. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu ya. Khusus bagi Pahamifren yang ingin mendapatkan akses materi belajar SMA yang lengkap, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify.

Apa kata mereke tantang fitur tryout Pahamify?

Ada ribuan materi belajar yang dikemas dengan konsep gamifikasi yang seru dan unik. Jadi, proses belajarmu bakal makin seru dan nggak membosankan. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai fitur belajar yang membantu kamu mempersiapkan SNMPTN dan SBMPTN lho. Tunggu apalagi, yuk download Pahamify di link ini sekarang!

Pahami dan  5 Jenis Malas yang Biasa Dialami Siswa dan Cara Mengatasinya, Kamu yang Mana?

Jangan lupa, lihat juga ulasan materi SMA beserta tips menarik lainnya di laman https://pahamify.com/blog/ ini ya, Pahamifren.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version