Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, perlu kamu tahu, setiap orang punya gaya belajar berbeda-beda. Ada yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada juga yang lebih suka belajar dengan suasana tenang. Ada yang belajar dari praktik, ada juga yang belajar cukup dari melihat infografis atau membaca buku saja. Dari teknik belajar yang berbeda-beda ini, enggak heran setiap orang punya cara belajar efektif dan efisien masing-masing.

Nah, supaya memudahkan proses belajar, kamu harus tahu dulu macam-macam gaya belajar. Temukan yang paling sesuai denganmu atau paling sering kamu gunakan. Hal ini akan membantu kamu menemukan cara belajar efektif dan efisien pada tiap materi pelajaran. Bagi kamu yang masih bingung mencari tips belajar efektif sesuai gaya belajar, mari kita pelajari lebih dalam di ulasan ini!

Mengenal Macam-Macam Gaya Belajar VARK

Ada banyak model gaya belajar. Salah satu yang paling terkenal adalah gaya belajar VARK. Istilah VARK adalah singkatan dari empat tipe gaya belajar, antara lain visual, auditory, reading or writing, dan kinesthetic. Gaya belajar ini merupakan pengembangan dari model belajar VAK yang dirumuskan oleh Walter Burke Barbe dan rekan kerjanya.

Neil D. Fleming dan Colleen E. Mills merumuskan ulang model belajar VAK dan mengembangkannya pada tahun 1992. Mereka melakukan penelitian dengan membagikan kuesioner dan melakukan pengamatan pembelajaran di kelas selama ribuan jam. Alhasil, muncullah gaya belajar VARK yang kita kenal sekarang. Yuk, kita bahas satu per satu tiap tipe belajar VARK ini!

Visual

Gaya belajar visual memproses informasi menggunakan penglihatan. Tipe ini lebih banyak memvisualisasi berbagai ide, gagasan, dan informasi yang diterima di dalam pikiran. Materi pelajaran yang ditampilkan bentuk grafik, bagan, atau media belajar dengan tampilan menarik lainnya sangat mudah tersimpan dalam ingatan tipe visual.

Beberapa karakteristik tipe belajar visual, antara lain:

  • Lebih mudah mengingat dari yang dilihat.
  • Lebih suka membaca daripada dibacakan.
  • Berbicara dengan tempo agak cepat.
  • Cukup peduli dengan penampilan.
  • Sulit menerima instruksi secara verbal kecuali ditulis.
  • Suka menggambar apa pun di kertas.
  • Tidak mudah terdistraksi dengan keramaian.

Auditory

Tipe belajar auditory lebih tertarik pada informasi yang didengarnya. Alih-alih membaca buku untuk belajar konsep, tipe ini lebih nyaman mendapatkan informasi ketika mendengar atau menyimak suatu hal. Biasanya, kamu yang termasuk tipe auditory tidak masalah ketika tampilan visual pelajaran kurang menarik, yang penting materi dari guru terdengar baik dan jelas.

Beberapa karakteristik tipe belajar auditory, antara lain:

  • Mudah mengingat sesuatu dari apa yang didengar.
  • Senang mendengarkan.
  • Mudah terdistraksi dengan keramaian.
  • Kesulitan mengerjakan tugas yang melibatkan visual.
  • Pandai menirukan nada dan irama suara.
  • Cakap berkomunikasi dan fasih berbicara.

Reading/Writing

Gaya belajar membaca atau menulis cenderung memproses informasi menggunakan kata-kata. Kamu yang memiliki tipe belajar ini lebih nyaman membaca atau menulis saat belajar. Biasanya, gaya belajar membaca atau menulis membuatmu lebih jago dalam permainan kata, puisi, pantun, atau menemukan arti kata. Jabaran tertulis akan lebih mudah melekat dalam ingatan tipe ini daripada grafik maupun ilustrasi visual lainnya.

Beberapa karakteristik tipe belajar membaca dan menulis, antara lain:

  • Lebih mudah mengingat informasi melalui tulisan daripada grafik.
  • Senang mencatat materi pelajaran.
  • Hobi menulis dan membaca buku.
  • Punya banyak perbendaharaan kata.
  • Biasanya lebih menyukai suasana tenang saat belajar.

Kinesthetic

Gaya belajar kinestetik adalah metode belajar yang cenderung melibatkan gerakan. Tipe kinestetik lebih mudah mempelajari sesuatu tidak hanya sekadar membaca buku, namun juga mempraktikkannya. Melakukan atau menyentuh objek yang dipelajari memberikan pengalaman tersendiri bagi tipe kinestetik. Kamu yang memiliki gaya belajar kinestetik biasanya enggak betah berdiam lama-lama di kelas.

Beberapa karakteristik tipe belajar kinestetik, antara lain:

  • Senang belajar dengan metode praktik.
  • Kesulitan dalam tugas menulis, tetapi pandai dalam bercerita.
  • Menyukai aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh, seperti olahraga atau menari.
  • Sering menggunakan isyarat tubuh saat berkomunikasi.
  • Tidak bisa berdiam diri terlalu lama tanpa adanya aktivitas fisik.
  • Sering bermain-main dengan benda di sekitar sambil mendengarkan atau mengerjakan sesuatu.

Cara Belajar Efektif sesuai Gaya Belajar VARK

Sampai sini, kamu sudah tahu dong gaya belajar seperti apa yang paling sesuai denganmu. Kini, saatnya menemukan cara belajar efektif dan efisien sesuai gaya belajar tersebut. Yuk, langsung cek!

Tipe Visual

Cara belajar efektif tipe visual yaitu membaca buku yang tidak hanya berisi tulisan saja, namun juga memiliki ilustrasi menarik. Sebagai alternatif, kamu dapat belajar dari gambar maupun video agar materinya lebih mudah dipahami. Kamu bisa mendapatkan video belajar online berkonsep gamifikasi di aplikasi Pahamify. Ada video materi pelajaran SMA lengkap beserta rangkuman, kuis, dan flash card. Cocok banget buat tipe visual yang ingin belajar konsep lewat bimbel online terbaik sampai paham!

Selain video belajar, kamu bisa menggunakan spidol warna-warni setiap mencatat materi pelajaran. Tujuannya, agar kamu lebih antusias membaca ulang catatan tersebut. Jika perlu, buatlah mind mapping untuk memudahkan proses belajar.

Tipe Auditory

Teknik belajar yang tepat untuk tipe auditory yaitu melalui diskusi grup, podcast, serta mendengarkan pelajaran dari guru secara seksama. Kamu juga bisa merekam saat guru mengajar, lalu didengarkan kembali di kemudian hari. Apabila membaca buku, sebaiknya sambil diucapkan dengan suara pelan agar materinya lebih mudah diingat.

Tipe Reading/Writing

Sesuai gaya belajarnya, tipe ini lebih cocok belajar dengan cara membaca dan menulis materi pelajaran. Perbanyak sumber bacaan seperti buku, jurnal, dan esai agar pengetahuanmu bertambah. Terjemahkan semua diagram, gambar, dan grafik lainnya ke dalam kata-kata sehingga lebih mudah dipahami. Apabila mengikuti pembelajaran di sekolah, sebaiknya kamu mencatat materi yang disampaikan oleh guru secara langsung supaya tidak lupa materinya.

Tipe Kinesthetic

Tips belajar efektif untuk gaya belajar kinestetik yaitu mempraktikkan materi belajar yang baru diperoleh. Lakukan eksperimen ringan yang berhubungan dengan materi pelajaran. Atau, kamu bisa belajar sambil melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan, misalnya berhitung dengan jari saat mengerjakan soal Matematika. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti ekstrakulikuler seperti KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) guna memperdalam pemahaman materi lewat praktik.

Nah, Pahamifren! Itulah cara belajar efektif dan efisien sesuai gaya belajar VARK. Perlu diingat, setiap orang tidak hanya mempunyai satu gaya belajar saja. Kamu bisa menggabungkan beberapa gaya belajar sekaligus, misalnya visual dan kinestetik. Semoga dengan menemukan gaya belajar yang sesuai, proses belajar makin optimal, ya.

Buat kamu yang ingin belajar konsep materi dengan cara seru dan menyenangkan sesuai gaya belajar, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify di sini. Ada fitur-fitur keren seperti video belajar konsep mandiri, try out online, bank soal SMA, jadwal belajar, kelas online, dan masih banyak lagi.

Yuk, belajar seru bareng Pahamify! Cek penawaran menarik dari Pahamify di link https://pahamify.com/promo/ ini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Cara Belajar Efektif dan Efisien sesuai Gaya Belajar VARK, Kamu Tipe yang Mana?

Sofyan Hartaji
June 12, 2021 at 4:34 am

ya saya setuju. Manusia merupakan makhluk yang berbeda beda dari segi sifat. Pembelajaran seperti ini yang diinginkan oleh setiap siswa, mereka mnginginkan belajar dengn cara mereka sendiri, knpa? karna ketika kita belajar dengan cara kita sendiiri maka pembelajaran yang disampaikan atau yg dibaca, didengarkan, maupun ditonoton. Akan lebih masuk kepada pehamaman kita sendiri. gaya belajar seperti ini sangat lah efektif bagi siswa, dalam mencari ilmu atau suatu informasi.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll