Sistem belajar online dari rumah selama pandemi menjadi solusi terbaik saat ini. Tapi, karena belum pernah dilakukan di Indonesia, alhasil kamu, guru kamu, dan orang tuamu jadi terkendala saat menjalaninya kan? Belum lagi para guru yang harus menemukan cara belajar efektif dan menyenangkan buat kamu dan teman-teman.

Nggak mudah memang, apalagi harus menggabungkan metode belajar baru dengan materi pembelajaran yang sudah berjalan. Sistem ini tentu menimbulkan tantangan baru buat kamu. Belum juga menemukan cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, kamu harus mengikuti kebijakan belajar di rumah yang diperpanjang hingga akhir tahun.

Nah, daripada kamu bete, yuk kita bahas tantangan apa saja yang harus kamu hadapi selama belajar online di rumah. Setelah itu, Mipi akan memberikan tips dan trik yang mudah, yang bisa kamu terapkan selama belajar di rumah nih. Kamu simak baik-baik artikel ini ya, Pahamifren.

Tantangan Belajar di Rumah

Belajar di rumah memang penuh tantangan. Ada cara belajar efektif dan menyenangkan yang bisa kamu terapkan.

Suasana Belajar Yang Kurang Kondusif

Masalah ini jadi yang paling sering kamu rasakan, ya kan? Suasana belajar oline di rumah yang nggak kondusif bisa bikin kamu susah konsentrasi untuk menyimak materi yang diberikan guru. Ada saja situasi yang bikin mood kamu turun, misalnya kakak kamu menyetel musik terlalu kencang, adik kamu yang masih bayi nangis, pokoknya ada saja deh yang mengganggu kamu.

Terlalu Banyak Tugas Sekolah

Ini nih yang sering bikin bete. Mentang-mentang belajar tanpa tatap muka, beberapa guru cenderung membebanimu dengan tugas yang menumpuk. “Pak, Bu mohon maaf, walaupun di rumah, banyak hal yang harus kami kerjakan” kalimat semacam ini mungkin terlintas di pikiranmu saat menerima banyak tugas, ya kan?

Pahami dan  Biologi Kelas XII: Hereditas Pada Manusia

Tapi, kondisi ini biasanya terjadi karena para guru masih kaget dengan sistem belajar online dari rumah. Makanya mereka jadi sering memberi tugas demi memenuhi silabus pelajaran yang mesti kamu kuasai. 

Mudah Mengantuk

Nah, kalau yang satu ini sampai terjadi pada kamu, biasanya ada dua penyebabnya, entah gara-gara malamnya kamu nonton drakor atau main game sampai lupa waktu, atau bosan dengan cara mengajar guru kamu. Alhasil, kamu yang mulai ngantuk, pelan-pelan mengubah posisi sampai ketiduran deh. 

Merasa Jenuh dan Terisolasi

Salah satu tantangan terbesar yang harus kamu hadapi saat belajar dari rumah adalah, rasa jenuh dan terisolasi. Kalau dua perasaan ini sudah menyerang kamu, itu tandanya kamu harus segera rehat. Jangan sampai kesehatan mental kamu selama pandemi ini jadi terganggu. Jangan sungkan untuk mengutarakan perasaan sama orangtua di rumah ya Pahamifren.

Kurang Pendampingan Dari Guru

Seberapa sulit pelajaran yang diajarkan, atau seberapa galaknya guru di sekolah, kamu pasti merasa lebih baik jika didampingi langsung oleh mereka kan? Terkadang kamu juga merasa kangen dengan sosok guru favorit yang punya cara mengajar menyenangkan dan tidak membosankan.

Kekurangan yang paling terasa saat belajar di rumah adalah nggak ada lagi sosok guru yang mendampingimu secara fisik. Padahal ada beberapa mata pelajaran tertentu seperti matematika dan fisika membutuhkan pendampingan guru saat kamu merasa kesulitan memahami materi pelajarannya. 

Menghadapi Tantangan Belajar Online di Rumah

Itulah beberapa tantangan yang paling sering kamu rasakan selama belajar di rumah. Jika kamu merasa kesulitan menghadapinya, jangan khawatir, masih banyak cara belajar yang efektif dan menyenangkan yang bisa kamu terapkan di rumah. Apa saja itu? yuk bahas satu-persatu. 

Pahami dan  Bosan Belajar Online? Ini Tips Hilangkan Kejenuhan Saat Belajar di Rumah

Buat Ruang Belajar Yang Nyaman

Cara ini paling tepat kamu terapkan untuk merancang cara belajar yang efektif dan menyenangkan. Kamu bisa memilih salah satu ruangan di rumah sebagai tempat khusus untuk belajar.

Nah, setelah kamu perlu mengkomunikasikan hal ini dengan semua anggota keluargamu. Beri pengertian kepada mereka agar tidak mengganggumu selama belajar dari rumah. Untuk menghindari rasa jenuh, kamu bisa sesekali mengganti ruang belajar kamu, misalnya di teras rumah atau halaman belakang rumah kamu.

Jaga Komunikasi dengan Gurumu

Sekalipun kamu belajar dari rumah, nggak ada salahnya kok menyapa guru di luar jam pelajaran. Menjaga komunikasi dengan guru juga sangat penting agar kamu mendapatkan solusi dan cara belajar yang menyenangkan.

Guru yang baik akan senang mendengar keluhan dan masalah yang dihadapi para siswanya. Sesekali tegur lah gurumu jika mereka memberi terlalu banyak tugas, atau jika materi yang mereka ajarkan kurang mudah dimengerti.

Atur Waktu Belajar

Nah, ini penting banget buat kamu lakukan selama belajar dari rumah. Jangan sampai gara-gara belajar online di rumah, kamu jadi malas dan asyik membuang waktu kamu dengan kegiatan-kegiatan lainnya. 

Kamu perlu membuat jadwal yang seimbang antara waktu belajar, rehat, olahraga, dan melakukan hobi kamu. Dengan begini, kamu bisa tetep belajar sambil ngejaga kesehatan fisik dan mental kamu.

Buat Kelompok Belajar Kecil

Untuk mengatasi rasa jenuh kamu bisa bikin kelompok belajar kecil bersama teman-teman sekelasmu. Kelompok belajar ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar online dan belajar kelompok di salah satu rumah anggota kelompok belajar kamu. 

Selain kelompok belajar kecil ini akan membantumu mengurangi rasa jenuh dan rasa terisolasi, kelompok belajar kecil ini juga bisa memotivasi kamu dan teman-temanmu untuk tetap rajin belajar dan saling bantu saat ada anggota kelompok yang kurang memahami materi pelajaran tertentu.

Temukan cara belajar efektif dan menyenangkan lewat aplikasi pelajaran SMA berbasis online.

Gunakan Aplikasi Pelajaran SMA Terbaik

Tips yang satu ini gak kalah penting lho Pahami fren. Sekarang nggak sulit kok mencari aplikasi pelajaran SMA berbasis online. Edutech yang semakin berkembang, bisa kamu manfaatkan untuk belajar online dengan sistem yang mudah.

Pahami dan  Ekonomi Kelas X: Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi

Nggak cuma itu, penyedia aplikasi pelajaran SMA berbasis online biasanya memiliki pengajar profesional yang ahli di bidangnya. Beberapa di antaranya bahkan menyajikan materi lewat video yang seru dan menyenangkan. Dijamin deh prosesi belajar kamu makin seru.

Solusi Belajar Online Terbaik

Nah, itu dia tips dan trik mudah yang bisa kamu terapkan selama belajar dari rumah. Buat kamu yang mencari aplikasi pelajaran SMA berbasis online, kamu bisa menggunakan Pahamify. Dengan berbagai fitur pembelajaran yang lengkap, juga ditunjang oleh pengajar profesional, kamu bisa mengakses ratusan video belajar materi SMA.

Pahamify juga memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami. Apalagi masih ada banyak promo dari Pahamify yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa belajar online lebih hemat lho. Yuk cek promo menariknya di sini.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog