Pahamifren, pernah enggak merasa kesulitan dalam memahami isi bacaan seperti artikel, esai, dan jenis bacaan lainnya? Atau mungkin, kamu juga mengalami hal yang sama dalam membaca dan memahami materi pelajaran?

Buat kamu yang akan menghadapi ujian semester maupun tes UTBK, pasti butuh sekali cara cepat memahami bacaan agar lancar saat mengerjakan soal ujian. Lalu, apa hal yang bisa kamu lakukan untuk dapat lebih paham dan ingat detail isi suatu bacaan?

Kali ini, Mipi bakal memberikan cara cepat memahami bacaan dan mengingat detailnya, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 13 April 2020. Selain bisa diterapkan saat belajar di rumah, cara ini juga direkomendasikan dalam pembelajaran di kelas, antara siswa dengan guru untuk membantu siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan. Apa saja cara tersebut? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Cepat Memahami Bacaan dan Mengingat Detailnya

Terdapat 5 cara mudah mengingat bacaan dan paham isi suatu bacaan tersebut. Cara yang dimaksud yaitu menggunakan kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skill) saat membaca, menerapkan teknik membaca scanning, skimming, mind mapping, dan pengulangan. Mari kita bahas satu per satu caranya.

Gunakan Mode Berpikir HOTS

Sebenarnya, kalau tujuan kamu membaca adalah untuk mengingat dengan detail dan paham sepenuhnya terhadap isi bacaan, maka kamu tidak bisa hanya sekadar hafalan. Kamu butuh mode berpikir HOTS alias Higher Order Thinking Skill. Cara cepat memahami bacaan yang satu ini menjadi prinsip dasar supaya kamu mampu membaca intensif dan paham isi bacaan secara keseluruhan.

Lewat mode berpikir ini, kamu dituntut ingat, mengerti, tahu cara mengaplikasikan, mampu menganalisis, hingga mampu mengevaluasi konsep-konsep dari materi yang kamu baca. Kamu harus sangat paham atas detail-detail bacaan yang mau kamu ingat. Sebelum membaca, kamu harus tahu terlebih dahulu, apa yang mau kamu ingat dan hal apa yang mau kamu cari.

Teknik Membaca Scanning

Agar kamu bisa mengetahui apa yang mau kamu ingat dan hal apa yang mau kamu pelajari, kamu bisa menerapkan teknik membaca scanning. Teknik membaca ini fokus pada informasi tertentu saja, atau bisa dibilang teknik membaca loncat. Proses membaca kamu hanya mengarah pada detail khusus yang menurut kamu penting diketahui.

Mengapa teknik ini perlu dilakukan? Menurut Kak Fikri, dalam satu waktu otak kita hanya bisa ingat 4-7 potongan informasi saja. Misalnya, kata, kalimat, nomor, atau angka. Maka dari itu, kamu harus pilih informasi yang spesifik supaya bisa masuk ingatan jangka panjang atau long term memory. Ketika tahu berbagai informasi yang spesifik, kamu dapat mencari tahu hubungan tiap informasi secara mudah.

Teknik membaca scanning ini juga bisa kamu terapkan saat membaca teks bacaan suatu soal. Kamu perlu scanning soalnya terlebih dahulu biar tahu apa yang dimaksud. Berikut langkah-langkah teknik membaca scanning yang bisa kamu ikuti:

  1. Temukan tujuan membaca, atau pahami instruksi soal (jika diterapkan pada pengerjaan soal).
  2. Ingatlah secara spesifik informasi apa saja yang harus dicari.
  3. Biasanya, scanning digunakan untuk menjawab informasi detail tentang 5W+1H (who, what, when, where, why, how) pada suatu bacaan.
  4. Pada pengerjaan soal, gunakan kata kunci untuk membantu mencari informasi yang diinstruksikan. Misalnya, “Siapa yang menjadi pemimpin pertempuran Ambarawa dalam teks bacaan di atas?” kata kuncinya yaitu pemimpin.

Cara Cepat Memahami Bacaan dengan Skimming

Selain teknik scanning, kamu juga bisa menerapkan skimming sebagai cara cepat memahami bacaan. Teknik skimming merupakan sebuah keterampilan membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang sebuah teks. Biasanya, kamu hanya perlu membaca sekilas untuk mencari gagasan utama atau inti paragraf suatu bacaan. Setelah mengetahui gagasannya, akan lebih mudah untukmu memahami isi teks secara keseluruhan.

Nah, berhubung kalau mau memahami bacaan dan mengingat detailnya kamu harus berpikir menggunakan HOTS. Kamu perlu menggunakan penalaran kamu untuk menjelaskan gagasan tersebut dengan bahasa kamu sendiri.

Kak Fikri menyampaikan ada dua tanda penalaran kamu sudah kuat dan bisa menjelaskan gagasan dengan bahasa sendiri, antara lain kamu bisa memberi contoh yang berkaitan dengan penerapan sehari-hari dan kamu bisa menjelaskan ulang satu paragraf menggunakan bahasa yang berbeda atau parafrasa.

Dalam penerapannya, teknik scanning dan skimming biasanya diterapkan secara bersamaan. Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menerapkan teknik skimming:

  1. Membaca kalimat pertama saja pada tiap-tiap paragraf berikutnya.
  2. Perhatikan paragraf terakhir dengan tuntas dan simak hal-hal yang menjadi penekanan, baik itu berupa kesimpulan atau penutup.
  3. Temukan kata-kata yang mendapat perlakuan khusus: miring (italic), cetak tebal (bold), garis bawah (underline) karena kata-kata ini biasanya mengandung makna penting.
  4. Perhatikan angka atau data statistik (jika ada) untuk memperkuat pemahaman umum terhadap bacaan.

Membuat Mind Mapping

Setelah mengetahui gagasan tiap paragraf dari suatu bacaan, kamu perlu memetakan setiap informasinya melalui mind mapping. Pemetaan tersebut harus berkaitan satu sama lain, tidak boleh dibuat acak atau tidak sesuai dengan ide utama. Tujuannya, aga kamu lebih mudah memahami dan mengingat pokok pemikiran, ide, atau kata kunci dari sebuah informasi secara detail dalam jangka panjang.

Contoh mind mapping yang paling sering digunakan yaitu membuat garis percabangan, gambar, maupun kata kunci yang berkaitan dengan konsep atau ide utama. Metode mind mapping bermanfaat untuk membuat aktivitas membaca kamu lebih cermat dan efektif. 

Terapkan Pengulangan

Kalau kamu sudah paham dan punya informasi yang cukup terkait teks yang kamu baca, kamu tinggal melakukan pengulangan saja agar tetap ingat dengan bacaan yang kamu pelajari. Menurut Kak Fikri, pengulangan ini dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, di antaranya:

  1. Menceritakan konsep bacaan kepada orang lain.
  2. Menulis konsep bacaan di blog pribadi, catatan, atau diary. Bisa berupa review, rangkuman, dan sebagainya.
  3. Memikirkan isi bacaan dan membandingkannya dengan konsep lain yang kamu ketahui.

Itu dia beberapa cara cepat memahami bacaan dan mengingat detailnya dalam jangka panjang. Sudah siap menerapkan cara-cara di atas, Pahamifren? Buat kamu yang sedang mempersiapkan ujian semester atau tes UTBK SBMPTN 2021, kamu perlu memperbanyak materi bacaan dan latihan soal supaya pengerjaan soal nantinya bisa berjalan lancar.

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada kumpulan soal-soal UTBK berkonsep HOTS TPS dan TKA yang bisa kamu coba, lengkap dengan video belajar yang menarik.

Agar lebih siap #TaklukkanUTBK, kamu juga bisa berlangganan Paket SKS Pahamify. Lewat Paket SKS ini, kamu bisa kebut persiapan belajar UTBK 1 bulan secara intensif dengan cara belajar yang seru dan enggak membosankan. Cek info Paket SKS dari Pahamify di link ini.

Buruan klik di sini untuk download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version