Pahamifren, tes UTBK 2021 sudah di depan mata nih. Sudah sejauh apa persiapan yang kamu lakukan? Pernah nggak sih kamu merasa sudah belajar giat dan konsisten, tapi hasil dari latihan soal UTBK maupun try out cenderung nggak berprogres? Apa jangan-jangan cara belajarnya yang salah? Kalau mengalami situasi seperti ini, coba lakukan check-point yang bisa mengukur kesiapan belajar UTBK.

Kali ini, Mipi mau membagikan tiga check-point penting yang bisa kamu gunakan untuk mengukur progres dan kesiapan belajarmu. Tiga aspek ini diambil berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 20 Juni 2020. Daripada penasaran, yuk langsung simak pembahasannya!

Aspek Penting untuk Mengukur Kesiapan Belajar UTBK

Menurut Kak Fikri, supaya kamu lebih mudah mengetahui progres dan kesiapan belajar UTBK, kamu perlu mengecek tiga aspek penting, antara lain kerangka berpikir atau framework saat belajar, efektivitas belajar, serta pondasi dasar materi. Jadi, jangan fokus dan konsisten belajar saja, tapi kamu juga harus punya pengukuran belajar efektif seperti apa biar bisa berprogres.

Framework Berpikir

Check-point pertama untuk mengukur kesiapan belajar UTBK yaitu menganalisis kerangka berpikir yang kamu gunakan saat belajar. Kerangka berpikir yang optimal untuk belajar materi UTBK tentunya dengan menggunakan High Order Thinking Skills (HOTS). Jadi, bukan sekadar hafalan, tapi kamu juga mengidentifikasi pemahaman konsep, hubungan antarkonsep, serta penerapan dari materi yang dipelajari.

Terkadang, banyak di antara kamu yang sudah mengetahui kalau soal UTBK menggunakan konsep HOTS, tapi belajarnya masih pakai metode LOTS, cuma baca dan hafalan teori saja. Akibatnya, saat mengikuti try out atau mengerjakan latihan soal UTBK, hasilnya cenderung nggak berprogres. Jadi, mulai asah kemampuan penalaran dan High Order Thinking Skills kamu saat belajar, ya.

Pahami dan  Latihan Soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif 2021 dan Pembahasannya

Kamu juga bisa menggunakan check-point ini untuk menganalisis hasil try out yang kamu kerjakan. Misalnya, soal try out yang kamu nggak mengerti itu di bab apa? Jenis soalnya bagaimana? Nggak mengertinya karena belum paham maksud soalnya atau tidak tahu harus menggunakan rumus penyelesaian seperti apa? Nah, dari pertanyaan-pertanyaan itu kamu bisa mengukur progres dan kesiapan belajar yang sudah kamu lakukan.

Efektivitas Belajar

Mengukur efektivitas belajar sangatlah penting untuk mengetahui progres dan kesiapan belajar kamu. Sudahkah kamu menerapkan belajar yang efektif? Atau, hanya sekadar konsisten dan giat saja. Apakah belajar materi dan latihan soal yang kamu lakukan sudah tepat? Dari cuitan Twitternya, Kak Fikri menyampaikan ada 4 langkah utama yang bisa kamu terapkan agar menemukan strategi belajar UTBK yang efektif.

Langkah pertama yaitu Do, belajar materi dan kerjakan soal-soal UTBK terlebih dahulu. Kemudian Review, cocokkan hasil latihan soal dengan rangkuman materi yang kamu buat. Langkah ketiga yaitu Learn, lakukan evaluasi dari soal-soal yang masih salah dan baca ulang materinya. Terakhir yaitu Apply, terapkan hasil evaluasi yang diperoleh dari langkah ketiga, kemudian ulangi belajar materi dan latihan soal dari langkah pertama.

Kalau kamu sudah menerapkan siklus Do-Review-Learn-Apply secara terus-menerus, kamu akan mudah menguasai materi UTBK. Selain itu, hasil try out UTBK yang kamu lakukan akan meningkat secara signifikan.

Pondasi Dasar

Check-point terakhir yaitu menguasai pondasi dasar subtes yang diujikan. Kalau kamu sudah mengetahui pondasi dasar atau konsep dasar subtes tersebut, berarti kesiapan belajar UTBK sudah nggak perlu diragukan lagi. Kalau Kak Fikri bilang, kita akan menjadi jago saat paham konsep dasarnya. Lantas, apa sih yang menjadi pondasi dasar materi UTBK? Menurut Kak Fikri dasarnya yaitu Logika Matematika.

Pahami dan  Mengenal Strategi Deliberate Practice, Tips Belajar Efektif untuk Persiapan UTBK

Logika Matematika ini merupakan aturan berpikir untuk menarik kesimpulan secara ilmiah dan objektif. Ketika kamu menguasai Logika Matematika, peluang mencari kesimpulan dan jawaban yang benar menjadi jauh lebih besar. Selain itu, cakupan materi Logika Matematika hampir ada pada semua subtes TPS. Kalau kamu nggak paham landasannya, kamu bakal kebingungan mengerjakan soal TPS di UTBK nanti.

Itu dia tiga check-point yang bisa kamu ikuti untuk mengukur progres dan kesiapan belajar kamu. Intinya, ketika kamu merasa ada masalah tertentu dengan cara belajar kamu, coba refleksikan lebih dalam, sebenarnya masalahnya di mana? Apa yang membuat kamu belum mengerti? Semakin spesifik pertanyaan dan pengukuran kamu, semakin mudah buat cari solusinya, dan semakin cepat pula kamu dapat berprogres.

Selagi masih ada waktu, yuk evaluasi lagi cara belajarmu dan mulai perbanyak latihan soal. Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK ter-update di fitur TryOut Pahamify Premium. Dilengkapi dengan fitur Smart Analysis, TryOut Pahamify Premium bisa memudahkanmu menganalisis kelebihan dan kekuranganmu dalam pemahaman materi UTBK. Jadi, kamu bisa mengetahui kesiapan belajar UTBK secara signifikan.

Kamu juga bisa berlangganan Paket UTBK Express dari Pahamify untuk kebut persiapan belajar UTBK secara intensif.  Lewat Paket UTBK Express, kamu bisa mendapatkan fitur Study Plan eksklusif untuk mengukur progres belajarmu. Cek info lengkap Paket UTBK Express di link ini, ya.

Tunggu apalagi, ikuti TryOut Pahamify Premium sekarang! Download aplikasi Pahamify di sini dan gunakan semua fitur kerennya untuk lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih kampus impian.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version