Halo Pahamifren, kamu sudah baca artikel tentang Teks Eksposisi ini kan? Nah, dalam Materi Bahasa Indonesia kelas 10 kali ini, Mipi mau mengajak kamu membahas tentang Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya nih. Sebelum lebih jauh, ada baiknya kamu perhatikan penjelasan berikut ya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu tidak bisa lepas dari proses negosiasi. Biasanya, proses negosiasi ini erat kaitannya dengan kegiatan jual beli. Misalnya, ketika kamu ikut ibumu belanja ke pasar untuk membeli sayur atau kebutuhan sehari-hari. 

Apa saja contoh teks negosiasi beserta strukturnya yang kamu temukan sehari-hari?

Coba deh kamu perhatikan, ibu kamu pasti ingin mendapatkan barang yang ingin dibeli dengan harga semurah mungkin kan? Untuk mendapatkan harga yang murah, ibu kamu tak segan-segan melakukan tawar menawar kepada pedagang di pasar. Saat menawar, si penjual biasanya mempertahankan harga dagangannya, sampai akhirnya terjadi kesepakatan harga terbaik.

Inilah yang dinamakan negosiasi, yaitu proses tawar menawar dengan cara berunding antara satu pihak dengan pihak lainnya untuk mencapai kesepakatan bersama. Dari contoh negosiasi ini, kamu tentu bisa menyimpulkan, bahwa tujuan negosiasi adalah untuk mencari jalan tengah dalam suatu permasalahan, sehingga antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya tidak ada yang merasa dirugikan. 

Pengertian Teks Negosiasi 

Sebelum masuk pada contoh teks negosiasi beserta strukturnya, kamu tentu sudah mulai paham tentang negosiasi dari ilustrasi di atas kan? Dalam bentuk teks, negosiasi berisi percakapan atau dialog yang melibatkan dua orang atau lebih. Orang yang terlibat dalam teks negosiasi, bertujuan untuk mencari solusi dari sebuah masalah yang kemudian disepakati bersama.

Ciri-Ciri Teks Negosiasi 

Tak seperti teks lainnya, teks negosiasi memiliki ciri tersendiri. Berikut merupakan ciri-ciri teks negosiasi, antara lain:

  • Memiliki Partisipan

Dalam negosiasi selalu melibatkan dua partisipan atau lebih. Jika menemukan contoh percakapan negosiasi tentang proses jual-beli maka partisipan yang terlibat adalah konsumen dan pedagang. 

  • Mencari Penyelesaian Atau Jalan Tengah 

Karena dalam negosiasi terdapat perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak, contoh teks negosiasi beserta strukturnya tentu mengutamakan cara penyelesaian masalah yang tidak merugikan kedua belah pihak.

  • Mengarah Pada Tujuan Praktis

Dalam negosiasi tentu memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menawar sesuatu, kepentingan apapun yang dinegosiasikan pasti mengarah pada tujuan praktis yaitu tawar menawar.

  • Memprioritaskan Kepentingan Bersama 
Pahami dan  Hari Guru Makin Seru, Yuk Ikutan Kompetisi dan Simposium Guru Nasional Pahamify

Karena dalam negosiasi melibatkan dua belah pihak atau lebih, maka proses negosiasi dilakukan atas dasar kepentingan bersama. 

  • Menghasilkan Kesepakatan 

Hasil akhir dari proses negosiasi tentu mengarah pada kesepakatan antara pihak yang berunding. Negosiasi dikatakan berhasil jika mendapatkan kesepakatan bersama.

Kaidah Kebahasaan Teks Negosiasi 

Pahamifren seperti pada teks yang lainya, pada teks negosiasi juga terdapat  aspek atau kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan yang membedakan teks negosiasi dengan teks lainnya antara lain: 

  • Mengandung Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif mengandung makna mengajak atau membujuk. Dalam contoh teks negosiasi beserta strukturnya, kalimat persuasif dilakukan oleh satu pihak untuk mengajak pihak lainnya menyepakati tawaran yang diberikan.

Contoh percakapan negosiasi yang sering kita temui adalah, saat kamu membujuk ibumu memberikan uang jajan tambahan. Misalnya kalimat ini “Ma, uang jajannya boleh ditambah lagi nggak? Soalnya aku lagi banyak kebutuhan yang harus dibeli nih. Boleh ya ma”

  • Menggunakan Kalimat Deklaratif 

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang diutarakan dalam bentuk pernyataan. Contoh percakapan negosiasi yang menggunakan kalimat deklaratif adalah seperti ini “Bang, buah yang dijual ini belum begitu matang, seharusnya harganya bisa lebih murah dong”

  • Menggunakan Bahasa Yang Sopan

Agar proses negosiasi berjalan lancar, tentunya bahasa yang digunakan harus mengutamakan kesopanan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesalahpahaman dalam komunikasi. Dalam contoh teks negosiasi beserta strukturnya, bahasa yang sopan biasanya dimulai dengan kata Tolong, Silakan, Boleh, Maaf dan lain sebagainya. Contohnya seperti ini “Boleh kakak, silakan dilihat dulu barangnya kak. Bisa dinego lho kak”.

Contoh teks negosiasi beserta strukturnya, sering kamu temui pada percakapan sehari-hari.
  • Terdapat Kata Penghubung (Konjungsi)

Kata penghubung atau konjungsi yang digunakan dalam contoh percakapan negosiasi biasanya berupa kata kalau, begitu, meskipun, walaupun dan lain sebagainya. Misalnya pada kalimat ini “Walaupun barang ini buatan lokal, tapi desain dan bahannya cukup oke lho pak”.

  • Mengutamakan Kalimat Efektif 

Kalimat efektif yang dimaksud adalah kalimat yang singkat, padat, jelas dan lengkap. Kalimat efektif digunakan agar informasi yang disampaikan benar dan tepat sasaran. Misalnya saat kamu ingin membeli sebuah barang, anggap saja harganya Rp 100.000,- namun harga yang ditawarkan kamu anggap terlalu mahal. Maka gunakanlah kalimat efektif seperti ini “Bisa kurang nggak pak? Bagaimana kalau Rp 50.000,- saja ?”

  • Menggunakan Kalimat Perintah Atau Yang Bersifat Memerintah
Pahami dan  Bahasa Indonesia Kelas 11: Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Cerpen

Kalimat perintah yang dimaksud adalah, kalimat yang berusaha mempengaruhi satu pihak untuk melakukan yang diminta oleh pihak lainnya. Misalnya seperti ini “Pak, saya mau beli green bean Arabica Kintamani ini 100 Kg. Tolong harganya dikurangi 20 persen ya. Kalau oke, saya bayar cash sekarang!” 

  • Menggunakan Kata Ganti Atau Pronomina 

Contohnya kata, saya, kami, anda, kalian, kita dan sebagainya.

  • Berisi Pasangan Tuturan 

Pasangan tuturan yang dimaksud adalah dialog, atau percakapan yang terjadi antara dua orang atau lebih. 

Struktur Teks Negosiasi 

Setelah mengetahui pengertian, ciri- ciri dan kaidah kebahasaan diatas, kamu juga harus mengetahui struktur teks negosiasi sebagai berikut:

Orientasi 

Orientasi pada struktur teks negosiasi berisi kalimat pembuka atau ucapan salam. Fungsinya adalah untuk memulai proses negosiasi.

Permintaan 

Permintaan pada struktur teks negosiasi berupa suatu hal yang dibutuhkan, atau yang dirundingkan, misalnya berupa barang atau jasa yang ingin ditawar oleh pembeli.

Pemenuhan 

Yaitu kesanggupan dari satu pihak atas permintaan pihak lainnya. Misalnya saat pedagang menyanggupi tawaran yang diminta oleh pembeli.

Penawaran 

Penawaran juga disebut sebagai puncaknya proses negosiasi. Dalam penawaran, terjadi proses perundingan antara dua pihak, sampai menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan.

Persetujuan 

Yaitu kesepakatan antara kedua belah pihak terhadap negosiasi yang telah dilakukan. 

Pembelian 

Di bagian pembelian, satu pihak boleh menentukan untuk menyetujui proses negosiasi atau tidak, sampai terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak.

Penutup 

Di bagian penutup berisI kalimat penutup, biasanya diakhiri dengan ucapan salam atau terima kasih. 

Contoh Percakapan Negosiasi Dan Strukturnya

Dari struktur teks negosiasi ini, kamu tentu bisa menilai betapa proses negosiasi itu cukup kompleks ya, Pahamifren. Agar kamu makin paham, kamu bisa melihat contoh teks negosiasi beserta strukturnya yang Mipi sajikan di bawah ini:

Orientasi 

Pembeli: “Permisi pak/bu, boleh lihat-lihat dulu?“ 

Penjual: “Selamat siang, silahkan dek, mau beli barang apa?” 

Permintaan 

Pembeli: “Saya mau beli laptop yang bisa untuk mengakses aplikasi belajar online Pahamify nih pak. Tapi budget saya pas-pasan, kira-kira ada yang cocok nggak pak?”

Pemenuhan 

Penjual: “Oh buat belajar online ya dek? Sebentar saya cek. Ada dek, kebetulan ada laptop second dari perusahaan startup pendidikan Indonesia nih. Walaupun second, tapi kondisinya masih oke lho”

Pahami dan  Biologi Kelas XII: Hereditas Pada Manusia

Penawaran 

Pembeli: “Wah boleh saya lihat pak? Harganya berapa pak?” 

Penjual: “Silahkan dek. Harganya Rp 5.000.000,- saja dek” 

Pembeli: “Barangnya oke sih pak. Tapi harganya masih bisa kurang nggak pak? Bagaimana kalau Rp 3.500.000,- saja?” 

Penjual: “Wah, maaf dek belum bisa kalau harga segitu. Ini spesifikasinya oke lho, bisa untuk buka aplikasi belajar online, main game, edit video juga bisa dek. Begini saja, saya kasih harga pas Rp 4.000.0000 bagaimana?

Pembelian 

Pembeli: “Hmmm. Boleh dikurangi sedikit lagi nggak pak? Kalau boleh Rp 3.800.000,- saya bayar cash sekarang!” 

Penjual: “Wah bagaimana ya. Oke deh, Rp 3.800.000 deal ya dek! Saya siapkan barangnya, sekalian saya install sistem operasinya. Ditunggu sebentar ya dek”

Penutup 

Pembeli: “Baik, terima kasih pak. Ini uangnya silakan dihitung dulu” 

Penjual: “Rp 3.800.000,- pas. Terima kasih kembali dek. Ini ada garansinya satu bulan ya dek”

Tujuan Teks Negosiasi

Nah, dari contoh percakapan teks negosiasi di atas, Pahamifren sudah tahu kan tujuan dari teks negosiasi? Jadi, dapat  disimpulkan bahwa teks negosiasi memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Agar tercapai kesepakatan yang memiliki persamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan antara pihak yang  bernegosiasi.
  • Agar tercapai  penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama.
  • Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan (win win solution).

Pahamifren, itulah ulasan materi Bahasa Indonesia Kelas 10 tentang Teks Negosiasi Beserta Strukturnya. Semoga bisa menjadi referensi belajar buat kamu ya.

Khusus untuk kamu yang ingin mendapatkan akses materi pelajaran SMA secara online, kamu bisa mengunduh platform belajar online Pahamify. Ada ratusan video pembelajaran yang seru yang bisa kamu pelajari di rumah. Materi belajar yang disajikan Pahamify, dijamin nggak membosankan dan bakal membuat kamu makin paham lho.

Jangan lupa untuk menonton materi belajar yang seru lainnya dari kakak-kakak Rockstar Teacher di channel YouTube Pahamify ya. 

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog