Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, bagi kamu yang sudah kelas 12 SMA, pasti sudah memikirkan mau kuliah di mana setelah lulus nanti. Adakah di antara kamu yang ingin masuk UI? Universitas Indonesia terkenal sebagai kampus paling difavoritkan pelajar, lho. Selain program sarjana, UI juga menawarkan program vokasi, baik D3 maupun D4. Buat kamu yang mengincar UI sebagai kampus impian, program vokasi UI layak kamu jadikan pilihan. Nah, biar kamu semakin mengenal program vokasi UI, yuk simak info lengkap vokasi UI berikut ini!

Program Pendidikan Vokasi UI

Program vokasi UI merupakan pendidikan tinggi kejuruan yang menghasilkan lulusan Ahli Madya pada jenjang Diploma III (D3) dan Sarjana Terapan pada jenjang Diploma IV (D4). Proses perkuliahan pada program ini lebih mengutamakan keterampilan dan keahlian praktik kerja. Hal itu terbukti pada komposisi kurikulum di vokasi UI yaitu 30% teori dan 70% praktik. Praktikum perkuliahan vokasi di UI biasanya dilakukan di laboratorium maupun di lokasi magang.

Bagi kamu yang ingin menjadi tenaga ahli profesional, kamu bisa mencoba program pendidikan tinggi kejuruan ini. Vokasi Universitas Indonesia mengarahkan lulusannya untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan/swasta, atau berwiraswasta. Jadi, setelah lulus vokasi UI, kamu bisa menjadi tenaga ahli siap kerja di berbagai aspek, Pahamifren.

Menariknya, program vokasi UI ini sudah bekerja sama dengan Asosiasi Profesi dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswanya melalui sertifikasi profesi. Hal ini menjadi salah satu kelebihan program vokasi Universitas Indonesia. Jadi, lulusan vokasi UI tidak hanya mendapatkan ijazah, namun juga dibekali sertifikat kompetensi dari bidangnya masing-masing yang tentunya berguna di dunia kerja.

Perbedaan Vokasi dan S1 di Universitas Indonesia

Vokasi dan S1 memiliki gelar maupun jenjang pendidikan yang berbeda. Jika lulusan S1 gelar yang akan diperoleh adalah Sarjana, lulusan vokasi akan memperoleh gelar Ahli Madya untuk D3 dan Sarjana Terapan untuk D4. Proses perkuliahan keduanya pun berbeda. Program sarjana lebih dominan pada teori, sementara program vokasi lebih banyak praktik. Selain itu, lulusan vokasi Universitas Indonesia akan mendapatkan ijazah sekaligus sertifikasi profesi sesuai bidang ilmu yang ditempuh.

Terkait jalur masuk, kamu bisa mendaftar program sarjana UI melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (SIMAK UI). Sedangkan pada program vokasi, cara masuknya hingga saat ini melalui jalur PKKB dan SIMAK UI.

Jurusan yang Ditawarkan Vokasi UI

Jurusan yang tersedia pada vokasi UI dibagi menjadi 3 rumpun pendidikan, yaitu ilmu kesehatan, ilmu administrasi, serta ilmu sosial dan humaniora. Rumpun pendidikan vokasi UI secara umum terdiri dari jurusan keilmuan spesialis yang siap diterapkan di dunia kerja. Berikut adalah daftar jurusan pada tiap rumpun pendidikan vokasi UI:

Rumpun Ilmu Kesehatan

  • Administrasi Rumah Sakit (D3)
  • Fisioterapi (D4)
  • Okupasi Terapi (D4)

Rumpun Ilmu Administrasi

  • Administrasi Perpajakan (D3)
  • Administrasi Keuangan dan Perbankan (D3)
  • Administrasi Asuransi dan Aktuaria (D3)
  • Administrasi Perkantoran (D3)
  • Akuntansi (D3)
  • Bisnis Kreatif (D4)

Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora

  • Penyiaran Multimedia (D3)
  • Hubungan Masyarakat (D3)
  • Periklanan Kreatif (D3)
  • Manajemen Rekod dan Arsip (D4)
  • Manajemen Bisnis Pariwisata (D4)
  • Produksi Media (D4)

Cara Masuk Vokasi UI

Proses penerimaan mahasiswa baru program pendidikan vokasi Universitas Indonesia dilakukan melalui 2 jalur, yaitu jalur PPKB dan SIMAK UI. Berikut rincian tiap jalur masuk vokasi UI:

Jalur PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar)

PPKB adalah jalur penerimaan UI untuk jenjang vokasi dan S1 Paralel ditujukan kepada siswa yang diusulkan oleh sekolah tertentu. Proses seleksi PPKB dilakukan berdasarkan performance sekolah (prestasi alumninya di UI) dan kuota dari masing-masing program studi. Nilai rapor dan prestasi akademik siswa juga menjadi berkas yang harus disertakan dalam pendaftaran PPKB.

Kuota penerimaan mahasiswa program vokasi jalur PPKB lebih banyak dibandingkan SIMAK UI, yaitu 70%. Jadwal pendaftaran PPKB UI 2021 program vokasi sudah berlangsung sejak 4 Februari – 6 Maret 2021. Hasil pengumuman telah berlangsung pada 26 Maret 2021 lalu.

SIMAK UI (Seleksi Masuk UI)

SIMAK UI merupakan jalur penerimaan UI yang dilakukan secara mandiri untuk program pendidikan vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional. Seleksinya dilakukan melalui ujian SIMAK UI. Pada tahun 2021, jalur SIMAK UI juga mensyaratkan nilai UTBK sebagai dokumen kelengkapan pendaftaran S1 Reguler.

Kuota penerimaan mahasiswa program vokasi jalur SIMAK UI pada tahun 2021 sebesar 30%. Adapun jadwal pendaftaran SIMAK UI 2021 dilaksanakan pada 3 Mei – 9 Juni 2021. Rincian pendaftaran SIMAK UI bisa kamu lihat di artikel pendaftaran SIMAK UI yang sudah Mipi bahas, ya.

Biaya Kuliah Vokasi UI

Berdasarkan Peraturan Rektor UI No 4 Tahun 2021 Tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Non S1 Reguler, komponen biaya pendidikan mahasiswa vokasi terdiri dari BOP dan UP. BOP atau Biaya Operasional Pendidikan adalah komponen biaya pendidikan di UI yang dibayarkan mahasiswa setiap semester. Sementara itu, UP atau Uang Pangkal adalah komponen biaya pendidikan di UI yang harus dibayarkan mahasiswa pada semester pertama dan hanya dibayarkan satu kali.

Besaran Biaya Pendidikan Vokasi UI tahun 2021

Sebagai gambaran, berikut adalah besaran tarif biaya pendidikan yang harus dibayar mahasiswa untuk program pendidikan vokasi di Universitas Indonesia tahun 2021:

  • Semua Jurusan D3
    BOP: Rp10.000.000
    UP: Rp11.500.000
  • Fisioterapi
    BOP: Rp13.000.000
    UP: Rp15.000.000
  • Terapi Okupasi
    BOP: Rp13.000.000
    UP: Rp15.000.000
  • Manajemen Rekod dan Arsip, Bisnis Kreatif, Produksi Media, Manajemen Bisnis Pariwisata
    BOP: Rp11.000.000
    UP: Rp15.000.000

Itulah beberapa informasi seputar program vokasi UI yang perlu kamu ketahui. Sudah siap menjadi mahasiswa vokasi UI, Pahamifren? Sebelum itu, ayo persiapkan dirimu menghadapi ujian SIMAK UI 2021 bersama Pahamify!

Aplikasi belajar online terbaik kesayanganmu, Pahamify sudah menyiapkan Paket SKS SIMAK UI 2021 yang bisa kamu coba. Dilengkapi try out SIMAK UI, bank soal dan rangkuman materi SIMAK, kelas online, study plan prediksi SIMAK 2021, serta grup belajar eksklusif, Paket SKS SIMAK UI Pahamify bisa membuat persiapan belajarmu semakin maksimal. 

Yuk, berlangganan paketnya sekarang! Gunakan semua fitur kerennya untuk #TaklukkanSIMAKUI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll