Close

June 14, 2021

Istilah Penting yang Harus Kamu Tahu Saat Daftar UTBK SBMPTN

Ini istilah-istilah penting yang harus kamu tahu dalam cara daftar SBMPTN. Apa saja itu?

Mau daftar UTBK SBMPTN? Kenali dulu istilah-istilah ini!

Siapa di antara kamu yang ingin masuk PTN lewat jalur UTBK SBMPTN? Pasti, kamu lagi semangat-semangatnya menggali informasi ya, mulai dari cara daftar SBMPTN, jadwal, persyaratan, sampai soal-soal UTBK kan? Nah, agar persiapanmu makin lancar, jangan sampai kamu melewatkan informasi mengenai istilah-istilah penting UTBK SBMPTN ya. Apa saja itu, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Istilah-Istilah Penting yang Sering Muncul pada Tata Cara Daftar UTBK SBMPTN

Ketika mengakses informasi tentang cara daftar UTBK SBMPTN, beberapa di antara kamu masih sering bingung mengartikan istilah-istilah tertentu kan? Misalnya passing grade, daya tampung, serta keketatan persaingan. Bahkan, ada juga yang belum tahu apa itu UTBK dan SBMPTN. Nah, biar kamu tidak mengalami kebingungan serupa, mari cari tahu bersama maksud istilah-istilah tersebut.

Sudah tahu cara daftar SBMPTN? Jangan lupa pelajari juga istilah penting yang sering muncul pada pendaftaran SBMPTN

UTBK vs SBMPTN

Sebelum membahas istilah-istilah lainnya, kamu mesti tahu dulu apa itu UTBK dan SBMPTN. Nah, informasi lengkap mengenai UTBK dan SBMPTN bisa kamu baca di artikel berikut, ya.

LTMPT

Saat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, kamu pasti akan menjumpai istilah LTMPT. Pada dasarnya, LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan SNMPTN, SBMPTN, maupun UTBK. Jadi, jangan heran kalau informasi detail mengenai pendaftaran UTBK SBMPTN, cara daftar, persyaratan, dan lain sebagainya akan dipublikasikan secara resmi melalui portal LTMPT ini. Bahkan, proses pendaftaran UTBK SBMPTN serta pengumuman hasil UTBK SBMPTN juga dilakukan melalui laman resmi LTMPT.

Passing Grade

Apa itu passing grade? Secara umum, passing grade menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan persentase batas nilai suatu program studi. Persentase nilai tersebut bisa berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung jumlah peminat dan skor peserta yang mendaftar di jurusan tersebut. Selain berupa persentase, passing grade juga sering berbentuk skor minimal UTBK untuk diterima di suatu program studi.

Namun, passing grade ini baru bersifat prediksi, ya. Sebab, nilai passing grade belum pernah dipublikasikan secara resmi oleh PTN maupun LTMPT. Walaupun demikian, passing grade masih sering digunakan sebagai acuan target nilai minimal UTBK yang harus diperoleh agar bisa diterima di jurusan pilihan.

Sejauh ini, passing grade bisa lebih rendah atau lebih tinggi, tapi prediksinya tidak terlalu jauh dengan persentase nilai sebenarnya. Jadi, agar peluang kamu diterima semakin besar, sebaiknya tetapkan target skor UTBK tertinggi melebihi passing grade jurusan tersebut.

Cara menghitung passing grade SBMPTN yang perlu kamu tahu.

Daya Tampung

Daya tampung sebenarnya merupakan istilah untuk menggambarkan jumlah kursi yang tersedia pada setiap jurusan. Istilah ini juga sering diartikan sebagai jumlah peserta yang akan diterima di suatu jurusan. Jumlah daya tampung ini bisa berubah setiap tahunnya, tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Jadi, ada baiknya kamu mencari tahu kebijakan kampus incaranmu. Paling tidak, cek informasi daya tampung kampus tersebut pada UTBK SBMPTN tahun sebelumnya. Biasanya, angkanya tidak terlalu jauh dari itu.

Keketatan Persaingan

Istilah keketatan persaingan SBMPTN diartikan sebagai gambaran persaingan masuk suatu perguruan tinggi maupun program studi. Tingkat keketatan persaingan SBMPTN dapat dilihat dari jumlah pendaftar tahun sebelumnya serta jumlah yang diterima di jurusan tersebut.

Dari dua hal itu, kemudian diambil nilai persentasenya. Makin tinggi persentase suatu jurusan, maka ketetatan persaingannya makin rendah. Atau sebaliknya, makin rendah persentasenya, berarti jurusan tersebut memiliki keketatan persaingan yang tinggi.

Misalnya, keketatan persaingan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI adalah 3,14%, sementara jurusan Ilmu Politik sebesar 10,20%. Dari contoh ini, jurusan mana yang menurut kamu tingkat persaingannya lebih tinggi? Tentu saja jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI karena persentasenya lebih kecil, Pahamifren.

Itulah beberapa istilah penting yang wajib kamu ketahui sebelum daftar UTBK SBMPTN. Biar makin siap, belajar bareng Mipi, yuk! Kamu bisa persiapan UTBK pakai fitur Pegasus, TryOut Premium, Video Belajar, dan Rangkuman Materi sambil nunggu jadwal ujian.

Semua fitur yang Mipi sebutin di atas bisa kamu dapetin dengan langganan paket Prime UTBK hanya dengan Rp249.000 aja!

Tunggu apalagi, yuk matangkan persiapanmu #TaklukkanUTBK pakai paket Prime UTBK. Langganan paket belajarnya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *