Close

February 7, 2021

Ini Dia, Cara Maksimalkan Peluang Lolos SBMPTN meski Nilai UTBK Kecil

Tips lolos SBMPTN UTBK 2021 meski nilai kecil

Pahamifren, sudah baca artikel 5 Hal yang Membuat Nilai UTBK Kecil ini? Kalau sudah, kamu tentu tahu penyebab nilai UTBK kecil dan cara mengatasinya kan? Tapi kalau kamu masih kepikiran pada standar nilai UTBK yang sesuai untuk SBMPTN, kali ini Mipi memberi beberapa tips lolos SBMPTN meski nilai UTBK kecil. Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Tips Lolos SBMPTN meski Nilai UTBK Kecil

Nilai UTBK pas-pasan, apakah masih bisa lolos SBMPTN 2022? Pertanyaan ini tentu sering muncul di kepala pejuang PTN kok. Jangan khawatir, kamu masih punya kesempatan lolos UTBK SBMPTN 2022 walau memiliki nilai yang kecil. Saat kamu mendapatkan nilai minimum UTBK dengan rata-rata 550, 500, atau bahkan 400, kamu masih berpeluang lolos SBMPTN, yang artinya kamu pun masih bisa diterima di PTN pilihanmu.

Memang sih peluangnya tidak sebesar saat kamu mendapatkan standar nilai UTBK yang aman, seperti nilai di atas 600 ke atas. Namun, selagi masih ada peluang kamu harus memanfaatkannya semaksimal mungkin, ya.

Beberapa tips lolos SBMPTN berikut ini bisa membantumu memaksimalkan peluang diterima di SBMPTN walaupun nilai UTBK pas-pasan. Yuk langsung cek apa saja tips-tipsnya!

Khawatir dapat nilai UTBK kecil? Kamu bisa ikuti tips lolos SBMPTN UTBK 2021 meski nilai UTBK-mu kecil lho.

Pilih PTN sesuai Kapasitas Nilai

Sebagian dari kamu pasti ingin banget diterima di kampus-kampus favorit, yang masuk dalam kategori PTN terbaik di Indonesia, seperti UI, UGM, ITB, Unpad, dan sebagainya. Tapi, kalau nilai UTBK kamu pas-pasan, ada baiknya kamu menurunkan sasaran kamu ke PTN yang sedang-sedang saja.

PTN favorit di Indonesia tentu memiliki peminat yang banyak sehingga tingkat persaingannya pun semakin tinggi. Mempertimbangkan nilai UTBK pas-pasan, kamu bisa kesulitan bersaing dengan peserta SBMPTN lain yang mengincar PTN yang sama dengan pilihanmu. Jadi, pilihlah PTN sesuai dengan kapasitas nilai saja agar peluang lolos SBMPTN semakin besar.

Kamu enggak perlu minder ketika tidak diterima di PTN favorit. Sukses atau tidaknya kamu bukan ditentukan dari seberapa favorit PTN tersebut, melainkan dilihat dari bagaimana kamu bisa berproses di PTN itu nantinya.

Lihat Daya Tampung Jurusan yang Dipilih

Tips lolos SBMPTN kedua yaitu mempertimbangkan daya tampung jurusan yang dipilih. Jurusan yang bisa kamu pertimbangkan saat memperoleh nilai UTBK kecil yaitu jurusan yang memiliki daya tampung banyak tapi peminat rendah, serta jurusan yang memiliki daya tampung sedikit dan peminat rendah. Jurusan kuliah yang masuk dua kategori tersebut tidak memiliki persaingan terlalu ketat sehingga peluang kamu lolos pun semakin besar.

Meski demikian, bukan berarti kamu harus memilih jurusan biasa-biasa saja yang penting lolos, ya! Kamu tetap harus mengutamakan passion dalam menentukan jurusan kuliah. Saat kuliah, kamu akan mendalami jurusan pilihan dalam waktu yang tidak sebentar. Kalau kamu memilih jurusan tidak sesuai passion, bisa-bisa hal ini hanya akan menghambat proses akademik kamu ke depannya.

Analisa Jurusan Paling Berpeluang

Dari pertimbangan daya tampung, peminat, dan passion, kamu bisa membuat list jurusan yang akan kamu pilih. Setelah list jurusan sudah dibuat, baru bandingkan mana jurusan yang bisa membuatmu paling berpeluang lolos.

Contohnya:

  • Jurusan Teknik Informatika di Universitas Brawijaya memiliki daya tampung SBMPTN 2020 sebanyak 96 kursi, dengan peminat pada SBMPTN 2018 lalu sebanyak 1.308.
    Peluang kamu: 1.309 – 96 = 1.213
    Artinya, nilai UTBK kamu harus di atas 1.213 pelamar jurusan Teknik Informatika lainnya.
  • Jurusan Matematika di Universitas Brawijaya pada SBMPTN 2020 memiliki daya tampung sebanyak 80, dengan peminat pada SBMPTN 2019 sebanyak 666.
    Peluang kamu: 666 – 80 = 586
    Artinya, nilai UTBK kamu harus di atas 311 pelamar Matematika lainnya.

Dari contoh di atas, mana yang lebih berpeluang? Jawabannya tentu jurusan Matematika ya, karena sainganmu jauh lebih sedikit. Daya tampung jurusan Matematika juga tergolong banyak sehingga peluang kamu diterima jurusan tersebut pun semakin besar.

Temukan tips lolos UTBK SBMPTN 2021 terbaru di Pahamify. Kamu masih bisa lolos UTBK 2021 meski nilai kamu kecil lho.

Nah, sampai sini, kamu sudah paham cara menganalisis jurusan yang paling berpeluang kan? Intinya, semakin rendah nilai UTBK kamu, sebaiknya carilah peluang jurusan yang tingkat persaingannya semakin rendah pula.

Itulah beberapa tips lolos SBMPTN meski nilai UTBK kecil yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga tips-tips di atas dapat mengurangi overthinking karena nilai UTBK kecil, ya.

Daripada kamu terus kepikiran soal skor UTBK, mending kamu mulai mempersiapkan diri menghadapi UTBK. Persiapan yang matang membantumu memaksimalkan peluang mendapatkan nilai UTBK tinggi.

Di aplikasi Pahamify, kamu bisa ikut Live Class, cobain latihan soal UTBK terbaik, di TryOut Pahamify, belajar konsep materi pake video animasi yang seru, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung mulai persiapkan diri kamu untuk #TaklukkanUTBK bareng Pahamify. Download aplikasinya sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

2 Comments on “Ini Dia, Cara Maksimalkan Peluang Lolos SBMPTN meski Nilai UTBK Kecil

dafarahma13@yahoo.co.id
February 8, 2021 at 3:39 pm

Seribu juta manusia bisa bermimpi namun 1 anak muda bisa mengubah dunia

Reply
malus yalak
March 2, 2021 at 4:09 pm

cara mendaftar tbmptn ni bagiman kh…?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *