pfy-burger-btn Menu

5 Jurusan Kuliah Terfavorit di UI

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, tidak mengherankan kalau setiap tahunnya Universitas Indonesia selalu dibanjiri peminat. Nah, bagi pejuang UTBK yang ngambis masuk ke UI, kamu perlu tau mengenai jurusan kuliah terfavorit di UI, nih.

Berikut adalah lima jurusan kuliah terfavorit di UI di SBMPTN yang sudah Mipi rangkum. Kamu baca artikel ini sampai selesai, ya, Pahamifren!

Ilmu Hukum

Peminat SBMPTN 20213,161
Daya tampung SBMPTN 202290

Jurusan Ilmu Hukum menjadi jurusan yang paling diminati di Universitas Indonesia pada SBMPTN 2021 lalu. Selain memiliki akreditasi A dari BAN-PT, Program Sarjana Ilmu Hukum UI juga sudah dinyatakan sesuai dengan Standar Mutu ASEAN University Network (AUN-QA). Masa studi jurusan Ilmu Hukum UI adalah 8 semester, dengan batas maksimum 12 semester.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan Ilmu Hukum UI adalah Hukum Ekonomi dan Teknologi, Hukum Keperdataan, Hukum Islam dan Adat, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, Hukum Masyarakat dan Pembangunan, dan lain sebagainya.

Jurusan Ilmu Hukum UI memiliki 16 peminatan atau konsentrasi, yaitu Praktisi Hukum, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Adat, Hukum Islam, Hukum Agraria, Hukum Teknologi, Hukum Ekonomi, Hukum Administrasi Negara, Hukum Tata Negara, Hukum Lingkungan dan Sumber Daya Alam, Hukum Keuangan Publik dan Perpajakan, Hukum Perdata Internasional, Hukum Internasional Publik, Hukum Masyarakat dan Pembangunan, dan Hukum Perburuhan.

Prospek kerja lulusan jurusan Ilmu Hukum Universitas Indonesia mencakup dosen, konsultan hukum, peneliti, in-house lawyer, legal officer, hakim, jaksa, pengacara, birokrat, diplomat, perencana (planner), dan lain sebagainya.

Ilmu Psikologi

Peminat SBMPTN 20212.910
Daya tampung SBMPTN 202257

Jurusan kedua yang menjadi jurusan terfavorit di Universitas Indonesia pada SBMPTN 2021 adalah jurusan Ilmu Psikologi. Jurusan Ilmu Psikologi ini menggunakan metode belajar yang mengarah kepada student-centered learning melalui collaborative learning, diskusi, dan problem based learning. Lama masa studi yang harus ditempuh oleh mahasiswa jurusan Ilmu Psikologi Universitas Indonesia adalah 4 tahun (8 semester) dengan beban studi sebanyak 144 SKS.

Di jurusan Ilmu Psikologi UI, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Mata Kuliah Pengembang Kepribadian Terintegrasi, Pengembangan Diri, Psikologi Umum I dan II, Psikologi Pendidikan, Psikologi Belajar, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Media, Psikopatologi Anak, dan lain sebagainya. Prospek kerja lulusan jurusan Psikologi Universitas Indonesia meliputi konsultan karir, HRD, asesor, rekruiter, dosen, asisten psikolog, dan lain sebagainya. 

Pendidikan Dokter

Peminat SBMPTN 20212.750
Daya tampung SBMPTN 202254

Jurusan Pendidikan Dokter menempati peringkat ketiga jurusan terfavorit di UI pada SBMPTN 2021 lalu. Fakultas Kedokteran UI sendiri merupakan Fakultas Kedokteran pertama di Indonesia dan memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Makanya gak heran kalau setiap tahunnya, jurusan kuliah yang satu ini punya banyak peminat, ya, Pahamifren.

Lama masa studi jurusan Pendidikan Dokter UI adalah 5,5- 6 tahun dengan tahap preklinik (kuliah) selama 3,5-4 tahun (7 – 8 semester) dan tahap klinik (koas) selama 2 tahun. Jadi, saat mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter UI sudah menyelesaikan tahap prekliniknya, ia akan mendapatkan gelar S.Ked. atau Sarjana Kedokteran. Setelah mendapatkan gelar tersebut, ia akan disebut sebagai dokter muda. Nah, barulah setelah masa kliniknya atau masa koasnya selesai, ia akan menjalani sumpah dokter. 

Sekalipun sudah menjalani sumpah dokter dan mendapatkan gelar dokter di depan nama, kalau ingin praktik di klinik atau rumah sakit, ia harus menjalani internship atau magang selama satu tahun di rumah sakit. Setelah mendapatkan Surat Izin Praktik, barulah ia dapat bekerja sebagai dokter umum. Melihat lamanya perjuangan mahasiswa kedokteran untuk menjadi dokter umum, kalau kamu ingin masuk jurusan yang satu ini, kamu wajib menjaga komitmen kamu saat menjalaninya nanti, ya, Pahamifren. 

Mata kuliah yang paling khas dari jurusan Pendidikan Dokter UI adalah banyaknya praktikum yang harus dijalani oleh mahasiswanya. Beberapa praktikum tersebut adalah praktikum laboratorium, praktikum farmakologi dan farmasi, patologi anatomi, patologi klinik, mikrobiologi, fisiologi, histologi, biokimia, parasitologi, dan lain sebagainya. Prospek kerja lulusan jurusan Pendidikan Dokter Universitas Indonesia meliputi peneliti medikal, dosen, dokter di LSM, dokter di industri farmasi, dan lain sebagainya.

Manajemen

Peminat SBMPTN 20212.691
Daya tampung SBMPTN 202254

Jurusan keempat yang menjadi jurusan favorit di Universitas Indonesia pada SBMPTN 2021 adalah jurusan Manajemen. Jurusan yang bernaung di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Sesuai dengan kurikulum 2020, mahasiswa jurusan Manajemen UI harus menyelesaikan minimal 144 SKS untuk dapat lulus dan mendapat gelar S.M.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan kalau kamu masuk jurusan Manajemen UI adalah Pengantar Ekonomi I dan II, Pengantar Akuntansi I dan II, Acuan Perilaku Ekonomi, Koperasi, Pengantar Bisnis, Statistika Ekonomi dan Bisnis, dan lain sebagainya. Jurusan Manajemen UI memiliki empat konsentrasi atau peminatan, yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi, dan Manajemen Operasi.

Prospek kerja lulusan jurusan Manajemen UI sangat beragam, meliputi bidang keuangan dan investasi, bidang pemasaran, bidang Sumber Daya Manusia (SDM), dan Bidang Operasi. Pada bidang keuangan dan investasi biasanya berkaitan dengan arus kas dan investasi, penganggaran dan pasar modal, dan analisis pasar. Pada bidang pemasaran, prospek kerjanya berkaitan dengan riset pemasaran, perencanaan merek, sales dan distribusi, iklan dan promosi, dan konsultan pemasaran. 

Sementara pada bidang SDM, prospek kerjanya berkaitan dengan pengaturan rekrutmen dan seleksi pegawai, hubungan dengan serikat pekerja, pelatihan dan pengembangan, serta konsultan SDM. Pada bidang operasi berkaitan dengan manajemen proyek, proses produksi, supply chain, penjaminan kualitas, dan konsultan manajemen operasi. 

Akuntansi

Peminat SBMPTN 20211.996
Daya tampung SBMPTN 202260

Jurusan kelima yang termasuk jurusan paling terfavorit di UI pada SBMPTN 2021 adalah jurusan Akuntansi. Jurusan yang sudah terakreditasi A ini juga berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis seperti jurusan Manajemen. Kalau kamu masuk jurusan kuliah yang satu ini dan sudah pernah mempelajari ilmu akuntansi di SMA, kamu jangan kaget kalau ilmu akuntansi yang kamu pelajari di jurusan Akuntansi UI berbeda dengan akuntansi yang diajarkan saat SMA dulu.

Di jurusan Akuntansi UI kamu akan belajar dari awal mengenai semua konsep akuntansi. Beberapa mata kuliah di jurusan Akuntansi Universitas Indonesia adalah Tata Kelola Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Sistem Pengendalian Manajemen, Perpajakan I dan II, Audit Sistem Informasi, Audit Internal, Akuntansi Syariah, Akuntansi Pemerintahan, Analisis dan Valuasi Bisnis, dan lain sebagainya. Berbeda dengan jurusan Akuntansi universitas lain, jurusan

Akuntansi UI tidak memiliki konsentrasi, melainkan ada mata kuliah pilihan. Jadi, mahasiswa jurusan Akuntansi UI dibebaskan mengambil mata kuliah pilihan tersebut. Prospek kerja lulusan jurusan Akuntansi UI meliputi auditor, akuntan, analis saham, konsultan pajak, HRD, pegawai asuransi, pegawai bank, analis keuangan, manajer akuntansi, assistant controller, dan lain sebagainya.

Itulah 5 jurusan kuliah terfavorit di UI pada SBMPTN 2021. Bagaimana? Apakah jurusan impian kamu termasuk ke lima jurusan tersebut? Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK dan masih bingung mau mulai dari mana, kamu dapat menggunakan fitur terbaik persiapan UTBK Pahamify yang bernama Pegasus. Pegasus akan membimbing persiapan UTBK kamu dari nol sampai kamu siap #TaklukkanUTBK.

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.


Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll