Close

March 16, 2022

Buka-Bukaan Jurusan Sastra Inggris!

Jurusan Sastra Inggris

Apa yang terlintas dipikiran kamu ketika mendengar jurusan Sastra Inggris? Apakah itu tentang grammar, tenses, dan vocabulary? Beberapa orang mungkin menilai kalau kuliah di jurusan Sastra Inggris sama aja dengan mengambil kursus Bahasa Inggris. Padahal, kenyataannya nggak seperti itu. 

Kuliah Sastra Inggris dan kursus Bahasa Inggris itu jelas berbeda. Banyak hal yang dipelajari di jurusan Sastra Inggris, tetapi nggak didapatkan saat kamu cuma mengambil kursus.

Walaupun sama-sama mempelajari Bahasa Inggris, jurusan Sastra Inggris nggak terbatas hanya membahas grammar, tenses, dan vocabulary aja.  Nggak sedikit juga orang bilang kalau lulusan Sastra Inggris cuma bisa jadi guru les aja. Padahal, banyak banget pekerjaan yang menjanjikan dari lulusan Sastra Inggris, lho!

So, Untuk kamu yang ingin mengambil jurusan Sastra Inggris tapi belum terbayang apa aja yang akan dipelajari dan bagaimana prospek kerjanya, simak penjelasan berikut ini, ya. 

Mengenal Jurusan Sastra Inggris

Singkatnya, Sastra Inggris adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari Bahasa Inggris dari segi sastra dan linguistik secara mendalam.

Selain bahasa, Sastra Inggris juga akan menyuguhkan materi pelajaran mengenai kebudayaan dari negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, seperti Amerika, Inggris, dan Australia.

Dalam kesusastraan, kamu akan melakukan kajian terhadap berbagai karya sastra, seperti puisi, prosa, novel, drama, maupun film. Bahkan, di beberapa kampus, mahasiswanya juga akan diminta untuk membuat pementasan drama. Kedengarannya seru banget, kan? 

Tapi, saat kamu masuk jurusan Sastra Inggris, kamu harus terbiasa berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Beberapa dosen menggunakan full Bahasa Inggris selama proses belajar dan tugas-tugasnya pun juga harus dikerjakan dalam Bahasa Inggris. 

Untuk kamu yang belum terbiasa menggunakan Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari, jangan khawatir. Kamu akan terbiasa seiring berjalannya waktu dengan sendirinya. Nggak harus bicara kayak orang bule, yang penting kamu udah memahami dasar-dasar Bahasa Inggris. 

Di Jurusan Sastra Inggris Belajar Apa Aja?

Walaupun secara garis besar jurusan Sastra Inggris mempelajari 3 bidang ilmu, yaitu kesusastraan, linguistik, dan kebudayaan, kamu juga akan menemukan mata kuliah seputar penerjemahan dan juga pengajaran.

Kira-kira gambaran materi yang akan kamu pelajari di jurusan Sastra Inggris kurang lebih seperti ini:

1. Bahasa

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari Bahasa Inggris lebih jauh. Mulai dari memperdalam pemahaman tentang grammar, sampai melatih kemampuan untuk membaca (reading), menulis (writing), serta berbicara dan mendengar (listening and speaking).

Semua ini terbagi menjadi beberapa mata kuliah yang harus ditempuh. Kamu juga akan belajar public speaking menggunakan Bahasa Inggris, lho! 

2. Linguistik

Linguistik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Berbeda dengan yang sebelumnya, linguistik terbagi menjadi beberapa cabang, yaitu fonetik dan fonologi (bunyi bahasa), morfologi (pembentukan kata), sintaksis (aturan pembentukan kalimat), semantik (makna kata), dan lain – lain.

Dalam mempelajari linguistik, kamu akan membahas berbagai jenis teks, mulai dari teks pidato, artikel berita, sampai iklan yang berbentuk poster maupun video. 

3. Kesusastraan

Seperti yang udah disampaikan sebelumnya, kamu akan banyak mengkaji beberapa karya sastra seperti puisi, prosa, novel, dan drama. Kamu juga akan diperkenalkan dengan berbagai materi yang berkaitan dengan teknik penulisan dan pembuatan review yang mendalam tentang karya sastra tersebut.

Maka dari itu, kamu akan cenderung banyak membaca saat mengikuti mata kuliah yang berkaitan dengan kesusastraan.

4. Sejarah dan Budaya

Pengetahuan tentang bahasa tentu nggak lepas dari sejarah dan budaya. Kalau di Sastra Inggris Universitas Indonesia, kamu akan belajar sejarah dan budaya dari Amerika, Inggris, dan Australia secara mendalam.

Kamu akan diperkenalkan dengan berbagai macam aspek budaya, mulai dari suku asli penduduk di negara tersebut, perayaan hari besar, sampai adat atau kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di sana.

5. Dasar-Dasar Penerjemahan dan Teori Pengajaran

Kalau kamu mikir menerjemahkan kata atau kalimat itu mudah karena bisa pakai Google Translate, kamu salah besar. Menerjemahkan itu nggak bisa sembarangan dan ada tekniknya.

Di Sastra Inggris, kamu akan belajar teknik-teknik menerjemahkan berbagai jenis teks dengan baik dan benar. Selain itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana caranya menjadi seorang pengajar yang berhasil menyampaikan ilmu dengan baik.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Sastra Inggris

Lulusan Sastra Inggris nggak perlu takut akan susah mencari pekerjaan karena ada banyak prospek kerja yang menjanjikan di luar sana.

Berikut ini beberapa bidang karir untuk lulusan Sastra Inggris:

Pendidikan

Di dunia pendidikan, lulusan Sastra Inggris bisa menjadi tenaga pengajar di kursus Bahasa Inggris atau menjadi dosen di sebuah universitas.

Penerjemahan

Lulusan Sastra Inggris tentu bisa menjadi seorang translator atau interpreter. Gaji seorang translator maupun interpreter juga nggak main-main, lho! 

Pariwisata

Di dunia pariwisata, kamu bisa menjadi seorang tour guide yang bertanggung jawab untuk memandu turis-turis asing. Selain itu, kamu juga punya kesempatan untuk menjadi seorang pramugari atau pramugara.

Jurnalistik

Pekerjaan di bidang jurnalistik sangat terbuka untuk jurusan Sastra Inggris. Kamu bisa menjadi seorang jurnalis, reporter, penyiar, dan lain-lain.

So, Banyak banget kan prospek kerjanya. Masih ada beberapa pekerjaan lain yang terbuka untuk lulusan Sastra Inggris, di antaranya pengusaha, diplomat, kritikus, copywriter, editor, content writer juga, lho!

Nah, udah nggak ragu lagi kan untuk kuliah di jurusan Sastra Inggris? Selain pelajarannya seru, prospek kerjanya juga bagus. Kuliahnya juga nggak begitu berat dan nggak perlu jago Bahasa Inggris dulu untuk kuliah di jurusan ini. Untuk kamu yang masih bingung mau ambil kuliah jurusan apa, kamu bisa banget mempertimbangkan jurusan ini! 

Penulis: Fatmasari Putri


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *