pfy-burger-btn Menu

Daftar Program Pendidikan Vokasi di SBMPTN

Program pendidikan vokasi

Halo, Pahamifren! Kamu udah tau belum tentang pendidikan vokasi? Hmm, kayaknya masih asing, ya?

Nah, kali ini Mipi bakalan kupas tuntas tentang apa itu program vokasi, perbedaan antara program vokasi dengan program sarjana, dan daftar program pendidikan vokasi yang menerima siswa baru melalui jalur SBMPTN. Simak artikelnya sampai habis, ya!

Apa Itu Program Vokasi?

Pahamifren mungkin masing asing banget dengan istilah vokasi. Apakah istilah diploma lebih familiar di benak Pahamifren? Hal ini dikarenakan sebelum istilah vokasi umum dipakai, orang-orang lebih sering menyebutnya dengan program diploma. 

Program Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang mendorong mahasiswanya untuk menguasai keahlian terapan tertentu. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan tenaga ahli profesional yang siap kerja, berkompeten, dan mampu bersaing secara global.

Vokasi vs Sarjana

Seperti yang kamu ketahui, program sarjana merupakan Pendidikan akademik yang difokuskan untuk penguasaan dan pengembangan cabang ilmu tertentu. Program sarjana sendiri mencakup S1, S2, dan S3.

Sedangkan pendidikan vokasi lebih difokuskan kepada penguasaan keahlian terapan tertentu, atau bahasa kerennya adalah pencapaian kompetensi. Biasanya, jurusan yang dibuka juga lebih spesifik dibandingkan program sarjana, nih, Pahamifren. Program vokasi sendiri meliputi program D1, D2, D3, dan D4.

Program D4 ini juga dikenal dengan istilah sarjana terapan yang setara dengan program S1, lho. Nah, jurusan-jurusan D4 ini lah yang mulai tahun 2021 dimasukkan ke jalur seleksi nasional: SNMPTN dan SBMPTN. Sstt, lulusan D4 juga bisa melanjutkan studi ke S2, lho!

Keunggulan Program Vokasi

Karena membawa misi untuk membentuk lulusan yang kompeten dan siap kerja, mahasiswa di program vokasi bakal lebih banyak melakukan praktik, nih, Pahamifren. Bahkan pemerintah menetapkan komposisi kurikulumnya ditetapkan dengan 60% praktik dan hanya 40% teori, lho. Nah, kalau Pahamifren lebih suka praktik, program vokasi bakal cocok banget buat kamu!

Mahasiswa vokasi juga bakal lebih banyak berkecimpung di dunia industri, Pahamifren. Selain magang di industri, pembelajaran program vokasi juga dirancang dengan sistem project-based learning. Sehingga tugas kuliah yang didapatkan mahasiswa vokasi sering berasal dari sebuah perusahaan yang sudah bekerja sama dengan kampus.

Jadi, mahasiswa vokasi bisa ngicip duluan nih apa yang dikerjain kalau sudah bekerja di sebuah perusahaan. Wah, keren banget, kan!

Oleh karena itu, lulusan vokasi memiliki beberapa keunggulan, nih, Pahamifren.

  • Keahlian lebih terasah
  • Memiliki lebih banyak pengalaman
  • Lowongan kerja tenaga terampil lebih dicari oleh perusahaan
  • Memiliki peluang sukses besar

Nah, itu tadi adalah keunggulan program vokasi, Pahamifren. Makin tertarik buat jadi mahasiswa vokasi? Baca artikel ini sampai habis, ya! Karena Mipi bakal kasih tau info menarik buat kamu.

Pendaftaran Vokasi Lewat UTBK SBMPTN

Sebelumnya, seluruh jurusan program vokasi melakukan seleksi masuk sesuai dengan kebijakan kampus masing-masing. Namun, mulai tahun 2021, beberapa pendaftaran program vokasi di PTN masuk ke SNMPTN dan UTBK SBMPTN, lho, Pahamifren. Kalau Pahamifren masih galau pilih jurusan, bisa jadi salah satu prodi dari program vokasi ini bisa jadi jodohmu di UTBK SBMPTN nanti, lho!

Akan tetapi, tidak semua jurusan vokasi ada di seleksi nasional, lho, Pahamifren. Hanya jurusan D4 saja yang bisa kamu daftar lewat SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan jurusan D1, D2, dan D3 umumnya mengikuti jalur seleksi dari PTN masing-masing.

Eits, jangan khawatir! Walaupun cuma program D4, ada banyak pilihan jurusan yang bisa kamu pilih, lho.

Alasan Kenapa Vokasi Bisa Jadi Jodohmu Di UTBK SBMPTN

Karena program D4 baru saja diikutkan ke seleksi nasional pada tahun 2021, banyak orang yang belum tau lho, Pahamifren. Kamu harus bersyukur karena Mipi mau bocorin informasi ini ke kamu, haha.

Peralihan jalur masuk ini ternyata berdampak signifikan terhadap angka pendaftar, lho. Misalnya di jurusan D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Universitas Sebelas Maret (UNS), angka pendaftarnya bisa menurun hingga 42%. Pada tahun 2020, peminat untuk jurusan ini hampir mencapai angka 2.000 orang, tetapi pada 2021 menurun hingga 1.135 orang. Wah, selisihnya banyak banget, ya!

Tidak hanya di UNS, jurusan-jurusan lain juga mengalami hal serupa. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk menggapai jurusan impian di UTBK SBMPTN, nih, Pahamifren. Tenang aja. Pilihan jurusan yang ada di jenjang D4 tidak kalah menariknya dengan jurusan S1 kok!

Daftar Jurusan Vokasi Yang Ikut UTBK SBMPTN

Mipi udah rangkumin, nih, daftar program studi vokasi (D4) yang ikut di UTBK SBMPTN 2022 nanti lengkap dengan informasi tipe ujian dan daya tampungnya, khusus buat Pahamifren.

Ada 70 jurusan atau program studi D4 dari 16 PTN yang ada di seluruh Indonesia untuk kamu pilih jadi calonmu di UTBK SBMPTN 2022 nanti. Pasti udah kepo, kan? Cek tabel di bawah ini buat tau infonya, ya!

Daftar program studi vokasi di UTBK SBMPTN 1
Daftar program studi vokasi di UTBK SBMPTN 2
Daftar program studi vokasi di UTBK SBMPTN 3

Nah, itu tadi pembahasan Mipi tentang program vokasi dan alasan kenapa layak kamu coba. Semoga artikel ini membuka wawasan kamu dan bikin kamu ga galau lagi pilih jurusan di UTBK SBMPTN, ya!

Penulis: Adenia Nadira Tuzenitha


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll