Close

April 19, 2022

Jurusan Penjaskes Ga Cuma Tentang Olahraga!

Penjaskes

Kamu Suka Workout Setiap Hari? Yuk Mulai Intip Serba-Serbi Jurusan Pendidikan Jasmani atau penjaskes!

Halo haloooo, Mipi punya kabar gembira buat Pahamifrens yang memiliki hobi olahraga dan bingung mau kuliah di jurusan apa. Yak betul! Mipi akan informasikan terkait jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, atau yang biasa disebut sebagai Penjaskes!

Pahamifrens tentunya udah gak asing dong sama nama jurusan ini, karena di sekolah pasti selalu ketemu sama pelajarannya, dan kegiatan pembelajarannya pun banyak yang menyenangkan karena kita bisa belajar di luar kelas  >.<

Penjaskes ini termasuk jurusan ilmu pendidikan loh Pahamifrens, jadi nanti ketika kamu lulus dari jurusan ini, gelar kamu akan jadi S.Pd (Sarjana Pendidikan). Selain tentang ilmu keolahragaan, dalam jurusan ini juga akan mempelajari tentang ilmu pendidikan, atau lebih tepatnya adalah ilmu keolahragaan dari sudut pandang seorang pendidik atau pengajar, seru kan? Nah langsung aja yuk intip, ada apa aja sih di jurusan Penjaskes? cuss~

Kegiatan Pembelajaran Jurusan Penjaskes

Penjaskes merupakan bidang pendidikan yang fokusnya mempelajari tentang berbagai macam keterampilan olahraga, seperti atletik, renang, sepak bola, voli, bola basket, softball, tenis lapangan, tenis meja, dan banyak lagi lainnya.

Selain belajar teori dan praktiknya, dalam jurusan ini juga akan diajarkan tentang aturan dalam setiap permainan olahraga, hingga mencakup ilmu kesehatan juga, tidak lupa dengan ilmu pendidikannya, karena memang dalam jurusan ini dasarnya tetap ilmu pendidikan, kamu juga akan belajar tentang kemampuan komunikasi, sosial, mengedukasi, persuasi, bekerja dengan tim, dan pemahaman ilmu kesehatan juga. Pas banget nih buat Pahamifrens yang juga suka mengajar.

Penjaskes ini biasanya masuk ke rumpun soshum ya Pahamifrens, jadi cocok buat kamu yang udah jago soshum buat pilih Penjaskes di UTBK nanti. Beberapa universitas yang bisa kamu pilih untuk mengambil jurusan Penjaskes ini juga banyak pilihannya loh, seperti UMM, UPI, UNNES, UNY, UNS, UNUD, UNESA, UNM, UNP.

Jurusan Penjaskes ini sering dibagi menjadi dua cakupan loh Pahamifrens, ada Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Rekreasi atau biasa disingkat PJKR dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga atau PKO, nama dari bidangnya juga terkadang ditentukan masing-masing universitas, bisa saja di satu universitas namanya berbeda dengan universitas lainnya, namun pada intinya tetap pada dua bidang utama tersebut ya.

PJKR biasanya lebih terfokus untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik bidang olahraga untuk sekolah-sekolah, sedangkan PKO untuk kebutuhan tenaga pengelola kegiatan olahraga, atau pelatih, hingga konsultan. 

Selama berkuliah nanti, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti Fisiologi dan Kesehatan Olahraga, Ilmu Gizi Olahraga, Ilmu tentang obat-obatan, Teori dan Praktik Kegiatan Olahraga, Biomekanika Olahraga, Psikologi Olahraga, hingga Microteaching dan banyak lagi lainnya. Bukan hanya belajar di kelas, tentunya di jurusan Penjaskes ini juga akan menghabiskan waktu belajar di luar kelas karena harus menguasai berbagai macam bidang permainan olahraga.

Penasaran kan? Nah inilah waktunya buat kamu mulai lebih kepoin lagi jurusan Penjaskes dari sekarang^^

Prospek Kerja Lulusan Penjaskes

Kebanyakan lulusan Penjaskes terjun menjadi tenaga pendidik di bidang olahraga untuk sekolah-sekolah, namun kamu juga bisa memilih profesi lainnya yang tidak kalah menarik! 

  •  Atlet

Buat kamu yang suka nonton pertandingan olahraga dan bercita-cita jadi atlet, kamu ga salah pilih buat masuk Penjaskes, lulusan Penjaskes juga bisa jadi atlet loh. Berbekal hasil keilmuan dan latihan yang kamu pelajari di perkuliahan, kamu bisa coba peruntunganmu menjadi atlet. Apalagi jika kamu rajin mengikuti perlombaan dan banyak prestasi di lapangan.

  • Pelatih

Nah, setelah sebelumnya bisa menjadi atlet, kamu juga bisa jadi pelatih, seru banget kan? Umumnya memang untuk menjadi pelatih biasanya diambil dari pensiunan atlet, tapi kalo kamu sudah menguasai satu bidang dengan baik, kamu juga bisa jadi pelatih profesional.

  • Pengusaha

Kata siapa jurusan Penjaskes gak bisa jadi pengusaha? Bisa banget! Kamu bisa mengambil peluang usaha dari ilmu yang sudah kamu dapatkan di bangku kuliah, kamu bisa loh membuka usaha di bidang olahraga, salah satu contohnya adalah fitness center, sanggar senam, atau distributor peralatan olahraga. Apalagi di zaman sekarang, banyak orang yang mulai peduli dengan gaya hidup sehat dan olahraga, ini bisa jadi momentum baik buat kamu yang punya passion di bidang olahraga dan juga usaha untuk memulai sesuatu yang baru!

  • Pegawai Pemerintahan

Pemerintah kita tentunya memiliki kantor kedinasan di bidang olahraga, kamu bisa coba berkarir menjadi pegawai pemerintah di bidang ini. Sebagai contoh, kamu bisa bergabung ke formasi penyuluh olahraga di KEMENPORA, atau bergabung dengan kedinasan lain seperti KOI, KONI, dan DISPORA.

  • Ahli Medis

Bukan cuma lulusan Kedokteran yang bisa jadi medis, lulusan Penjaskes juga bisa loh. Gimana caranya? Nah, selama menjalani masa perkuliahan, kamu juga akan mempelajari beberapa bidang keilmuan seperti Fisiologi, Fisioterapi, Cedera, dan Massage. Jika kamu memiliki minat untuk belajar lebih lanjut terkait beberapa bidang tersebut, kamu bisa juga berkarir di bidang medis bagian tenaga ahli medis  keolahragaan, biasanya tenaga medis di bidang ini akan dibutuhkan dalam suatu klub olahraga atau atlet individu. Tenaga ahli medis di sini akan dituntut untuk memberikan pemeriksaan kesehatan, terapi gizi, terapi fisik, dan juga menangani atlet cedera.

Nah itulah sekilas penjelasan singkat dari Mipi tentang jurusan Penjaskes, semoga cukup membantu Pahamifrens yang sedang bingung memilih jurusan di antara banyaknya pilihan. Tetap semangat dan terus belajar bersama Mipi di Pahamify. Selamat berjuang!

Penulis: Yova Dwi Rismawati


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *