Close

April 19, 2022

Jurusan Teknik Elektro: Jurusan dengan Prospek Karir Luas 

Teknik elektro

Halo, Pahamifren! Kali ini Mipi mau mengajak kamu berkenalan dengan jurusan Teknik Elektro. Sekalipun jurusan ini memiliki prospek karir yang sangat luas, sayangnya, peminat yang mendaftar ke jurusan ini saat UTBK masih jarang, loh. Makanya buat kamu yang jago matematika dan fisika, kamu bisa banget memperhitungkan jurusan Teknik Elektro untuk kamu pilih saat UTBK nanti. Langsung aja, yuk, kita bahas jurusan yang satu ini!

Sekilas Mengenai Jurusan Teknik Elektro

Kalau kamu masuk jurusan Teknik Elektro, kamu akan mendalami keahlian teknik yang berkaitan dengan listrik dan pengaplikasiannya dalam kehidupan modern manusia sehari-hari. Keahlian teknik dalam jurusan Teknik Elektro ini berkaitan dengan keahlian di berbagai sarana mobilitas elektronika dan telekomunikasi, seperti radio, televisi, telepon, instrumentasi, komputer, radar, sistem telekomunikasi satelit, sistem pengendalian, dan informatika. Semua peralatan elektronika dan telekomunikasi tersebut memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, baik bagi perorangan, masyarakat, lembaga-lembaga sosial, ekonomi, kebudayaan, pertahanan, dan lain sebagainya. 

Selain itu, di jurusan Teknik Elektro kamu juga akan mendalami keahlian dalam bidang pengembangan sektor energi listrik yang berkaitan dengan pembangkitan tenaga, transmisi, dan distribusi. Pengembangan sektor energi listrik ini berkaitan juga dengan pengembangan energi primer yang dapat menghasilkan energi listrik, seperti tenaga air, angin, panas bumi, energi surya, nuklir, tenaga minyak serta gas bumi, dan lain sebagainya. Pengembangan sektor energi listrik ini sangat berperan dalam penerangan jalan, transportasi, pengembangan industri, penerangan rumah pemukiman, serta gedung-gedung yang menjadi pusat kegiatan masyarakat. 

Di Jurusan Teknik Elektro Belajar Apa Saja?

Pada tahun pertama jurusan Teknik Elektro, kamu akan mendapatkan mata kuliah kalkulus, matematika teknik, dan fisika teknik. Ketiga mata kuliah yang mendominasi semester awal jurusan Teknik Elektro ini merupakan pendalaman dari konsep kalkulus dan matriks yang pernah kamu dalami di SMA. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pengenalan dasar mengenai komponen-komponen elektronis yang berkaitan dengan pola-pola dasar rangkaian elektronis dan mata kuliah pemrograman. 

Di tahun pertama kamu juga akan mendapatkan praktikum yang akan membuat kamu berkenalan dengan berbagai alat seperti osiloskop, solder, dan lain sebagainya untuk merakit rangkaian elektronis. Semua mata kuliah di semester awal ini sangat penting bagi mahasiswa jurusan Teknik Elektro karena materi-materi dalam semua mata kuliah tersebut akan menjadi dasar bagi mahasiswa jurusan Teknik Elektro untuk memahami semua mata kuliah di semester berikutnya.  

Pada tahun kedua kamu akan belajar menggabungkan konsep-konsep dasar yang sudah kamu pelajari di tahun pertama untuk merancang sirkuit elektronik. Bila pada tahun pertama kamu belajar program komputer, pada tahun kedua ini kamu akan mempelajari bagaimana caranya memprogram mikroprosesor atau komputer kecil yang merupakan otak dari berbagai produk elektronika modern, seperti sistem otomatis di mobil. Pada tahun kedua juga kamu tidak akan mengerjakan soal matematika secara manual alias dengan tangan, melainkan menggunakan program yang dapat menyelesaikan soal matematika secara otomatis. Program tersebut akan kamu buat melalui metode numeris, Pahamifren. 

Empat Bidang Jurusan Teknik Elektro

Saat kamu masuk tahun ketiga atau semester 5, kamu akan memilih empat bidang dalam jurusan Teknik Elektronika sesuai dengan minat kamu. Keempat bidang tersebut adalah sistem tenaga listrik, elektronika dan digital, telekomunikasi, dan informatika dan komputer. Kita bahas satu per satu, ya, Pahamifren. 

Bidang sistem tenaga listrik merupakan bidang jurusan Teknik Elektro yang mendalami perancangan sistem tenaga listrik untuk menghasilkan listrik, pemetaan potensi energi listrik suatu daerah, perancangan sistem transmisi untuk penyaluran listrik dari pembangkit listrik ke sistem distribusi listrik (gardu-gardu listrik), dan perancangan sistem distribusi, pengkabelan, penghitungan daya dan beban, dan lain sebagainya. Mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang memilih bidang sistem tenaga listrik wajib memiliki pemahaman yang kuat mengenai materi mata kuliah dasar teknik tenaga listrik yang didapat dari semester sebelumnya.

Kalau bidang elektronika dan digital merupakan bidang jurusan Teknik Elektro yang mempelajari perancangan sistem elektronika, sistem instrumentasi, prinsip-prinsip elektronika digital serta analog dan perancangannya, perancangan perangkat dan program programmable logic control, perancangan sistem konsol digital dari suatu alat, program mikrokontroler, dan lain sebagainya. Mahasiswa Teknik Elektro yang mengambil bidang ini akan memiliki banyak project dalam pembuatan alat-alat elektronika seperti mikrokontroler, robotika, dan lain sebagainya.

Sementara bidang telekomunikasi merupakan bidang yang mempelajari cara pembuatan peralatan telekomunikasi, perancangan antena dan radio, sinyal komunikasi, fiber optik, teknologi seluler, jaringan, komunikasi satelit, dan lain sebagainya. Mahasiswa yang mengambil bidang ini harus memiliki dasar yang kuat dalam bidang matematika karena dalam bidang telekomunikasi, persamaan matematika sangat berperan dalam pengidentifikasian, perekonstruksian, dan perekayasaan sinyal yang dibutuhkan dalam kebutuhan komunikasi seperti rekayasa sinyal, navigasi, dan lain sebagainya.

Pada bidang informatika dan komputer, mahasiswa Teknik Elektro yang memilih bidang ini akan mendalami perekayasaan perangkat lunak, pengolahan citra, Internet of Thing, jaringan komputer, pemrograman android, mikroprosesor, sistem komputer, dan lain sebagainya. Sesuai dengan bidang yang mereka ambil, para mahasiswa Teknik Elektro yang mengambil bidang ini biasanya jago coding dan jago dalam membuat aplikasi-aplikasi interaktif.

Prospek Karir

Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek karir yang sangat luas, Pahamifren. Para alumni jurusan Teknik Elektro banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar karena kebutuhan pengaplikasian listrik dalam kehidupan modern saat ini sangat besar. Alumni jurusan Teknik Elektro dapat memiliki karir di industri-industri tenaga listrik besar, seperti PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu), atau PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Alumni jurusan Teknik Elektro juga dapat memiliki karir di perusahaan-perusahaan telekomunikasi untuk mengatur jaringan nirkabel, seperti di Indosat, PT. Lintasarta, PT. Telkom, PT. Telkomsel, XL-Axiata, dan lain sebagainya. Karir lainnya yang dapat diambil alumni jurusan Teknik Elektro adalah karir sebagai software engineer, network engineer, technopreneurship, atau database administrator. Alumni jurusan Teknik Elektro juga dapat memilih karir sebagai electrical engineer atau electrical supervisor di perusahaan-perusahaan besar yang berkaitan dengan industri perminyakan dan gas.

Demikianlah ulasan Mipi mengenai jurusan Teknik Elektro dan prospek karir jurusan Teknik Elektro. Bagi kamu yang ingin masuk jurusan Teknik Elektro dan mau persiapan UTBK kamu semakin matang, kamu bisa unduh aplikasi bimbel online Pahamify dan cobain fitur super canggih Pegasus dari Pahamify. Kamu bisa cek informasi mengenai fitur Pegasus di sini. Tunggu apalagi? Buruan unduh aplikasi Pahamify sekarang juga!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *