pfy-burger-btn Menu

Pahami Kampus

Kenali Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Perhatian… perhatian! Buat kamu yang punya cita-cita jadi guru dan suka sama anak kecil, perlu banget nih kenalan sama jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang disingkat jadi jurusan PGSD. Kira-kira akan belajar apa di jurusan PGSD? Kampusnya dimana? Yuk, cari infonya lewat artikel ini! Let’s go!

Sekilas tentang jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sesuai namanya, jurusan PGSD merupakan jurusan yang bertujuan untuk mencetak guru SD yang berkualitas. Jurusan PGSD merupakan jurusan yang mempelajari tentang gimana cara mengajar dan mendidik siswa usia SD. Nantinya, kamu akan dibekali ilmu pedagogik dan semua materi pelajaran di SD. Mulai dari matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, kesenian, dan masih banyak lainnya. Wah, pantesan ya, guru-guru di SD wawasannya luas banget dan serba bisa. 

Gimana Caranya Masuk Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pahamifren, buat kuliah dan menjadi mahasiswa jurusan PGSD, tentunya kamu harus lolos dari salah satu jalur seleksi yang tersedia. Jalurnya ada SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan ujian mandiri yang diselenggarakan sama kampus-kampus tertentu.

Jurusan Ini Ada Di Mana Aja?

FYI nih, jurusan PGSD ada banyak banget di Indonesia, misalnya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Sebelas Maret, dan masih banyak lagi. Selain itu udah banyak jurusan PGSD yang terakreditasi A dari BAN-PT,

 Mau cerita sedikit nih, Jurusan PGSD di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), termasuk salah satu jurusan yang banyak diminati. Di tahun 2022, terdapat 96 kursi untuk seleksi UTBK-SBMPTN dengan peminat di tahun 2021 sebanyak 2.277 peserta.

Hal serupa juga terjadi di Universitas Negeri Semarang, yang membuka 185 kursi melalui jalur UTBK-SBMPTN dengan peminat di tahun 2021 sebanyak 2.119 peserta. Wah, ketat juga ya!

Tapi, ada juga nih jurusan PGSD yang membuka banyak kursi untuk mahasiswa baru. Kira-kira dimana ya? Tebak! Yapp!! Jawabannya adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia memiliki 6 kampus, dan setiap kampus memiliki jurusan PGSD, yaitu PGSD kampus Bumi Siliwangi, PGSD kampus Cibiru, PGSD kampus Serang, PGSD Kampus Tasikmalaya, PGSD Kampus Purwakarta, dan PGSD Kampus Sumedang.

Daya tampung yang disediakan berkisar antara 100 – 250 kursi yang tersebar di 3 jalur yang disediakan Universitas Pendidikan Indonesia. Misalnya PGSD Kampus Bumi Siliwangi menyediakan 200 kursi dengan pemetaan jalur SNMPTN sebanyak 60 kursi, UTBK-SBMPTN sebanyak 90 kursi, dan ujian mandiri UPI sebanyak 50 kursi.

Belajar apa aja sih?

Pahamifren, Selama kuliah kurang lebih 8 semester, tentunya akan ada banyak mata kuliah yang dipelajari. Di semester 1, umumnya akan belajar tentang materi-materi dasar seperti pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, pengantar ilmu pendidikan, pengantar IPS, pengantar IPA, pengantar matematika, dan mata kuliah dasar lainnya.

Selanjutnya, di semester 2 sampai 7 umumnya akan belajar tentang keilmuan yang lebih mendalam misalnya Bahasa Inggris untuk SD, Bahasa Indonesia dan sastra untuk SD, filsafat pendidikan, pedagogik, psikologi pendidikan, pendidikan seni tari, pendidikan seni rupa, statistika, bahasa daerah, metodologi penelitian, dan masih banyak lagi. Di fase ini, mahasiswa umumnya sudah dikenalkan dengan RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) dan diwajibkan bisa membuat RPP yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selanjutnya, mahasiswa juga melakukan microteaching, untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke lapangan dan mengajar langsung di sekolah. Hmm.. banyak mata kuliahnya, banyak juga yang dipelajari. Pantesan, sering disebut sebagai jurusannya menantu idaman yaa…

 Terus nih, sama dengan jurusan-jurusan lainnya, jurusan PGSD juga memiliki program magang, biasanya disebut Program Pengalaman Lapangan yang disingkat PPL (penamaan program nya menyesuaikan kebijakan perguruan tingginya ya, Pahamifren). Pada program ini, mahasiswa jurusan PGSD akan diterjunkan langsung ke sekolah dasar-sekolah dasar yang bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi dan mengajar disana selama kurang lebih 2 bulan.

 Selama program ini, tentunya mahasiswa akan berinteraksi langsung dengan siswa sekolah dasar dan bisa menerapkan semua ilmu dan teori yang sudah dipelajari di kampus. Mulai dari RPP, media pembelajaran, skenario pembelajaran, dan hal-hal lainnya.

Tentunya, nggak hanya tentang pembelajaran aja, tetapi skill komunikasi, interpersonal, dan analisis jadi hal yang sangat dibutuhkan saat menjadi guru di sekolah SD. Kamu juga pasti tau kalo untuk mengajar siswa SD diperlukan hal-hal yang unik dan menyenangkan, biar siswa merasa tertarik untuk belajar. Jadi, bisa dipastiin kamu juga harus kreatif dan inovatif dalam menyusun skenario belajar.

Selanjutnya, di semester 8 tentunya kamu bakal ketemu sama skripsi. Jadi, untuk lulus dari jurusan PGSD, kurang lebih kamu membutuhkan waktu 4 tahun dan buat kamu yang pengen lanjut studi S2, jangan khawatir! Ada juga kok jurusan PGSD di jenjang S2.

 Prospek Kerja Pendidikan Guru Sekolah Dasar Nggak Cuma Jadi Guru.

Lulusan jurusan PGSD umumnya akan menjadi guru SD di sekolah negeri maupun swasta dengan menjadi ASN atau guru honorer. Tapi, nggak cuma jadi guru SD aja kok, Pahamifren. Masih ada banyak profesi yang bisa dijadikan pilihan setelah lulus dari jurusan PGSD.

Buat kamu yang suka nulis, kamu bisa menjadi penulis tentang tumbuh kembang anak, psikologi anak, dan hal-hal yang berhubungan dengan anak. Buat kamu yang melanjutkan studi S2, kamu bisa banget nih jadi dosen. Selanjutnya, kamu juga bisa jadi penyusun buku pelajaran untuk siswa SD, dan masih banyak lagi.

Hmm.. gimana Pahamifren? Udah yakin buat milih jurusan PGSD? Kalo udah yakin, tentunya kamu harus memaksimalkan persiapan buat lolos jalur seleksinya ya! Yuk, makin semangat!

Penulis: Asriyanti Dwi Yuningsih


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Logo White Versi.02
Mobile version
Desktop version

Panduan

Ikuti Kami

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll