Bicara masalah ekonomi memang tidak ada habisnya ya, Pahamifren. Pada Materi Ekonomi Kelas 10 ini, Pahamify Blog mau mengajak kamu membahas tentang Peran Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi. Sebelum lebih jauh, coba kamu perhatikan ilustrasi ini: 

Saat bangun tidur, kamu tentu merasa lapar kan? Mau sarapan, eh ibu belum masak, terpaksa deh kamu pergi ke warung depan rumah untuk membeli gorengan atau nasi uduk buat sarapan.

Aplikasi pesan antar dan jasa ekspedisi, termasuk dalam peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi.

Kamu membayar pakai uang jajan kamu, kemudian pemilik warung mengambil untung dari gorengan yang kamu beli. Sebagian keuntungan dipakai buat belanja bahan baku dan biaya produksi barang dagangan.

Nah, dari analogi sederhana ini, kamu sudah belajar tentang kegiatan ekonomi Pahamifren. Di sini, kamu sudah terlibat sebagai pelaku ekonomi. Biar lebih jelas lagi, perhatikan artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Secara teori, kegiatan ekonomi adalah segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti pada ilustrasi diatas, ketika kamu membeli roti, kamu juga telah melakukan kegiatan ekonomi, yaitu konsumsi.

Sedangkan si pemilik warung yang menjual gorengan tadi melakukan kegiatan ekonomi produksi. Warung yang dijadikan tempat jualannya juga merupakan bagian dari kegiatan ekonomi distribusi. Bagaimana, sampai di sini sudah paham kan tentang pengertian kegiatan ekonomi?

Jadi, kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi, Pahamifren. Masing-masing kegiatan (produksi, distribusi, dan konsumsi) saling terkait dan tidak bisa terpisahkan dalam kegiatan ekonomi. 

Tujuan Kegiatan Ekonomi 

Seperti yang dijelaskan di atas, tujuan kegiatan ekonomi pada dasarnya untuk memenuhi segala kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia dibagi menjadi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, maka terjadilah kegiatan ekonomi yang kompleks, mulai dari memproduksi barang atau jasa, melakukan proses distribusi produk, hingga penggunaan (konsumsi) terhadap produk tersebut. Setiap individu yang terlibat untuk mencapai tujuan kegiatan ekonomi disebut sebagai pelaku ekonomi.

Apa Itu Pelaku Ekonomi?

Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri termasuk dalam pelaku ekonomi yang penting. Peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi juga meliputi tiga jenis pelaku lainnya.

Jika diperhatikan, ilustrasi di paragraf awal tadi sudah menjelaskan tentang keterlibatan pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi kan? Ada dua pelaku ekonomi yang bisa kamu temukan pada ilustrasi tadi, yaitu Rumah Tangga Produsen (RTP) dan Rumah Tangga Konsumen (RTK).

Selain Rumah Tangga Produsen dan Rumah Tangga Konsumen, ada pula Rumah Tangga Pemerintah dan Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri yang termasuk dalam pelaku kegiatan ekonomi, sebagai berikut:

Rumah Tangga Konsumsi

Pelaku kegiatan ekonomi ini menjadi penyedia faktor-faktor produksi untuk pelaku kegiatan ekonomi lainnya. Walaupun sebagai konsumen, pelaku ekonomi Rumah Tangga Konsumsi juga bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan ekonomi lho.

Rumah Tangga Konsumsi bisa menyediakan faktor produksi kepada pelaku ekonomi lainnya, dan mendapatkan upah atau komisi dari penyediaan faktor produksi tersebut. Misalnya dengan menawarkan modal kepada pelaku ekonomi lain dan mendapatkan bunga atau persentasi pembagian keuntungan, menawarkan tenaganya sebagai sumber daya manusia untuk mendapatkan gaji, atau menawarkan sumber daya alam berupa lahan miliknya kepada pelaku ekonomi lain untuk mendapatkan uang sewa.

Rumah Tangga Produsen

Pelaku ekonomi Rumah Tangga Produsen/Perusahaan menjadi salah satu faktor penting dalam kegiatan ekonomi. Rumah Tangga Produsen bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan produksi barang atau jasa dengan berbagai cara, misalnya mengolah faktor produksi dari rumah tangga konsumen, membayar upah atau imbalan dari faktor produksi yang digunakan, menjual hasil produksi kepada pelaku ekonomi lain, hingga menerima imbalan dari penjualan barang dan jasa yang diproduksinya.

Rumah Tangga Pemerintah

Sesuai namanya, Rumah Tangga Pemerintah merupakan pelaku ekonomi yang berasal dari pemerintah. Berbeda dengan Rumah Tangga Konsumsi dan Produksi, pelaku ekonomi ini menjalankan kegiatan ekonomi untuk mencari keuntungan demi kepentingan masyarakat.

Intinya, ada motif sosial yang dilakukan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah, contohnya:

  • Mengeluarkan undang-undang, kebijakan dan peraturan untuk mendapatkan penghasilan, misalnya dari pajak.
  • Membeli berbagai kebutuhan pemerintah dari penerimaan negara, termasuk untuk membangun sarana dan prasarana umum, atau fasilitas publik yang penting seperti jalan, jembatan, sekolah dan lain sebagainya.
  • Melakukan kegiatan usaha lewat perusahaan pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti PLN, Pertamina dan lain sebagainya.
  • Mendapatkan keuntungan dari upaya menjalin hubungan ekonomi dengan berbagai negara. 

Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri

Satu lagi peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi yang harus kamu ketahui. Sesuai dengan namanya, Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri adalah pelaku ekonomi yang berasal dari negara lain. Apa sih peran Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri?

Kamu tentu sudah menebak, jika Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri menjadi salah satu pelaku ekonomi yang sangat penting. Sebuah negara tentu akan saling bergantung dengan negara lain, misalnya dalam kegiatan ekspor dan impor. Kegiatan ini dilakukan karena sebuah negara membutuhkan produk dari negara lain, begitu pula sebaliknya.

Contoh yang paling mudah kamu temui adalah apa yang ada di depan mata kamu. Ponsel yang kamu genggam atau laptop yang kamu tatap saat ini merupakan hasil dari kegiatan ekonomi yang melibatkan Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri.

Selain dalam bentuk produk barang, Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri juga mencari keuntungan dari bidang jasa dan investasi keuangan. Misalnya tenaga ahli dari Jepang atau Amerika Serikat yang mengajar di Indonesia, atau pinjaman modal dari negara lain ke Indonesia.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang sedang belajar materi Ekonomi Kelas 10 ya. Biar makin paham, kamu bisa mendapatkan akses berbagai materi pelajaran SMA di aplikasi Pahamify lho.

Jangan lupa untuk menonton ulasan materi pelajaran menarik lainnya di channel YouTube Pahamify ya.

Penulis: Alya Rizkia Zahra 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog