Close

March 5, 2021

Dijamin Ampuh, 5 Tips Sukses Menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS)

Pahamifren, pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) sudah mulai berlangsung nih di beberapa sekolah. Bagaimana dengan sekolah kamu? Kamu tentunya sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi PTS secara matang dong. Ingat! Sama seperti nilai UAS/PAS, nilai UTS/PTS juga memengaruhi keseluruhan nilai akhir semester kamu. Nilai akhir semester inilah yang menentukan peringkat, kenaikan kelas, hingga kelulusan kamu di sekolah. Jadi, jangan menganggap sepele PTS ini, ya.

Kamu bisa melakukan persiapan Penilaian Tengah Semester sedini mungkin agar mendapatkan nilai yang maksimal. Hindari belajar Sistem Kebut Semalam atau SKS, karena cara belajar menghadapi UTS seperti itu tidak efektif, Pahamifren.

Untuk membantu kamu menemukan cara belajar efektif, kali ini Mipi mau memberikan 5 tips menghadapi ujian semester yang bisa dilakukan agar dapat sukses menghadapi PTS. Lewat tips-tips tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi deh harus mulai persiapan UTS dari mana. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, langsung simak pembahasan berikut!

Membuat Jadwal Belajar khusus Penilaian Tengah Semester

Kalau mau meraih nilai bagus dalam Penilaian Tengah Semester, kamu tentu harus belajar dong. Supaya belajar kamu lebih efektif, kamu perlu membuat jadwal belajar khusus untuk persiapan UTS. Cara membuat jadwalnya dengan menghitung berapa minggu dan berapa hari yang kamu miliki sampai pelaksanaan PTS. Setelah itu, tentukan skala prioritas materi yang mau kamu pelajari, mulai dari materi yang belum dimengerti hingga materi pelajaran yang sudah kamu kuasai.

Selanjutnya, tentukan dalam sehari kamu mau belajar materi apa saja sesuai skala prioritas yang sudah kamu buat. Contohnya, pada hari Senin kamu mau belajar Ekonomi dan Sejarah, lalu pada hari Selasa kamu belajar Bahasa Indonesia dan Sosiologi, hari Rabu belajar Matematika, dan seterusnya.

Selain menetapkan hari, kamu juga harus menentukan durasi belajar pada setiap materinya. Kamu bisa belajar setiap materi minimal satu jam dan maksimal tiga jam. Hindari belajar lebih dari tiga jam karena bisa membuat kamu kelelahan belajar dan memengaruhi kondisi kesehatan kamu.

Setelah hari dan durasi belajar dibuat, kamu harus atur kapan waktunya belajar. Hal ini perlu kamu lakukan agar waktu belajar yang kamu buat tidak mengurangi waktu aktivitas lainnya. Contohnya, atur waktu belajar pada sore hari karena kamu tidak ada kegiatan lain di hari itu dan kamu merasa lingkungan belajar lebih kondusif saat sore hari. Sebaiknya hindari belajar terlalu malam agar kamu tidak kesulitan bangun di esok harinya. Pilihlah waktu belajar ini dengan bijak agar proses belajarmu semakin efektif!

Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur Jadwal Belajar dari Pahamify. Kamu dapat membuat jadwal belajar PTS secara lengkap, mulai dari hari, waktu belajar, hingga materi apa yang ingin dipelajari. Atau, kamu bisa menggunakan jadwal belajar pilihan dari Pahamify. Materi pelajaran di fitur Jadwal Pahamify bisa langsung di klik untuk menuju ke video konsep pelajarannya. Keren kan? Coba sekarang di aplikasi Pahamify!

Belajar Bareng Teman

Buat kamu yang tidak suka belajar sendirian, tips menghadapi ujian semester yang satu ini patut kamu coba. Belajar bareng teman bisa membuat belajar jadi lebih menyenangkan. Enggak cuma itu, kamu dan temanmu juga bisa saling membantu memahami materi ujian. Kamu bisa berdiskusi konsep materi pelajaran sehingga mendapatkan banyak sudut pandang baru dalam memahami konsep tersebut.

Selain bareng teman, kamu juga bisa belajar ditemani anggota keluarga kamu, seperti kakak atau orang tua. Belajar bersama keluarga bisa membantu kamu lebih memahami materi, sekaligus mempererat hubungan antaranggota keluarga.

Kurangi Aktivitas Bermain

Siapa nih di antara kamu yang masih banyak waktu bermain daripada belajarnya? Menjelang Penilaian Tengah Semester, sebisa mungkin untuk mulai mengurangi aktivitas tersebut. Sebaliknya, kamu harus mulai memperbanyak waktu belajar agar lebih fokus menghadapi ujian semester.

Supaya bisa fokus, tentunya kamu harus mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting. Contohnya, dalam seminggu biasanya kamu main bersama teman-teman setiap pulang sekolah. Menjelang PTS, ada baiknya waktu bermain tersebut dilakukan saat libur sekolah saja dan diganti dengan aktivitas belajar di rumah.

Mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting ini sebenarnya juga menjadi latihan untuk menentukan skala prioritas hidup kamu. Lewat cara ini, kamu bisa mengetahui hal-hal yang menjadi fokus utama untuk dikerjakan dan hal yang bisa dilakukan di lain waktu. Cara ini tentu berguna untuk menentukan ritme hidupmu kelak.

Jangan Memforsir Diri

Menjelang PTS, kamu tentu lebih fokus pada waktu belajar untuk persiapan ujian dong. Namun, bukan berarti kamu harus memaksakan diri dengan belajar berat setiap hari, ya. Memforsir diri tidak akan membuat kamu semakin mudah memahami materi pelajaran, yang ada kamu justru kelelahan dan stres. Maka dari itu, agar dapat mengerjakan ujian secara maksimal, kamu juga perlu beristirahat sesekali.

Kalau kamu merasa terlalu memforsir diri saat mengingat setiap detail materi pelajaran, maka jangan lakukan hal itu lagi, Pahamifren. Cukup pahami konsep materi pelajaran secara keseluruhan dan bukan berusaha mengingat setiap detail. Apabila kamu hanya berusaha mengingat setiap detail materi pelajar, kamu akan melupakan bagian pentingnya, yaitu pemahaman konsep materi yang telah dipelajari.

Perbanyak Latihan Soal Penilaian Tengah Semester

Mempelajari konsep materi pelajaran bisa membantumu menjawab soal PTS secara mudah karena kamu telah paham setiap konsepnya. Sementara itu, memperbanyak latihan soal sebagai cara menghadapi UTS bisa membantumu mengukur seberapa paham kamu dengan materi yang telah dipelajari. Semakin banyak kamu latihan soal, maka kamu akan mengetahui banyak variasi soal sehingga lebih siap menghadapi berbagai tipe soal yang muncul saat PTS nanti.

Saat belajar konsep materi pelajaran dan latihan soal, ada baiknya kamu mencari sumber materi berupa video atau kuis, biar proses belajarmu enggak membosankan. Nah, aplikasi pembelajaran online kesayangan kamu, Pahamify telah menyediakan ratusan video konsep materi pelajaran dan kuis menarik yang bisa kamu coba. Ada juga fitur Bank Soal Latihan PTS buat kamu yang butuh kumpulan soal PTS. Latihan soal di fitur Bank Soal juga bisa diprint, lho. Jadi, kamu tidak perlu capek-capek mencatat soalnya lagi deh!

Tips Lancar Mengerjakan Ujian Online SMA di rumah

Karena masih banyak sekolah yang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19 ini, ada kemungkinan besar PTS dilakukan secara online di rumah. Oleh karena itu, Mipi mau berbagi tips agar lancar mengerjakan ujian online SMA di rumah. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Kamu tentu tidak mau pelaksanaan PTS kamu terhambat karena sakit kan? Maka dari itu, selalu jaga kesehatan dengan asupan makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup, serta rajin berolahraga.
  2. Baca dan ikuti mekanisme ujian online di rumah yang diterapkan oleh sekolah kamu secara teliti. Lalu, pahami dan simulasikan sebelum PTS online dimulai.
  3. Persiapkan ruangan belajar online kamu sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Jika perlu, beri tahu orang di rumah kalau kamu sedang mengikuti PTS online.
  4. Uji cobalah terlebih dahulu dengan perangkat online kamu supaya tidak mengalami kendala teknik apa pun ketika ujian PTS sedang kamu kerjakan.

Bagaimana, Pahamifren? Sudah lebih siap menghadapi Penilaian Tengah Semester kan? Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat untuk persiapan ujian kamu, ya. Tips ini juga bisa kamu gunakan untuk persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Buat kamu yang ingin mendapatkan materi belajar dan latihan soal persiapan PTS atau PAS, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify. Ada ratusan materi belajar online berkonsep gamifikasi yang bisa membuat belajar lebih seru dan menyenangkan, lho. Tersedia juga fitur Jadwal Belajar dan Bank Soal Latihan PTS yang bisa membantumu memaksimalkan persiapan PTS untuk mendapatkan nilai yang tinggi.

Khusus buat kamu yang ngambis masuk PTN favorit, kamu juga bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Pahamify. TryOut Pahamify dilengkapi dengan ratusan latihan soal UTBK ter-update dan video pembahasan yang menarik sehingga bisa menjadi #TemanPersiapanUTBK yang pas buat kamu.

Yuk, persiapkan dirimu untuk #TaklukanUTBK dari sekarang! Download aplikasi Pahamify di link ini dan cobain semua fitur kerennya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *