Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pasti sudah tidak asing dengan istilah gap year kan? Apa kamu termasuk salah satunya? Gap year adalah suatu kondisi di mana seseorang memutuskan untuk tidak kuliah di tahun pertama setelah lulus dari SMA/SMK/MA. Biasanya, para gap year akan mencoba masuk PTN impian pada tahun berikutnya. Nah, buat kamu yang gap year dan berencana mengikuti SBMPTN 2021, Mipi punya tips belajar UTBK yang pas buatmu.

Tips Belajar UTBK untuk Gap Year

Menjelang tes UTBK 2021 yang tinggal beberapa minggu lagi, kamu mesti punya persiapan ekstra dong. Biar belajar materi UTBK yang kamu lakukan semakin maksimal, kamu bisa menerapkan 5 tips belajar UTBK untuk gap year, yang telah Mipi rangkum dari cuitan Twitter Kak Fikri berikut ini:

Kenali Diri Sendiri

Sebelum belajar intensif untuk UTBK, kamu perlu mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Cari tahu seberapa jauh kemampuanmu dalam belajar UTBK per harinya. Sesuaikan dengan mental dan tingkat stres kamu. Jangan sampai terlalu memaksakan diri untuk belajar saat kamu sudah terlalu lelah. Bukannya mencapai target belajar dengan baik, yang ada malah burn out, Pahamifren.

Dalam mengenali diri sendiri ini, kamu juga harus mengetahui apa yang menjadi prioritas kamu selain belajar UTBK. Apalagi, biasanya seorang gap year memiliki kesibukan lain, contohnya bekerja. Kalau dalam situasi semacam ini, kamu mesti mengatur waktu dengan baik.

Menurut Kak Fikri, setiap manusia mempunyai keterbatasan waktu dan energi sehingga enggak semua hal bisa dikerjakan dengan prioritas yang sama besar. Harus dipilih hal mana yang paling prioritas. Apabila sudah mau fokus belajar ke UTBK, sebaiknya prioritaskan lebih banyak energi dan waktumu untuk persiapan UTBK 2021.

Membuat Target

Setelah mengenali diri sendiri, kamu harus tahu impian dan tujuan kamu setelah gap year seperti apa. Kamu bisa mulai membuat target untuk meraih impian dan tujuan itu. Target tersebut bisa kamu susun dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Contohnya, target jangka pendek kamu yaitu menguasai materi UTBK 2021 dan mendapatkan skor UTBK di atas 650. Target jangka panjangnya, kamu ingin kuliah di PTN impian dan lulus dengan nilai cumlaude.

Lewat penyusunan target ini, kamu bisa lebih mudah menemukan strategi belajar yang tepat untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN. Tapi ingat, bukan hanya membuat target, kamu juga harus memiliki motivasi belajar yang kuat. Sebab, motivasi belajar itulah yang akan menentukan usaha kamu dalam meraih target tersebut.

Fokus dan Atur Jadwal Belajar

Tips belajar UTBK berikutnya yaitu meningkatkan fokus dan mengatur jadwal belajar. Seperti yang kamu ketahui, gap year tidak punya kewajiban untuk belajar di sekolah. Itu artinya, kamu harus mencari materi dan latihan soal UTBK secara mandiri. Mulai terapkan kebiasaan untuk mengatur jadwal belajar dan meningkatkan fokus belajar agar hasilnya maksimal.

Singkirkan gangguan yang bisa mengurangi fokus belajar. Misalnya, gadget, tontonan televisi, atau bahkan pikiran overthinking tentang UTBK. Selain mengurangi gangguan belajar, kamu juga perlu disiplin dalam mematuhi jadwal belajar yang telah dibuat. Apabila kamu tidak disiplin melaksanakan jadwal belajar, bukan tidak mungkin target yang kamu buat hanya berakhir sebagai wacana.

Belajar Setiap Hari

Menjelang tes UTBK seperti saat ini, kamu harus mulai menetapkan waktu untuk belajar UTBK setiap hari. Tujuannya, agar kamu lebih mudah dalam mengingat konsep materi UTBK. Menurut Kak Fikri, proses belajar enggak harus lama, yang penting intens dan fokus menyerap materinya.

Cara belajarnya bisa dengan membaca rangkuman yang kamu buat atau mengerjakan satu contoh soal try out UTBK per hari. Memaksimalkan belajar UTBK setiap hari untuk gap year tidak selalu berat kok. Asalkan kamu tahu strategi belajar yang tepat untuk dilakukan.

Perbanyak Mengikuti Try Out UTBK

Try out UTBK menjadi salah satu sarana untuk mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal UTBK 2021 mendatang. Biar persiapan belajar UTBK untuk gap year semakin maksimal, mulailah perbanyak mengikuti try out UTBK. Lewat try out UTBK, kamu bisa lebih mudah mengetahui konsep dan bentuk soal yang biasanya diujikan dalam UTBK SBMPTN. Semakin sering mengikuti try out, kamu akan semakin terbiasa dengan suasana ujian yang sesungguhnya.

Itu dia beberapa tips belajar UTBK secara maksimal untuk gap year yang bisa kamu terapkan. Buat kamu yang ingin mengikuti try out UTBK, kamu bisa memanfaatkan fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik.

TryOut Pahamify juga dilengkapi fitur Smart Analysis yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui materi mana saja yang belum kamu kuasai. Fitur yang satu ini cocok banget untuk mengevaluasi hasil belajar dan membantu meningkatkan nilai UTBK.

Yuk, jadi lebih siap taklukkan UTBK bareng Pahamify! Gunakan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik dan download aplikasinya sekarang di sini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll