Halo Pahamifren, jumpa lagi dengan Mipi. Jika di materi Ekonomi kelas 12 sebelumnya kita sudah membahas tentang Akuntansi Sebagai Sistem Informasi, kali ini Mipi akan mengajak kamu untuk mengulas tentang konsep umum materi Persamaan Dasar Akuntansi kelas 12 nih. Yuk simak baik-baik artikel ini ya.

Sebelum lebih lanjut, Pahamifren sudah tahu belum apa pengertian dari persamaan dasar akuntansi? 

Persamaan Dasar Akuntansi adalah sebuah rumus dasar yang selalu digunakan pada perhitungan akuntansi. Artinya, konsep umum ini dijadikan alat untuk menyelesaikan masalah akuntansi Pahamifren.

Dalam persamaan dasar akuntansi, kamu akan mempelajari tentang harta, aset, ekuitas dan istilah lainnya dalam akuntansi. Nah, agar lebih paham, kamu juga harus mengetahui unsur persamaan dasar akuntansi sebagai berikut:

Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

Materi persamaan dasar akuntansi kelas 12 menjelaskan tentang unsur dan rumus pengukurnya.
  • Aset (Aktiva)

Aset adalah sumber daya perusahaan yang didapatkan dari peristiwa di masa lalu dan yang akan datang. Aset ini bisa dibilang sebagai sumber harapan yang dimiliki oleh perusahaan.

  • Hutang (Kewajiban)

Hutang adalah tanggung jawab perusahaan yang harus diselesaikan. Hutang biasanya timbul dari aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan permodalan atau pengembangan usaha dari pihak ke tiga.

  • Ekuitas (Modal)

Modal adalah bagian dari aktiva atau aset perusahaan. Ekuitas juga bisa berarti hak pemilik atas harta perusahaan yang sudah dikurangi dengan kewajiban. Salah satu sumber modal adalah investasi pemilik atau yang biasa disebut Owner’s Equity.

  • Pendapatan (Revenue)

Pendapatan adalah aliran kas yang dihasilkan dari aktivitas usaha. Revenue bisa menyebabkan peningkatan atau penurunan aktiva sebuah perusahaan. Aktivitas yang mempengaruhi revenue meliputi penjualan, pembuatan barang (produksi) hingga kegiatan lain yang berlangsung terus menerus.

  • Beban (Expenses)

Beban adalah penggunaan aktiva yang menyebabkan arus kas keluar. Beban terjadi karena kewajiban perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa juga kegiatan lain yang dilakukan secara terus menerus.

  • Prive (Drawing)

Prive adalah pengambilan aset atau penarikan modal yang dilakukan oleh pemilik perusahaan. Biasanya prive digunakan untuk memenuhi kepentingan pribadi pemilik perusahaan.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Nah itulah beberapa unsur persamaan dasar akuntansi. Dari situ kamu bisa melihat ada yang namanya aset, hutang dan pendapatan. Apa sih fungsinya? apakah perusahaan harus berhutang? Masa sih orang kaya ngutang?

Gini Pahamifren, perusahaan menggunakan hutang biasanya untuk membantu mendanai pengembangan usaha. Nggak selamanya dana yang tersedia dari pemilik perusahaan mencukupi lho. 

Jadi, jika perusahaan berhutang, tentu nggak sembarangan. Hutang digunakan  sebagai dana tambahan untuk memperkuat sumber daya. Di satu sisi, hutang menambah aset perusahaan, namun di sisi lain perusahaan juga punya beban atau kewajiban untuk membayar atau mengembalikan hutang tersebut. 

Untuk mengukur performa perusahaan, biasanya digunakan rumus dengan formula Harta atau Aset = Ekuitas Pemilik.

Artinya, aset memiliki posisi yang sejajar dengan ekuitas atau modal Pahamifren. Misalnya begini, ketika sebuah usaha baru dibangun tentu membutuhkan modal kan? Modal bisa didapat dari kekayaan pribadi si pemilik atau bahkan hutang dari pihak ketiga. Nah, untuk kasus yang seperti ini, modal dan hutang itu bisa disebut sebagai ekuitas atau aset.

Untuk memformulasikannya, kamu bisa menggunakan rumus Aset = Kewajiban + Modal/Ekuitas. Rumus ini bisa diartikan sebagai aset yang harus sama dengan jumlah kewajiban dan ekuitas.

Namun, kewajiban atau hutang posisinya lebih didahulukan daripada ekuitas atau modal. Ini karena kewajiban harus dilunasi terlebih dahulu sebelum memenuhi hak pemilik perusahaan.  

Pemantauan Aktivitas Perusahaan

Kenapa sih materi persamaan dasar akuntansi harus dipelajari?

Untuk memudahkan pemantauan performa perusahaan, pihak manajemen tentu memiliki catatan transaksi yang terbagi dalam berbagai akun. Pengelompokan akun ini berguna untuk mengetahui segala perubahan yang terjadi selama aktivitas perusahaan berlangsung.

Secara umum penggolongan atau pengelompokan akun-akun tersebut  terbagi menjadi dua, yaitu akun riil dan akun nominal, sebagai berikut:

Akun riil

Akun riil biasanya disebut juga sebagai akun tetap, yaitu akun yang sifatnya permanen dan tidak pernah ditutup. Akun ini bahkan bisa berkembang. Akun riil ini juga digolongkan lagi menjadi tiga, yaitu: 

Aset (aktiva

Yang termasuk dalam aset adalah aset lancar yaitu kas, piutang, biaya dibayar di muka. Aset tetap yang berupa kendaraan dan bangunan, juga aset tidak berwujud seperti hak  paten misalnya.

Kewajiban atau liabilitas

Contoh dari akun kewajiban adalah hutang jangka pendek, gaji karyawan dan pajak. Sementara hutang jangka panjang biasanya berbentuk surat hutang atau obligasi.

Modal atau Ekuitas 

Yang termasuk dalam akun ekuitas adalah modal, penarikan tunai, pendapatan dan beban.

Akun Nominal

Akun nominal adalah akun yang sifatnya sementara dan hanya berlaku pada periode tertentu. Akun nominal sendiri terdiri dari akun pendapatan usaha dan akun beban sebagai berikut:

Pendapatan Usaha

Akun ini terdiri dari dua jenis, yang pertama adalah pendapatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha yang bersifat sementara, misalnya pendapatan bunga. Selanjutnya ada pendapatan tidak langsung berhubungan dengan kegiatan usaha contohnya saja pendapatan sewa. 

Beban

Akun beban adalah akun yang menciptakan kewajiban dari penggunaan aset perusahaan dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, contohnya beban gaji,  dan beban sewa.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai konsep umum materi persamaan dasar akuntansi. Nantikan materi ekonomi kelas 12 selanjutnya di blog Pahamify ya Pahamifren. 

Jangan lupa, ikuti juga materi menarik dari kakak-kakak Rockstar Teacher di channel YouTube kami ya. 

Buat kamu yang belum bergabung, yuk segera download aplikasi pelajaran SMA Pahamify di ponsel kamu. 

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog