Pahamifren, kamu sudah tahu kalau dalam tes UTBK 2021 ada dua jenis soal kan? Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dan soal Tes Kemampuan Akademik (TKA). Nah, dalam soal TPS UTBK, ada beberapa materi yang perlu kamu kuasai. Salah satunya adalah materi PBM UTBK, atau kepanjangannya materi Pemahaman Bacaan dan Menulis.

Dari namanya saja, kamu bisa langsung paham bahwa materi PBM UTBK ini butuh banget kemampuan membaca dan menulis. Sepintas memang terdengar mudah, Pahamifren. Namun, jangan sampai menganggap sepele dan tidak belajar materi yang satu ini, ya. Kamu tetap perlu belajar materi Pemahaman Bacaan dan Menulis untuk memaksimalkan nilai TPS UTBK 2021.

Kali ini, Mipi mau membahas lebih jauh mengenai materi TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis. Biar kamu makin paham dan semakin matang dalam mempersiapkan UTBK 2021, kamu simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa itu Materi PBM UTBK?

Secara umum, materi Pemahaman Bacaan dan Menulis merupakan materi TPS UTBK yang akan menguji kemampuan bahasa kamu. Materi ini akan fokus pada “teknik” dalam bahasa Indonesia. Lewat materi ini, kamu dituntut memahami isi bacaan dari suatu teks, serta mampu memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis diujikan di UTBK untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam berbahasa Indonesia. Saat kuliah, kamu akan sering mendapatkan tugas dari dosen. Tugas tersebut tentunya harus dikerjakan dengan tulisan yang struktur kalimatnya jelas, kata baku, pilihan katanya tepat, dan lain sebagainya.

Kaidah Kebahasaan Novel dan materi PBM UTBK yang harus kamu pelajari.

Nah, kalau kemampuan berbahasa Indonesia kamu masih lemah, kamu bisa kesulitan mengerjakan tugas kuliah tersebut. Adanya materi PBM UTBK ini menjadi cara untuk mengasah dan mengukur kemampuan berbahasa Indonesia sedini mungkin. Makanya, penting banget buat belajar materi yang satu ini, Pahamifren.

Materi Pemahaman Bacaan dan Menulis

Beberapa materi Pemahaman Bacaan dan Menulis yang sering ada di TPS UTBK adalah sebagai berikut:

  • Penentuan judul
  • Kata ganti
  • Penggunaan istilah
  • Imbuhan
  • Kata hubung
  • Ejaan dan tanda baca
  • Kalimat baku

Tipe Soal Pemahaman Bacaan dan Menulis

Secara umum, ada dua tipe soal pada materi PBM UTBK, yaitu tipe Pemahaman Isi Bacaan dan Penalaran Kebahasaan. Mari kita bahas satu per satu tiap tipe soalnya.

Pemahaman Isi Bacaan

Soal TPS UTBK pada bagian ini akan menguji kemampuan kamu dalam membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Umumnya, soal yang disajikan berupa teks bacaan terdiri dari beberapa paragraf. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul biasanya seputar judul bacaan atau kata paling tepat untuk melengkapi sebuah kalimat.

Contohnya, “Judul yang paling tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah…” atau “Kata yang paling tepat melengkapi titik-titik di paragraf kedua adalah…”. Untuk bisa menguasai tipe soal seperti ini, kamu harus fokus, cermat, dan mengasah kemampuan dalam membaca cepat suatu teks bacaan.

Penalaran Kebahasaan

Tipe soal kedua ini biasanya mengukur kemampuan dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang tepat. Jadi, enggak perlu heran kalau soal-soal yang muncul di tes UTBK nantinya terkesan terlalu baku karena soal-soalnya memang berpedoman dengan ejaan pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, kamu diminta mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau kamu harus memilih kata sesuai dengan aturan KBBI.

Contoh Soal PBM UTBK

Tak hanya soal saintek dan soshum, materi PBM UTBK juga menjadi salah satu soal UTBK yang harus kamu pelajari.

Biar kamu lebih paham mengenai soal PBM UTBK, yuk kita langsung bahas contoh soalnya berikut ini:

Soal 1 dan 2

Tulisan berikut ini diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A), atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, E).

Setiap suku memiliki ritual tersendiri, mulai dari ritual yang biasa hingga ekstrem (1), untuk menunjukkan rasa duka akibat kehilangan anggota keluarganya. Bagi suku Dani yang bermukim di Papua (3), kebersamaan sangat penting. Oleh karena itu, saat kehilangan anggota keluarga, mereka akan segera memotong ruas jarinya. Tradisi ini dikenal sebagai Iki Palek.

1.

A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B. Aneh

C. Lazim

D. Ganjil

E. Luar Biasa

Pembahasan:

Dalam KBBI, kata ekstrem berarti sangat keras dan teguh, atau fanatik. Kata ekstrem juga merupakan kata baku dari kata ekstrim. Karena telah sesuai dengan pedoman KBBI dan merupakan kata baku, maka kata ekstrem tidak perlu diperbaiki lagi. Jadi, jawaban paling tepat adalah A.

2.

A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

B. Papua

C. Papua

D. “Papua”

E. “Papua”

Pembahasan:

Berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penulisan nama wilayah geografis ditulis dengan huruf pertama kapital dan tegak lurus. Karena papua dalam teks tersebut termasuk nama wilayah geografis, maka penulisannya harus diganti menjadi Papua. Jadi, jawabannya adalah B.

Soal 3

Bacalah teks di bawah ini dengan seksama!

Dalam kamus The Webster’s New Collegiate mendefinisikan prokrastinasi sebagai pengunduran terhadap suatu hal yang disengaja dan biasanya disertai dengan suasana perasaan tidak suka mengerjakan sesuatu yang harus dikerjakan sekarang.

Prokrastinasi juga bisa disebutkan sebagai sebuah kecenderungan menunda-nunda penyelesaian suatu tugas atau pekerjaan (Fauziah, 2015: 124). Penyebutan untuk orang yang suka menunda-nunda tugas atau pekerjaan disebut prokrastinator.

Solomon dan Rothblum (1984) menyatakan bahwa prokrastinasi merupakan kecenderungan menunda tugas dengan melakukan aktivitas lain yang tidak berguna (…) tugas menjadi terhambat dan tidak selesai tepat waktu. Sama seperti pendapat Steel (2010), prokrastinasi adalah sebuah perilaku menunda dengan sengaja kegiatan yang diinginkan atau dibutuhkan walaupun individu mengetahui bahwa perilaku penundaannya berdampak buruk ke depannya (dalam Fauziah, 2015: 125).

Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf kedua adalah ….

A. meskipun

B. walaupun

C. sehingga

D. karenanya

E. sementara itu

Pembahasan:

Di dalam kalimat pada paragraf kedua, terdapat hubungan sebab (menunda memulai tugas) dan akibat (tugas menjadi terhambat). Jadi, konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah konjungsi yang memiliki fungsi menjelaskan akibat, yaitu sehingga. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Tips Belajar Materi PBM UTBK di Rumah

Untuk menjawab soal PBM UTBK, kamu perlu belajar di rumah mengenai materi PBM UTBK secara rutin. Kamu bisa menerapkan tips-tips berikut ini supaya strategi belajar kamu menjadi lebih efektif.

Perbanyak Membaca Teks Bacaan

Kamu harus sering membaca teks bacaan untuk melatih kemampuanmu dalam memahami isi bacaan secara baik dan benar. Kamu bisa mendapatkan sumber teks bacaan dari buku, koran, majalah, maupun blog. Atau, kamu juga bisa melatih kemampuan membaca dari latihan soal UTBK. Selain mudah memahami isi bacaan, latihan soal UTBK membuat kamu terbiasa dengan konsep soal ujian.

Kalau kamu sudah memperbanyak membaca teks bacaan, enggak cuma isi teks saja yang mudah kamu pahami, kamu pun jadi lebih mudah dalam memilih judul, mencari simpulan teks, membuat pernyataan tentang isi teks, dan sebagainya. Kemampuan kamu menganalisis bacaan menggunakan penalaran logika dijamin semakin berkembang deh!

Gunakan Teknik Membaca Skimming dan Scanning

Dalam menguasai materi Pemahaman Bacaan dan Menulis, kamu perlu menggunakan teknik membaca yang benar. Salah satunya menggunakan teknik membaca skimming dan scanning.

Teknik membaca skimming bisa membantu kamu menemukan gagasan atau inti utama pada bacaan secara mudah tanpa perlu membaca semua tulisannya. Sementara itu, teknik membaca scanning bertujuan menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan yang panjang.

Penggabungan kedua teknik ini bisa membuat strategi belajar PBM UTBK jadi lebih efektif dan waktu pengerjaan soal TPS UTBK pun lebih optimal. Untuk mempelajari teknik ini, kamu bisa cek di artikel berjudul Skimming dan Scanning: Teknik Membaca untuk Persiapan TPS UTBK yang sudah pernah Mipi bahas, ya.

Memperbanyak latihan soal UTBK, mempelajari materi PBM UTBK beserta soal TPS UTBK, menjadi syarat mutlak untuk menghadapi SBMPTN 2021.

Memperbanyak Kosakata lewat KBBI atau PUEBI

Tips terakhir belajar di rumah untuk materi PBM UTBK yaitu dengan cara memperbanyak kosakata lewat KBBI atau PUEBI. Seperti yang kamu tahu, soal Pemahaman Bacaan dan Menulis banyak menuntut kamu memperbaiki kata atau penulisan sesuai kaidah bahasa Indonesia.

Kalau kamu tidak tahu kosakata atau kata baku di bahasa Indonesia yang benar, kamu akan kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut. Maka dari itu, sebaiknya kamu meluangkan waktu dari sekarang untuk membaca kosakata di KBBI dan mencari tahu kaidah penulisan bahasa Indonesia yang benar di PUEBI.

Itulah ulasan mengenai materi PBM atau Pemahaman Bacaan dan Menulis dalam tes skolastik UTBK. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk persiapan UTBK kamu, ya.

Buat kamu yang ingin mempersiapkan diri dengan memperbanyak latihan soal UTBK, kamu bisa mencobanya lewat fitur Try Out Online Pahamify! Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Enggak cuma itu, kamu pun dapat menggunakan fitur Sikat Soal sebagai latihan ringan UTBK.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version