pfy-burger-btn Menu

Hal Seputar Lintas Jurusan Yang Kamu Harus Tau

Lintas Jurusan

Halo, Pahamifren! UTBK makin deket, nih. Udah nentuin jurusan pilihan kamu belum? Ngomong-ngomong, ternyata beberapa orang memilih untuk lintas jurusan di SNMPTN maupun UTBK SBMPTN, lho.

Apa Itu Lintas Jurusan

Lintas jurusan atau lebih dikenal dengan sebutan linjur adalah kondisi ketika kamu memilih jurusan yang memiliki rumpun ilmu yang berbeda dibandingkan dengan penjurusanmu di bangku SMA.

Misalnya, kamu adalah siswa IPA tetapi ingin mengambil jurusan dari rumpun Soshum seperti Manajemen, Hukum, Ilmu Komunikasi, dan sebagainya, kamu harus linjur agar dapat mengikuti seleksi masuk ke jurusan tersebut.

Linjur tidak hanya bisa dilakukan oleh siswa IPA aja, lho, Pahamifren. Faktanya, beberapa PTN juga membuka peluang bagi anak IPS yang ingin masuk ke jurusan dari rumpun Saintek. Kalau kamu baca artikel ini sampai habis, Mipi bakal bisikin jurusan mana aja yang bisa jadi pilihan kalau kamu pengen linjur.

Kenapa Banyak Orang Lintas Jurusan

Pada saat awal mendaftar SMA, kamu pasti diwajibkan untuk memilih penjurusan antara IPA, IPS, dan Bahasa, kan? Sayangnya, tidak semua orang senang akan pilihan mereka. Seiring berjalannya waktu, beberapa orang menyadari bahwa passion mereka bukan berada di penjurusan yang mereka pilih untuk 3 tahun belajar di bangku SMA.

Pilihan untuk linjur juga bisa muncul karena kamu menemukan ketertarikan pada bidang yang berseberangan dengan penjurusan yang telah kamu pilih. Alasan-alasan yang telah Mipi sebutkan tadi adalah alasan kenapa beberapa orang memilih untuk linjur di UBTK SBMPTN demi menggapai impiannya.

Lintas Jurusan IPS ke Saintek, Emang Bisa?

Seperti yang sudah Mipi sebut tadi, anak IPS juga bisa linjur ke Saintek, lho, Pahamifren. Meskipun harus belajar materi Saintek dari nol, anak IPS juga memiliki kesempatan yang sama untuk lolos UTBK SBMPTN dengan anak IPA. Nah, dibawah ini adalah beberapa jurusan yang umumnya jadi sasaran anak IPS buat linjur.

Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan ini bakal belajar tentang bagaimana merancang tata letak wilayah di suatu daerah maupun perkotaan, di mana anak IPS juga sudah sedikit banyak mempelajari tentang hal ini di mata pelajaran geografi serta sosiologi.

Ilmu Aktuaria

Jurusan ini berkecimpung dalam hal pencatatan dan perhitungan risiko serta keuangan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, anak IPS bisa jadi perfect fit di jurusan ini karena sudah mempelajari ilmu ekonomi dan akuntansi.

Kartografi dan Penginderaan Jauh

Mipi yakin istilah kartografi dan penginderaan jauh pasti sudah tidak asing bagi anak IPS karena di mata pelajaran geografi, anak IPS juga sudah sedikit mempelajari tentang hal ini, bersamaan dengan materi Sistem Informasi Geografis (SIG).

Hati-Hati Jebakan Batman!

Tidak seperti SNMPTN yang hanya membuka jurusan tertentu bagi kaum linjur, kamu bisa daftar ke semua jurusan tanpa terkecuali di UTBK SBMPTN. Akan tetapi, Pahamifren jangan sampai terjebak, ya. Di beberapa PTN, jurusan yang sepertinya Soshum banget ternyata ada yang termasuk ke rumpun Saintek, dan juga sebaliknya, lho!

Wah, kan sayang banget udah susah-susah belajar dari nol, ternyata jurusan di kampus impian tidak mengharuskan kamu buat linjur. Jadi buang energi, deh. 

Maka dari itu, Pahamifren harus pastikan dulu apakah jurusan yang kalian idamkan mengharuskan untuk linjur atau tidak, ya!

Nah, Mipi udah rangkum beberapa program studi yang berpeluang untuk dua rumpun sekaligus.

Animasi

Kalau Pahamifren mengira semua jurusan seni termasuk animasi hanya tersedia di rumpun Soshum, kamu salah besar! Faktanya beberapa PTN membuka jurusan ini dengan tipe ujian Saintek, lho.

Universitas Negeri Padang merupakan salah satu PTN yang membuka jurusan D4 Animasi dengan tipe ujian Saintek, nih, Pahamifren. Bagi anak IPA yang pengen masuk jurusan animasi tanpa harus linjur, ini bisa jadi tiket emas kalian!

Desain Grafis

Sama halnya dengan jurusan animasi, beberapa PTN juga membuka jurusan desain grafis dengan rumpun Saintek, lho! Jika kamu anak IPA, salah PTN yang bisa kamu pilih agar tidak perlu linjur untuk masuk ke jurusan ini adalah Universitas Brawijaya.

Psikologi

Jurusan psikologi ternyata juga berpeluang sama baik untuk anak IPA maupun IPS, lho, Pahamifren. Hal ini dikarenakan ada beberapa PTN yang membuka jurusan ini untuk Saintek, ada pula yang membuka untuk Soshum.

Jika kamu anak IPA, kamu bisa daftar jurusan psikologi ke Unpad, UNS, Unsri, Unand dan Unhas. Sedangkan jika kamu anak IPS, kamu bisa daftar ke UI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UGM, UB, UM, Unair, USU, dan UNM.

Konsekuensi Lintas Jurusan

Linjur itu tidak mudah, lho, Pahamifren! Kalau kamu memilih untuk linjur, kamu harus belajar lagi dari nol materi-materi yang akan diujikan di UTBK. Hal ini dikarenakan materi-materi Soshum tidak kamu dapatkan ketika pembelajaran di bangku SMA jurusan IPA, dan sebaliknya.

Penguasaan materi ini bisa kamu asah dengan cara kerjain latihan-latihan soal UTBK, nih, Pahamifren. Kalau pengen coba kerjain latihan soal UTBK terbaik, kamu harus ikutan TryOut Akbar dari Pahamify! Di TryOut Akbar Pahamify, kamu bisa ukur kemampuan diri, menyimak pembahasan soal, bahkan bisa tau peringkat kamu jika dibandingkan peserta lain yang berskala nasional, lho.

Meskipun terdengar sulit, Pahamifren tidak perlu khawatir! Kamu bisa cek tips dan hal-hal yang harus dipersiapkan ketika kamu ingin linjur dari Mipi di sini biar kamu makin siap #TaklukkanUTBK meskipun linjur!

Penulis: Adenia Nadira Tuzenitha


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll