Close

February 17, 2022

Jurusan Sastra Belanda: Cuma Satu di Indonesia!

Memilih jurusan saat UTBK tentu membutuhkan perhitungan yang matang, belum lagi tentang karir dan tetek bengeknya yang harus difikirikan dengan baik.

Maka dari itu, Mipi ingin menjelaskan detail nih tentang salah satu jurusan yang cukup diminati di Indonesia, yaitu Sastra Belanda.

Indonesia dengan Belanda memiliki keterkaitan yang cukup erat di masa lalu, maka dari itu terbentuklah jurusan tersebut. Tapi ternyata tidak semua Perguruan Tinggi Negeri membuka cabang ilmu Sastra Belanda.

Jurusan ini bisa dibilang langka karena hanya satu PTN yang punya jurusan ini. yap, hanya di Universitas Indonesia.

Wow, keren kan kalau kamu bisa menjadi salah satu mahasiswa/mahasiswi-nya?

Kehidupan Akademik

Nah, apa yang tebersit dalam benak kamu jika mendenger kata “Sastra?”

Hmm orang-orang akan berasumsi bahwa sastra adalah sebuah karya berbentuk puisi atau serangkaian tulisan yang indah.

Secara garis besar betul, sastra adalah cabang ilmu dalam bidang seni yang menggunakan bahasa sebagai perantaranya. Namun pada hakikatnya tidak se-sederhana itu, banyak hal yang harus dipelajari dalam kehidupan akademiknya.

Di bawah ini Mipi jelaskan lebih mendetail mengenai Sasta Belanda, who’s exited?

Kehidupan Akademik ataupun kehidupan sosial anak jurusan Sastra Belanda tidak akan jauh dari buku. Yap betul, kamu nantinya akan mempelajari banyak hal tentang Negara kincir angin tersebut.

Seperti tata bahasa Belanda, kesusastraan Belanda, budaya-nya, komposi pemahaman teks, dll. Dimana nantinya kemampuan yang harus kamu kuasai adalah tulis menulis, lisan, berbicara, dan juga mendengar.

Hmm pasti kamu lagi mikir “Harus bisa bahasa Belanda dong kalau gitu??”

Jawabannya adalah “Ya”. Tapi bukan berarti harus lancar, yang terpenting kamu mengerti kosa kata dan terbiasa dengar bahasa Belanda.

Eitsss jangan khawatir, secara otodidak bisa dipelajari kok, seperti menonton series ataupun sering mendengar dan menyanyikan lagu Belanda. Asal kamu punya kemuan tinggi ya!

Jurusan ini walaupun hanya satu di Indonesia, ternyata memiliki peminat yang cukup banyak. Keuntungan menjadi anak Sastra adalah selain kamu secara bertahap akan terampil dalam bahasa asing, ternyata akan memiliki wawasan yang cukup luas juga. Keren banget bukan?

Prospek Karir Lulusan Sastra Belanda

Dan jika kamu memilih Sastra Belanda di pilihan Jurusan UTBK, maka prospek karir menjanjikan menunggu di luar sana.

Tentu-nya lulusan jurusan ini berpeluang besar untuk masuk ke lembaga-lembaga Internasional. Kalau mau jadi PNS, pun bepeluang masuk ke Kementerian Luar Negeri.

Bukan hanya itu saja, beberapa industri yang membutuhkan ahli budaya dan bahasa pasti merekrut orang jurusan sastra. Misalnya dalam sektor pariwisata, media massa, ataupun migrasi.

So, lebih lengkapnya simak ulasan berikut yuk!

Penerjamah

Yap, karir yang paling terkenal jika kamu lulusan sastra adalah penerjemah atau translator. Profesi tersebut cukup diminati lho oleh sebagian orang, apalagi jika kamu hobi juga nulis. Karir ini bakalan nge-klop banget.

Tugasnya bisa berbagai macam, seperti menerjeman artikel, jurnal, buku, ataupun dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan.

Nah, yang dijelaskan di atas adalah jika kamu seorang penerjeman tulisan. Jika lisan, itu berarti menerjemahkan secara berbicara. Mungkin terdengar sulit, tapi akan sangat mudah jika kamu menguasainya.

Fee yang ditawarkan-pun cukup besar. Jika kamu memiliki passion di bidang ini, tentu karir ini adalah pilihan yang tepat.

Bagaimana, cukup menarik bukan?

Dosen Sastra Belanda

Karir menjadi dosen di industri modern ini adalah karir yang cukup menjanjikan. Kenapa begitu? Dosen adalah salah satu profesi yang tidak terlalu dikekang oleh waktu.

Kamu bisa bekerja fleksibel sesuai jadwal mata kuliah tersebut. Sehingga akan ada waktu luang yang bisa kamu pergunakan untuk kesibukan lain.

Menjadi dosen-pun tentu tidak mudah, kamu harus menyelesaikan studi S2 terlebih dahulu. Namun dengan apa yang kamu dapatkan, tentunya cukup sebanding bukan?

Belum lagi saat ini gaji seorang dosen sebagai tenaga pendidik cukup diperhitungkan. Yang harus kamu ketahui, peran dosen Sastra Belanda cukup penting lho, alasannya tentu karena akan menghasilkan lulusan yang nantinya memberikan kontribusi untuk pemerintah seperti dalam sektor pariwisata dan bisnis.

Kedutaan Besar 

Mungkin semua lulusan jurusan Sastra Belanda ingin sekali memiliki karir di Kedutaan Besar.

Seperti yang kita tahu sebelumnya, Kedutaan Besar Internasional pasti membutuhkan orang-orang yang mengerti bahasa dan budaya tersebut. Maka dari itu mereka berbondong-bondong ingin meniti karir di sana.

Nah, untuk Kedubes  memiliki dua lokasi, yang pertama ada Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta tepatnya di jalan HR Rasuna Said, dan yang kedua ada Kedutaan Besar Indonesia di Belanda tepatnya di Deen Haag.

Jika kamu terpilih sebagai anggota Kedubes yang di Belanda, cita-cita kamu tinggal di luar negeri bakal tercapai lho. Terkait kehidupan sosialnya-pun tidak luput dengan orang-orang asing, pokonya keren banget deh!

Penulis

Saat kuliah Sastra Belanda, kamu pasti akan diajarkan secara baik tentang teknik penulisan dan hal yang mendasar lainnya. Maka dari itu, bermula dari skill tersebut kamu bisa mencoba karir sebagai penulis lho. Atau istilah di industri sekarang adalah content writer.

Tentunya fee content writer menggunakan bahasa asing akan lebih tinggi dibandingkan bahasa Indonesia. Apalagi jika dibayar dengan mata uang Belanda Euro, dimana jika dirupiahkan itu akan menguntungkan sekali.

Kamu bisa menulis artikel, novel, atau kebutuhan sebuah blog. Karir ini tentunya akan sangat menjanjikan jika ditekuni secara baik.

Nah, itulah ulasan singkat jika kamu memilih jurusan Sastra Belanda saat UTBK nanti.

Tentunya karir ataupun kehidupan akademik yang dijelaskan akan kamu dapatkan jika berusaha semaksimal mungkin. Persiapan yang matang dengan rajin ikut TryOut Pahamify.

Kamu juga perlu atur strategi biar bisa #TaklukkanUTBK

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!

Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! 

Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan UTBK SBMPTN dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify buat persiapan UTBK SBMPTN:

🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK
Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.

💻 LIVE CLASS
Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa taklukkan UTBK SBMPTN. 

🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI
Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap Taklukkan UTBK SBMPTN. 

👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT
Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi taklukkan UTBK.

🏫 INFO KULIAH 
Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, sampai biaya kuliah. Partner kamu taklukkan UTBK.

🎥 VIDEO BELAJAR dengan Animasi
Pahami materi penting UTBK di video belajar Pahamify. Belajar UTBK lebih mudah lewat video animasi terlengkap buat taklukkan UTBK.

📖 Rangkuman Materi
Rangkuman materi kelas X, XI, dan XII disajikan dengan simpel, menarik, lebih mudah diingat, serta cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Halaman penting lain untuk persiapan masuk PTN impian:
Info SNMPTN
Info UTBK
Info SBMPTN


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *