pfy-burger-btn Menu

Stop Menyepelekan – Kuliah Jurusan Teknik Lingkungan Menjanjikan Lho!

Teknik Lingkungan

Siapa yang baru dengar jurusan teknik udah lemes duluan??? Hmm banyak banget perspektif di luar sana tentang jurusan ini, nih. Salah satunya jurusan yang susah masuk susah keluar, sampai terkenal dengan jurusan yang itungannya bejibun. Okeyyy kamu kemakan yang mana nih, Pahamifren?

For your information, teknik itu ngga melulu soal Teknik Mesin, Teknik Informatika atau Teknik Elektro lho. Ada satu lagi nih yang cukup menjanjikan, yappp Teknik Lingkungan.

Mipi mau applause dulu deh buat kamu yang baca artikel ini, berarti kamu salah satu orang yang tertarik dengan jurusan Teknik Lingkungan bukan? Ya, walaupun sedikit intinya ada ketertarikan donggg? #maksa wkwkw. Nah, agar sudut pandang kamu lebih terbuka tentang jurusan tersebut, yuk baca lebih jelas!

Deskripsi Jurusan Teknik Lingkungan

“Namanya juga Teknik Lingkungan pasti belajar tentang lingkungan lah apalagi”, ya ngga salah sih. Tapi konsep lingkungan di jurusan ini sangat luas, kamu ngga cuma belajar cara memilihara lingkungan dengan baik atau cara menanggulangi bencana. Tapi bakalan belajar yang lebih kompleks lagi.

Mipi jelasin deh, jadi jurusan Teknik Lingkungan adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana cara mengelola lingkungan yang sehat, pengendalian pencemaran akibat limbah, konservasi sumber daya air, dan permasalahan lingkungan lain beserta solusi yang harus dilakukan. Nah karena masuknya pada ilmu teknik, maka kamu akan dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang tersedia guna mencapai hasil yang maksimal.

Adanya jurusan Teknik Lingkungan bertujuan untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih, juga mempersiapakan kualitasnya agar bisa tetap dinikmati oleh generasi selanjunya. Apalagi di zaman modern ini, dampak dari industri sering kali mengakibatkan hal yang buruk bagi masyarakat. Nah disinilah para lulusan Teknik Lingkungan diandalkan.

Contoh kasus yang marak terjadi di masyarakat sekitar adalah sampah yang menimbun, kurangnya akses air bersih, serta pencemaran air dan udara untuk daerah industrial. Nah, tugas kamu adalah bagaimana mengatasi itu semua agar dapat tertangani dengan baik. Selain itu juga, kamu akan mempelajari bagaimana analisis sebuah kerusakan lingkungan yang akan terjadi di masa depan, sehingga dapat dicegah agar tidak berdampak buruk. Bagaimana, cukup menarik bukan???

Kehidupan Akademik Mahasiswa Teknik Lingkungan

So, dari penjelasan deskripsi di atas, kira-kira Teknik Lingkungan belajar tentang apa aja sih??? Jurusan ini deket banget lho sama kehidupan sehari-hari. Misal membuang sampah pada tempatnya, itu juga termasuk cara menanggulangi kerusakan lingkungan. Jadi buat kamu yang punya skill eksperimen, kemampuan analisis & meneliti, design abilities, serta kemampuan bekerja sama dalam tim, jurusan ini pasti bakalan cocok banget.

Nah, pertanyaan yang paling banyak ditanyakan adalah tentang mata kuliah sehari hari. Hmm apa tetap bertemu hitungan???? Jawabannya iya, sedikit banyak kamu tentu akan bertemu hitungan. Tapi tenang, ngga sebanyak itu kok.

Nih biar kamu ngga penasaran, Mipi jabarkan beberapa matkulnya deh sebagai gambaran. Diantaranya ada kimia lingkungan, kesehatan lingkungan, epidemiologi lingkungan, pengelolaan kualitas air, mikrobiologi lingkungan, teknik penyediaan air minum, pengelolaan sampah, kebijakan & hukum lingkungan, hidrologi & hidrogeologi, pencemaran tanah, pengelolaan SDA, pencemaran udara, manajeman teknik lingkungan, AMDAL, rekayasa & proses biologi, desain teknik lingkungan, dll.

Biasanya di semester lanjut kamu akan dihadapkan untuk memilih kelompok bidang keahlian atau konsentrasi sesuai dengan minat dan bakat. Sebenarnya di semua universitas berbeda, tapi tetap secara generalnya sama ya. Contoh di Universitas Andalas ada 4 konsentarasi/peminatan. Yaitu buanagan padat, air, kualiats udara dan kesehatan lingkungan.

Prospek Karir Jurusan Teknik Lingkungan

Lulusan jurusan Teknik Lingkungan ternyata punya prospek karir yang menjanjikan lho. Kamu bakal dibutuhkan di beberapa sektor perusahaan pemerintah ataupun swasta. Di pemerintah bisa di Kementrian Perindustrian, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta kantor-kantor dinas yang berhubungan dengan lingkungan.

Untuk di swasta bisa di perkebunan, pertambangan, sampai perusahaan industri makanan atau minuman. Kamu biasanya ditugaskan untuk mengola air, limbah, dan juga keselamatan & kesehatan para pekerja.

Berikut beberapa pilihan karir yang dapat kamu pertimbangkan:

Energy Manager

Dari namanya aja uda keren banget kan??? Pokoknya kamu yang lulusan jurusan ini punya kesempatan gede banget berkarir jadi seorang Energy Manager. Tanggung jawabnya adalah mengawasi pemakaian energi di suatu perusahaan.

Simplenya, kamu melakukan analisis dan problem soving untuk bisa meminimalisir penggunaan energi yang berlebihan. Tentu dengan tanggung jawab tersebut, kamu bisa mendapat gaji yang menjanjikan. Tapi ada satu syarat, kamu harus punya sertifikat SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) terlebih dahulu sebelum terjun.

Petugas Konservasi Lingkungan

Cung siapa yang pengen jadi Petugas Konservasi Lingkungan? Kamu yang ngga suka kerja terikat atau monoton di ruangan, karir ini bakalan tepat banget deh! Tugasnya adalah mengelola, melindungi, serta mengembangkan lingkungan, yang oomatis jam kerjanya pun fleksibel dan di lapangan.  Karir ini bisa kamu temui di perusahaan properti, pemerintah, pengelola perkebunan, bahkan di taman nasional. Bakalan seru banget!

Environmental Manager

Intinya kamu bakal bekerja sebagai manager lingkungan. Fyi, karir ini ternyata cukup di butuhkan hampir di semua lingkup perushaaan. Baik di instansi pemerintah, NGO, ataupun perusahaan swasta. Tugasnya hampir sama dengan profesi Energy Manager, hanya saja ini lebih mengawasi lingkungan perusahaan. Pokoknya lingkungan kerja yang postif itu ngga jauh dari andilnya seorang Environmental Manager deh.

Konsultan Lingkungan

Sebenarnya karir ini sama saja dengan konsultan pada umumnya, hanya lebih spesifik karena menganalisis tentang lingkungan. Kamu akan ditugaskan untuk meneliti tingkat kontaminasi air, tanah, atau udara di suatu tempat sudah sejauh mana. Nah dari hasil penelitian itulah terangkum hipotesa penyebab sampai solusi yang dibutuhkan.

Ahli Ekologi

Semua hal yang berbau ekosistem akan menjadi tugas seorang Ahli Ekologi. Karir ini bertugas untuk melakukan klasifikasi, analisis penyebab bertambahnya makhluk hidup, hingga mengatasi masalah lingkungan. Kamu yang suka matkul biologi ataupun rekayasa teknologi, kayanya bakalan sreg banget dengan profesi ini.

Nah, dari deskripsi jurusan hingga porspek karirnya, bisa kamu bayangin dong seseru apa kuliah di jurusan Teknik Lingkungan? Tapi yaa walaupun seru tentu kuliah disini ngga cuma haha-hihi, kamu tetap harus  belajar yang rajin agar bisa mencapai karir yang diinginkan.

Di beberapa universitas besar, jurusan Teknik Lingkungan ini ternyata cukup banyak peminatnya lho. Nah karena UTBK bentar lagi, yukkk persiapannya di kencengin lagi!

Semoga artikel ini cukup membantu yaa, Pahamifren. 

Penulis: Nifa Nurfaidah

Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll