Close

February 15, 2022

Jurusan Psikologi Sangat Diminati Saat UTBK, Lho!

Apa hal yang pertama kali terbersit dalam benak kamu ketika melihat anak jurusan Psikologi?

Mungkin kamu akan berfikir “Pasti bisa baca pikiran, mimik wajah, atau gesture seseorang, nih”. Bahkan fakta menariknya, banyak yang menyamakan dengan dukun ataupun cenayang lho, bikin ketawa banget bukan?

Nah, agar pemahamanmu tidak melenceng, sebenarnya apa sih Psikologi itu?

Tentang Jurusan Psikologi

Secara garis besar Psikologi adalah ilmu yang mempelari tentang manusia sebagai individu. Baik itu perilaku, fungsi mental, sampai segala hal yang mempengaruhi tindakan yang dilakukan manusia.

Misalnya, ada bayi yang setiap hari menangis. Mungkin orang awam akan mengira dia kesakitan atau lapar. Padahal jika diteliti lebih lanjut itu adalah “Tantrum”, dimana kondisi perasaan anak tidak menentu dan sulit untuk diungkapkan.

Banyak alasan kenapa jurusan Psikologi cukup diminati saat UTBK. Salah satunya karena dalam kehidupan akademik nanti, kamu akan mempelajari– salah satunya tentang karakter seseorang.

Di kuliah nanti, kamu akan mendalami karakter diri sendiri, orang lain, dan juga hal yang terjadi di sekitarnya. Seru banget, kan?

Berbicara tentang jurusan, pasti tidak jauh dari prospek karir kedepannya. Apa aja sih karir yang bisa kamu capai jika memilih Psikologi?

Yuk simak di bawah ini!

Lulusan Psikologi Kerja Sebagai …

Psikolog

Pasti banyak mahasiswa jurusan ini yang ingin memiliki karir menjadi Psikolog. Sebagai psikolog mereka akan membuka praktik untuk menangani masalah kejiwaan seseorang dan dibantu penyelesaiannya.

Banyak yang bilang penyakit yang paling mengerikan itu adalah penyakit jiwa/mental. Maka dari itu, peran Psikolog sangat penting di kehidupan sosial kita.

Ada beberapa jenis Psikolog. Ada psikolog pendidikan, psikolog klinis, psikolog forensik, atau psikolog industri, tegantung dari karir yang akan kamu pilih nanti.

For your information, jika kamu memilih jurusan ini saat UTBK dan tertarik terjun pada dunia Psikolog, maka minimal pendidikan yang harus ditempuh adalah S2 atau profesi.

Mungkin lama, tapi jika kamu berhasil maka karir cemerlang pasti menunggu di depan sana!

Human Resources Department (HRD)

Berkarir menjadi HRD perusahaan tidak bisa dipungkiri adalah salah satu alasan kenapa jurusan Psikologi banyak diincar saat UTBK.

Yap, menjadi HRD adalah karir yang cukup menjanjikan di industri saat ini. Bagaimana tidak, untuk seorang fresh graduate gaji jurusan ini cukup diperhitungkan lho.

Nah, selain itu yang harus kamu fikirkan adalah jobdesc atau tugas.

Secara umum tugas seorang HRD adalah melakukan proses rekrutmen pegawai baru dari mulai seleksi berkas hingga tanda tangan kontrak. Namun tentu tidak itu saja, kamu juga harus mengurus data/status pegawai, serta menjadi tim acara untuk event-event kantor.

Bagaimana, apakah kamu tertarik?

Konselor

Mungkin banyak yang bertanya “Apasih bedanya Psikolog dengan Konselor?”.

Dari segi tugas memang hampir mirip, yaitu sama-sama memberi penyuluhan terhadap klien dengan memberikan solusi terbaik dan jalan keluar untuk masalah yang dihadapi terkait dengan kondisi mental.

Namun, Konselor lebih menekankan pada sisi konseling. Sedangan Psikolog lebih ke diagnosis yang ter-struktur.

Jika kamu ingin berkarir di bidang ini, kamu cukup memiliki pendidikan minimal S1 jurusan Psikologi dan biasanya kamu sudah dapat bekerja secara individu, dalam arti tidak terikat oleh perusahaan manapun.

So, jika kamu memilih jurusan Psikologi di UTBK nanti, maka pekerjaan Konselor bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena semakin berpengalaman, maka gaji yang akan kamu dapatkan semakin tinggi juga lho!

Dosen Psikologi

Dosen Psikologi ternyata sampai saat ini masih menjadi jenjang karir yang cukup menjanjikan bagi para mahasiwa/mahasiswi jurusan tersebut. Untuk persyaratan utamanya sama dengan Psikolog yaitu perlu S2 terlebih dahulu.

Namun cukup menggiurkan, karena waktu yang fleksibel membuat kamu memiliki lebih banyak waktu luang dan kehidupan sosial yang lebih terorganisir.

Ini bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan lainnya, baik itu membuka bisnis atau freelance. Dimana pastinya akan menambah pundi-pundi rupiah kamu. Apalagi jika sudah berkeluarga, tentu menjadi dosen adalah impian bagi semua orang.

Peneliti di Research & Development (R&D)

Bagi orang di luar jurusan Psikologi pasti akan asing dengan karir sebagai peneliti. Eitss jangan salah, janjang karir dalam bidang ini tidak bisa sembarangan lho.

Untuk bisa menjadi seorang peneliti, kamu minimal harus memiliki pendidikan yang tidak main-main. Umumnya, kamu harus memiliki gelar Doktor atau S3.

Belum lagi secara kehidupan akademik, akan lebih baik kalau kamu memiliki prestasi. Jadi jika kamu memiliki cita-cita sebagai peneliti di bidang ini, kamu harus mulai belajar sedini mungkin ya!

Hmm… tapi tenang, itu semua terbayar dengan gaji yang akan kamu dapatkan, kok.

Salah satu tempat bekerja dari profesi peneliti adalah di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Familiar bukan?

Nah, mereka biasanya melakukan aktivitas dengan orientasi jangka panjang. Mereka mencoba mengaiktkan riset ilmiah dengan perkembangan teknologi. Wow keren banget.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang prospek atau jenjang karir jurusan psikologi. Balik lagi semua itu tentu sangat menjanjikan apabila dipilih secara tepat.

Pada hakikatnya menentukan jenjang karir yang sesuai tergantung dari diri pribadi kamu sendiri, apakah akan berusaha mendapatkannya atau tidak.

Jika jurusan kamu yakin mengambil psikologi, maka kamu harus fokus ke arah tersebut. Persiapan sebaik mungkin adalah perlu. jadi, jangan bermalas-malasan, ya!

Kamu bisa mulai persiapan UTBK kamu di Pahamify!

Penulis: Nifa Nurfaidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *