pfy-burger-btn Menu

Pahami Kampus

Suka Otak-Atik Mesin? Coba Jurusan Teknik Mesin

Di zaman yang sudah modern ini, mesin dan peranannya menjadi salah satu peninggalan berharga yang masih berkembang. “Hah peninggalan berharga maksudnyaaa?” Yuppp yang harus kamu ketahui, ternyata mesin adalah salah satu dampak dari revolusi industri berabad-abad yang lalu lho.

Semua hal yang kita lakukan pasti bersangkutpaut dengan mesin. Misalnya mobil atau motor untuk transportasi sehari hari, barang elektronik dirumah seperti tv, kulkas, mesin cuci, dll, semua menggunakan mesin untuk pergerakannya. Maka dari itu, ilmu mesin berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia saat ini.

Dengan alasan itulah, akhirnya dibuat jurusan khusus untuk mempelajarinya. Berharap generasi muda dapat menciptakan dan mengembangkan mesin kearah yang lebih canggih lagi dari generasi terdahulunya.

So, buat kamu yang tertarik, jurusan ini bisa menjadi pilihan tepat saat UTBK nanti. Agar lebih jelas, yuk kepoin seluk beluknya!

Deskripsi Jurusan Teknik Mesin

Secara pegertian, Teknik Mesin adalah ilmu yang menggabungkan teknik fisika dan prinsip matematika dengan ilmu material. Dimana hal tersebut bertujuan untuk merancang, analisa, membuat, serta mempertahankan sebuah sistem mekanis. Jadi jangan heran kalau Teknik Mesin terkenal juga dengan jurusan Teknik Mekanik.

Jadi saat lulus nanti kamu akan dituntut untuk mendesain, membuat, ataupun mengelola mesin. Ngga salah deh pelajaran fisika ataupun matematika harus kamu kuasai! Tapi jangan takut duluuu, semua itu bisa kamu pelajari secara perlahan kok. Pokoknya kamu yang suka hitungan ataupun tantangan, jurusan ini tepat banget deh.

Jurusan Teknik Mesin memiliki cabang ilmu lagi yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat. Ada teknik material, perancangan mesin, teknik produksi mesin, serta konversi energi. Kira-kira kamu tertarik yang mana nih, Pahamifren?

Dunia Perkuliahan Mahasiswa Teknik Mesin

Dari cabang ilmu di atas, mungkin ada beberapa yang terdengarnya awam bukan? Seperti misalnya konversi energi, kamu pasti bingung apa hubungannya dengan mesin? Okeyyy Mipi jelasin satu-satu deh.

Jadi konversi energi ini fokus tentang bagaimana membuat mesin yang dapat mengubah satu energi ke energi lainnya. Lalu untuk teknik material lebih ke bagaimana membuat dan mengembangkan bahan baru menggunakan bahan penyusunnya seperti struktur atom. Yang ketiga perancangan mesin, otomatis adalah mendesain atau merancang sebuah mesin baru dan merealisasikannya. Terakhir untuk teknik produksi mesin biasanya lebih diarahkan untuk meneliti mesin, dan dari penelitian tersebut dikembangkan lagi untuk kebutuhan manufaktur.

Jika S1, minimal studi yang dapat kamu tempuh adalah 3.5 – 4 tahun, tergantung seberapa rajinnya kamu di perkuliahan. Waktu yang tidak sedikit itu harus kamu manfaatkan sebaik mungkin yaa.

Ngomong-ngomong soal kehidupan akademik, di Teknik Mesin kamu akan bertemu dengan beberapa mata kuliah. Ada termodinamika, mekanika fluida, elemen mesin, teknik pembentukan logam, struktur dan sifat material, mekanika kekuatan bahan, mesin fluida dan perpindahan, mekatronika, proses manufaktur, dll. Dimana semua itu akan menjadi bekal kamu untuk bersaing dengan lulusan Teknik Mesin lainnya.

Nah disamping belajar dengan rajin, kamu juga bisa ikut UKM atau komunitas kampus yang sesuai dengan jurusan. Misalnya HMM (Himpunan Mahasiswa Mesin), bertugas untuk menaungi kegiatan khusus prodi Teknik Mesin, ataupun bisa masuk tim perancang kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi. Dari situlah ilmu kamu akan bertambah luas lagi. Jadi selain akademik internal, kamu harus eksplor untuk eksternalnya juga.

Prospek Karir Lulusan Teknik Mesin

Siapa yang mengira lulus dari jurusan Teknik Mesin pasti jadi tukang bengkel ataupun tukang reparasi barang-barang elektronik? Hmmm salah banget! Faktanya lulusan ini bisa juga berkecimpung dalam ranah komputer lho, misalnya engineer.

Kok bisa??? Alasannya cuma satu, karena perusahaan industri saat ini membutuhkan rancangan produk yang disesuaikan dengan generasi millennial. Pokoknya menjadi sarjana Teknik Mesin kamu akan menemukan beberapa karir yang bervariasi deh. Di bawah ini Mipi rangkum beberapa yaa:

Perancang & Teknisi Mesin

Karir yang biasa kamu temui di industri otomotif ini ternyata termasuk profesi “Paling dibutuhkan” di perusahaan lho. Bagaimana tidak, bertanggung jawab dalam proses produksi secara keseluhan membuat profesi ini menjadi sangat terlihat.

Tugas kamu dimulai dari merancang sebuah desain hingga mengembangkan peralatan. Peralatan dalam arti bisa elekronik, komunikasi, dll, sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Selain itu juga, ranah simulasi dan perbaikan tetap menjadi tanggung jawab profesi ini. Ya pada intinya adalah memastikan mesin aman dan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Teknisi & Operator Pabrik

Mendesain dan mengontrol operasi pabrik adalah tanggung jawab dari karir ini. Mungkin terdengarnya berat, tapi jangan salah, gaji di profesi ini gede lho, karena memang sebanding dengan jobdesknya. Lebih simplenya begini, karir sebagai teknisi lebih condong untuk mempelajari pabrik dan merancangnya untuk masa depan. Sedangkan operator pabrik lebih ke mengatur mesin dan peralatan pabrik agar berjalan dengan lancar.

Mekanik

Nah karir ini biasanya dicari banget oleh lulusan yang sering otak-atik mesin. Tugasnya adalah memperbaiki mesin kendaraan apabila ada kerusakan. Kendaraan yang dimaksud general yaa, bisa mobil, motor, dll. Namun tidak hanya itu saja, pemeliharaan menyeluruh adalah salah satu tanggung jawabnya juga. Disini kamu dituntut untuk menguasai beberapa tipe mesin, karena beberapa kendaraan memiliki tipe yang berbeda-beda. Kalau kamu jago di bidang ini, pastinya karir menjadi mekanik handal adalah pilihan yang cocok.

System Analyst

“Karir sebagai System Analyst bukannya khusus jurusan IT doang??” Eittts kata siapa? Jurusan Teknik Mesin juga punya kesempatan yang sama untuk berkarir di bidang ini lho. Kamu berperan penting untuk mengembangkan sebuah sistem dengan melakukan penelitian, desain, koordinasi, hingga memilih software khusus untuk kebutuhan harian. Intinya berkembangnya sebuah sistem menjadi tanggung jawab kamu, dimulai dari analisis hingga problem solving.

For your information, Teknik Mesin termasuk jurusan popular yang pasti ada di seluruh kampus dunia. Maka dari itu, di industri 4.0 ini semua berlomba-lomba untuk menciptakan dan mengembangkan mesin menjadi lebih efisien lagi. Tujuannya satu, tentu untuk mempermudah hidup manusia modern.

Dari penjelasan Mipi di atas, kamu sudah ada gambaran kehidupan akademik hingga pilihan karir. So, jika kamu ingin menjadi bagian dari mereka, maka jurusan Teknik Mesin menunggu kamu untuk bergabung.

Hal pertama yang harus dilakukan saat ini adalah fokus UTBK 2022. Persaingan UTBK tentu bukan hal yang bisa kamu abaikan begitu saja. Jadi usaha dan doa yang maksimal akan membantu mencapai semua hal yang kamu impikan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Pahamifren.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Logo White Versi.02
Mobile version
Desktop version

Panduan

Ikuti Kami

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll