Pahamifren, siapa nih yang sering gagal fokus saat belajar? Sudah mencoba trik cara belajar yang efektif tapi masih gagal paham? Nah, kali ini, Pahmify Blog akan mengajak kamu membahas tentang teknik belajar Pomodoro. Apa itu Pomodoro? Yuk kita bahas lebih jauh di artikel ini.

Apa Itu Teknik Belajar Pomodoro?

Teknik pomodoro adalah metode manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo di tahun 1980-an. Meskipun metode lama, teknik belajar ini terbukti menjadi cara belajar yang efektif dan efisien. Untuk menerapkan teknik ini, kamu harus menggunakan bantuan timer Pahamifren

Teknik belajar Pomodoro ditemukan Francesco yang saat itu masih duduk di bangku kuliah. Dia mengalami kesulitan untuk tetap fokus belajar. Kesulitan fokus inilah yang kemudian mendorong Francesco untuk menemukan solusi terbaik agar belajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Teknik belajar Pomodoro membantu kamu lebih fokus saat belajar.

Francesco akhirnya mengembangkan teknik manajemen waktu belajar, yang dibagi menjadi empat interval yang diselingi waktu istirahat. Setiap interval waktu belajar disebut sebagai jendela kerja, dibatasi menjadi 25 menit dengan jeda setiap interval selama 5 menit. 

Agar lebih mudah, Francesco menggunakan bantuan timer dapur, yang biasa digunakan untuk mengukur waktu memasak, untuk menandai durasi setiap jendela kerja. Setelah 25 menit jendela kerja ia lalui, ia akan mengambil waktu istirahat selama 3–5 menit dan kembali masuk ke jendela kerja selama 25 menit berikutnya hingga selesai empat interval.  

Setelah diuji coba beberapa kali, Francesco merasa metode belajar manajemen waktu ini sangat membantunya untuk tetap fokus dan produktif saat belajar. Nah, melihat bentuk timer dapur yang menyerupai tomat, atau yang dalam bahasa Italia dinamakan Pomodoro, ia kemudian menamai cara belajarnya sebagai teknik belajar Pomodoro.

Pahami dan  Materi Biologi Kelas 12: Pola-Pola Hereditas

Cara Menerapkan Interval Waktu Belajar

Cara belajar menggunakan teknik pomodoro ini sangat mudah Pahamifren. Kamu hanya perlu mengikuti lima tahap sebagai berikut:

  1. Buat daftar materi pelajaran yang ingin kamu pelajari, atau tugas sekolah yang akan kamu kerjakan pada selembar kertas atau aplikasi to do list.
  2. Atur timer yang akan kamu gunakan sesuai jendela kerja (misalnya 25 menit). Kamu bisa menggunakan timer apapun ya Pahamifren, baik yang ada di ponselmu, atau timer khusus. Setelah mengatur jendela belajar, mulailah fokus pada materi pelajaran yang ingin kamu pelajari.
  3. Saat timer-mu berbunyi, tandai materi pelajaran yang sudah kamu pelajari pada daftar to do list dengan memberinya tanda centang.
  4. Nikmati waktu istirahatmu sekitar tiga sampai lima menit. Kamu bisa mengisi waktu istirahat sembari minum teh, air mineral atau minuman kesukaanmu.
  5. Setelah kamu melewati interval waktu sebanyak empat kali, kamu bisa menerapkan teknik belajar pomodoro ini untuk pelajaran lain. Agar tidak stress, berilah waktu istirahat lebih panjang, misalnya 15-30 menit sebelum memulai pelajaran baru.

Aturan Menggunakan Jendela Belajar

Teknik belajar Pomodoro menerapkan interval waktu dan jendela belajar.

Saat kamu menggunakan teknik pomodoro ini, kamu harus mengingat tiga aturan penting berikut:

Membagi Tugas Yang Rumit Menjadi Beberapa Bagian 

Kalau materi pelajaran yang akan kamu dalami, atau tugas sekolah yang akan kamu kerjakan membutuhkan waktu lebih dari empat interval jendela kerja (100 menit), bagilah materi pelajaran atau tugas sekolahmu menjadi beberapa bagian. 

Misalnya, satu materi pelajaran tertentu memiliki banyak sub bab yang harus kamu dalami, bagilah masing-masing sub bab tersebut ke dalam beberapa interval jendela kerja. Dengan berpegang pada aturan teknik belajar pomodoro ini, kamu akan membuat kemajuan yang jelas dalam proses belajar kamu.

Pahami dan  Gantikan Ujian Nasional, Ini Penilaian Asesmen Nasional 2021 Yang Harus Kamu Ketahui
Kerjakan Tugas Yang Kamu Anggap Mudah Dalam Satu Interval

Namun, jika materi pelajaran atau tugas sekolah yang akan kamu kerjakan termasuk mudah, kelompokkanlah tugas yang kamu anggap mudah itu menjadi satu. Kamu bisa memanfaatkan teknik ini untuk mengerjakan banyak tugas sekolah yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama lainnya. 

Misalnya, saat kamu mempelajari materi-materi pelajaran Bahasa Indonesia, Sosiologi, atau materi pelajaran SMA yang kamu anggap mudah lainnya. Masukkanlah beberapa tugas tersebut dalam satu skema kerja, hingga semua interval teknik Pomodoro selesai.

Jangan Berhenti Di Tengah Jalan

Begitu kamu mulai mengatur timer 25 menit, maka kamu harus menaati interval jendela kerjamu sampai selesai. Jangan mengalihkan fokus belajar atau mengerjakan tugasmu pada hal lainnya. Bila ada notifikasi aplikasi percakapan atau media sosial, kamu harus mengabaikannya ya Pahamifren.

Jika saat kamu belajar dengan teknik pomodoro ini kamu melakukan hal yang tidak bisa dihindari, kamu harus memulai lagi interval jendela kerjamu dari awal.

Tips Agar Belajar Lebih Efektif

Catat Gangguan Belajar Yang Kamu Hadapi

Francisco juga menyarankan agar kamu mencatat gangguan-gangguan saat belajar, baik internal maupun eksternal, agar kamu bisa menemukan solusi untuk menghindari gangguan-gangguan tersebut di sesi belajar kamu selanjutnya. 

Gunakan Waktu Yang Tersisa Untuk Memperdalam Materi

Aturan ini juga berlaku saat kamu selesai lebih cepat sebelum timer berbunyi. Gunakanlah waktu yang tersisa untuk mengulas kembali pemahamanmu atas materi pelajaran yang sedang kamu pelajari tersebut, atau sekadar mengecek jawaban tugas sekolah yang sudah kamu kerjakan. 

Dengan melakukan hal ini, kamu akan semakin paham terhadap materi pelajaran lebih cepat. Kalau kamu sudah benar-benar paham dengan materi pelajaran yang sedang kamu dalami atau sudah yakin jawaban tugas sekolahmu sudah benar, kamu bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mempelajari materi pelajaran lainnya atau membaca-baca artikel-artikel yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang kamu dalami.

Pahami dan  Bahasa Indonesia Kelas 12: Membaca Novel Sejarah
Latih Kemampuanmu Dengan Menjawab Soal

Nah, itu dia teknik belajar pomodoro yang bisa kamu terapkan di rumah Pahamifren. Teknik ini sudah terbukti efektif membantu banyak penggunanya lho. Kamu juga bisa memanfaatkan teknik ini untuk mengasah kemampuan menjawab berbagai contoh soal Asesmen Nasional 2021 lho Pahamifren. 

Untuk kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak materi pelajaran SMA dengan cara belajar yang mudah, kamu bisa mengunduh Aplikasi Pelajaran SMA Pahamify. Jangan lupa, untuk melihat berbagai materi pembelajaran yang seru lainnya di channel YouTube Pahamify ya.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog