Ikuti Try Out Online UTBK Pada 05 - 07 Juni 2020

LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) baru saja menginformasikan kabar terbaru mengenai pelaksanaan UTBK 2020, dimana kabar terbarunya dirilis melalui Surat Edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020.  UTBK dan SBMPTN tetap akan dilaksanakan dengan berbagai perubahan. Diantaranya adalah.

  1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).
  2. Setiap peserta cuma diizinkan mengambil 1 (satu) kali tes.
  3. Pelaksanaan tes dilakukan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan dan peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK saat memilih PTN dan Program Studi tujuan.

Perubahan sangat kentara terlihat di materi yang diujikan. Jika sebelumnya materi yang diujikan adalah Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS), pada UTBK 2020 hanya akan dilakukan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja.

Dalam surat edaran itu, ada pula Jadwal Kegiatan UTBK SBMPTN 2020.

  1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 02 – 20 Juni 2020
  2. Pelaksanaan UTBK: 05- 12 Juli 2020
  3. Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Pengertian dan Definisi TPS UTBK dan SBMPTN

Dikutip dari laman LTMPT, TPS adalah salah satu jenis tes yang mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Jenis Ujian ini sudah diterapkan di banyak negara, loh. Diantaranya adalah  Amerika Serikat, Inggris dan Swiss.

Jenis Soal TPS UTBK dan SBMPTN

1. Penalaran umum

Secara umum, kamu bakalan nemuin soal dengan awalan informasi berupa teks/paragraf dan tabel/grafik/kurva. Kamu tidak hanya harus membaca, tapi juga harus memahami informasi tersebut. Kamu juga bakalan ketemu materi kuantitatif seperti deret aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, pecahan dan perbandingan. Kamu bisa liat contoh soal dan pembahasannya disini.

2. Pemahaman bacaan dan menulis

Menyambung jenis soal pada nomor 1, dalam setiap soal yang terdapat informasi berupa teks atau paragraf, kamu juga perlu memahami inti paragraf, kesimpulan dan pesan tersiratnya. Kamu bisa liat contoh soal dan pembahasannya disini.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Kalo kamu suka sama pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, bakalan pas banget karena di UTBK 2020, Soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bakal sering keluar. Kamu perlu menyempatkan diri untuk membaca buku atau koran untuk memperluas wawasan kamu karena akan muncul soal seperti sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD secara tepat. Kamu bisa liat contoh soal dan pembahasannya disini.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Nah, kamu tetap bakalan ketemu sama soal matematika seperti geometri, statistika, peluang, logika dan aljabar. Kamu bisa liat contoh soal dan pembahasannya disini.

Intinya, dalam soal TPS ini, kamu biasanya bakal diajak untuk menganalisis sebuah cerita dan mampu memecahkan masalahnya. Permasalahannya adalah: apakah waktu yang disediakan cukup bagi kamu untuk membaca, menganalisis cerita dalam soal dan kemudian mengerjakan soal-soal yang tersedia? (Baca juga: Skimming dan Scanning: Teknik Membaca Untuk Persiapan TPS UTBK)

Jadi, supaya kamu bisa mengerjakan soal TPS UTBK ini dengan cepat tapi tepat, kamu harus lebih sering latihan mengerjakan soal. Karena siapapun pasti akan BISA KARENA BIASA.

Nah, Kamu gak perlu khawatir karena Pahamify akan terus mendampingi proses belajar kamu, apapun perubahannya. Sejak tanggal 16 Maret 2020, Pahamify setia mendampingi #BelajarSeruDirumah dengan ngadain kelas online GRATIS setiap harinya mulai pukul 14.00-16.00 WIB.
Kalo itu semua gak cukup, Pahamify selalu rutin mengadakan Try Out Online UTBK yang kali ini bakal fokus pada soal TPS. Jadi, Buruan unduh aplikasinya disini!


Komentar

2 Comments on “Mengenal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020

Rizki.ans
May 13, 2020 at 1:34 pm

wahh baru tau pahamify ada blognya juga. selama ini cuman pakai appnya aja hehe

Reply
Wahyu Widayati
May 22, 2020 at 10:12 am

terima kasih tambahan wawasannya
sangat bermanfaat

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog