Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang baru melakukan persiapan UTBK 2021 setelah nggak lolos SNMPTN? Itu berarti kamu hanya punya waktu sekitar 2 minggu lagi. Mengingat, pelaksanaan tes UTBK 2021 memang sudah di depan mata. Untuk melakukan persiapan dalam waktu singkat ini, tentunya susah-susah gampang. Kamu butuh persiapan ekstra agar bisa mengejar ketertinggalan materinya.

Masih sempat nggak ya kalau belajar UTBK dari sekarang? Sebenarnya, pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab oleh dirimu sendiri. Apabila kamu bisa memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin, bukan tidak mungkin kamu bisa menguasai semua materi UTBK secara cepat dalam waktu singkat.

Persiapan UTBK 2021 dalam Waktu 2 Minggu

Nah, untuk membantumu, Mipi bakal memberikan tips supaya kamu bisa memanfaatkan waktu dalam 2 minggu untuk persiapan UTBK 2021 secara optimal. Mau tahu apa saja tipsnya? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Persiapkan Mental yang Kuat

Buat kamu yang sudah mempersiapkan UTBK 2021 sejak awal, mungkin kamu nggak perlu panik mengingat persiapan yang kamu lakukan sudah matang. Berbeda dengan yang baru mulai, biasanya akan muncul perasaan deg-degan, takut, dan tergesa-gesa selama belajar. Hal ini terjadi karena kamu merasa harus mengejar materi dalam waktu singkat dan mental kamu belum siap menghadapi itu.

Untuk mempersiapkan mental yang kuat, kamu bisa mulai dengan cara nggak terlalu overthinking terhadap segala sesuatu. Make it simple dan jalani apa yang sudah di depan mata, yaitu tes UTBK. Kalau mau lolos tes UTBK dengan nilai yang bagus, kuncinya kamu harus belajar. Fokus pada hal itu saja.

Jangan terlalu overthinking memikirkan hal-hal yang bisa membuatmu pesimis, seperti “Duh, waktunya cukup nggak ya.” atau “Sepertinya aku nggak bisa deh.” Pikiran-pikiran seperti itu hanya akan mengganggu konsentrasi belajar dan membuat persiapan UTBK 2021 tidak akan berjalan optimal. Jadi, sebisa mungkin hindari overthinking ya, Pahamifren.

Persiapan UTBK 2021 dalam waktu 2 minggu, bisa nggak sih? Terapkan 5 tips ini

Rancang Jadwal Belajar Persiapan UTBK 2021

Dalam waktu 2 minggu, sangat kecil kemungkinan kamu untuk dapat belajar materi UTBK secara keseluruhan. Tapi, paling tidak kamu bisa belajar materi-materi yang memang sering diujikan dalam tes UTBK SBMPTN. Kamu perlu menyusun jadwal belajar yang ketat supaya tahu materi apa saja yang harus diprioritaskan. Jadwal belajar ini juga berfungsi untuk mengecek progres belajarmu hingga hari H UTBK mendatang.

Pahami dan  Pola Belajar Menjelang UTBK, Idealnya Seperti Apa Sih? Pertimbangkan 3 Aspek Ini

Rancangan jadwal belajar yang kamu buat sebaiknya tidak fokus belajar materi saja, ya. Kamu bisa menambahkan latihan soal atau mengikuti try out agar rencana belajarmu semakin efektif. Apabila kamu ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur Jadwal Belajar dari Pahamify. Adanya pengaturan porsi waktu dan materi belajar yang tepat akan memudahkanmu dalam mengoptimalkan target belajar persiapan UTBK 2021.

Belajar yang Fokus dan Disiplin

Setelah merancang jadwal belajar, kini tinggal eksekusi belajarnya deh. Pastikan kamu fokus dan disiplin dalam menaati jadwal belajar yang telah kamu buat. Kalau kamu nggak disiplin, bisa-bisa jadwal belajar tersebut hanya berakhir wacana, Pahamifren. Selain itu, pilihlah lingkungan belajar yang nyaman agar kamu bisa fokus selama belajar.

Supaya fokus belajar semakin meningkat, kamu dapat menggunakan teknik belajar Pomodoro atau cara belajar efektif dari Youtube Hujan Tanda Tanya berikut ini:

  1. Pilih satu topik yang mau kamu pelajari.
  2. Coba fokus pada topik yang sudah kamu pilih minimal selama 20 menit.
  3. Catat materi-materi yang kamu rasa sulit. Lalu, evaluasi review ulang materi yang kamu anggap sulit tersebut.
  4. Jangan lupa istirahat sejenak setiap 60 menit atau saat kamu merasa sudah susah fokus.
  5. Kalo kamu masih mau belajar, kamu bisa ulang dari langkah 1 atau mulai dari materi yang telah kamu catat pada langkah 3.

Perbanyak Latihan Soal dan Try Out

Memperbanyak latihan soal dan mengikuti try out bisa menjadi alternatif untuk menguasai materi UTBK dalam waktu singkat. Selain itu, cara ini juga bertujuan untuk mengevaluasi strategi belajar dan mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal. Kalau belum paham materi UTBK, kamu bisa baca ulang terlebih dahulu materinya. Baru setelah itu lanjut mengerjakan soal try out UTBK.

Pahami dan  Pejuang PTN, Inilah 3 Faktor Penentu Peluang Lolos SNMPTN yang Wajib Kamu ketahui

Setelah pengerjaan try out UTBK selesai, evaluasi hasil belajar kamu dengan total soal yang benar maupun salah, atau dari nilai try out yang kamu dapat. Dari pengerjaan latihan soal try out, kamu bisa tahu, apakah proses belajarmu sudah efektif? Adakah materi yang perlu dipelajari lagi agar progres belajar kamu meningkat?

Nggak cuma itu, try out UTBK dinilai bisa menjadi simulasi ujian yang sebenarnya. Semakin sering kamu mengikuti try out, maka mental kamu akan semakin terbiasa dengan situasi ujian. Jadi, kamu nggak akan was-was dan panik lagi deh saat UTBK 2021 nanti.

Ikhlas

Tips terakhir agar persiapan UTBK 2021 dalam waktu 2 minggu membuahkan hasil yang maksimal yaitu ikhlas dan nothing to lose dengan semua proses yang telah kamu lalui. Kalau kamu sudah ikhlas pada apa pun hasil yang akan diterima, tidak akan ada penyesalan yang berlarut-larut nantinya. Sebelum masuk ruang ujian, semangatilah dirimu sendiri, dengan kata-kata seperti “Aku sudah berusaha, aku pasti bisa mengerjakan soalnya.”

Kata-kata semangat semacam itu bisa membantumu untuk lebih tenang dan percaya diri dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Perlu kamu ingat, mindset ikhlas dan nothing to lose ini akan muncul dengan sendirinya kok, asalkan kamu sudah merasa maksimal dalam segala persiapan UTBK 2021 yang telah kamu lakukan.

Gimana, Pahamifren? Sudah siap menerapkan tips-tips di atas dan kebut persiapan UTBK 2021? Biar persiapan UTBK dalam waktu 2 minggu berjalan optimal, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Pahamify. Ada kumpulan soal try out UTBK berkonsep HOTS yang bisa kamu coba, lengkap beserta video pembahasan yang menarik. Kunjungi Pahamify TryOut untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Pahami dan  Bingung Menyusun Jadwal Belajar UTBK 2021? Gunakan Walkthrough of #TaklukkanUTBK

Nggak cuma itu, kamu juga bisa berlangganan Paket SKS UTBK Booster dari Pahamify, biar makin siap kebut persiapan UTBK dalam waktu 2 minggu. Lihat detail Paket SKS UTBK Booster di link promo ini, ya.

Ayo, jadi lebih siap taklukkan UTBK dan raih PTN impian bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang dan gunakan fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version